Model Pembelajaran Open Ended Problem Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • I Gede Mudraka SD Negeri 5 Panji, Sukasada, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.54639

Keywords:

Model Pembelajaran, Open Ended Problem, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Kecenderungan pembelajaran saat ini masih berpusat pada guru dengan berceramah dan pemberian tugas. Siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Open Ended Problem pada siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 21 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran Open Ended Problem pada siswa kelas VI sekolah dasar dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 1395, rata-rata 66, daya serap 66%, ketuntasan belajar 62%) dan siklus II (jumlah 1555, rata-rata 74, daya serap 74%, ketuntasan belajar 90%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 28%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Open Ended Problem dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI sekolah dasar.

References

Adzobu, N, Y. (2014). Design, Use and Evaluation of E-Learning Platforms: Experiences and Perspectives of a Practitioner from the Developing World Studying in the Developed World. Informatics, 1, 147–159. https://doi.org/10.3390/informatics1020147. DOI: https://doi.org/10.3390/informatics1020147

Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Open- Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.308

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.41

Barka, L. T., Suprapto, P. K., & Metylani, V. (2020). The Relationship Level of Critical Thinking Ability and Student Learning Outcomes in Invertebrata Materials. Bioeducational Journal, 4(2), 58–65. https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.256.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694. DOI: https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694

Elshami, W., Taha, M. H., Abuzaid, M., Saravanan, C., Al Kawas, S., & Abdalla, M. E. (2021). Satisfaction with online learning in the new normal: perspective of students and faculty at medical and health sciences colleges. Medical Education Online, 26(1). https://doi.org/10.1080/10872981.2021.1920090. DOI: https://doi.org/10.1080/10872981.2021.1920090

Fauziyah, L. (2017). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 59–67. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/17240.

Gelen Assoc, I. (2018). Academicians’ Predictions Of 21 St Century Education And Education In The 21 St Century. European Journal of Education Studies, 4, 165–204. https://doi.org/10.5281/zenodo.1233478.

Hanifah, N. M., & Budiman, M. A. (2019). Pengaruh Model Open Ended Problem Berbantu Media Kotak Telur Pelangi (Kotela) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(3), 134–139. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21734

Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://www.jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/236. DOI: https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Hoang, L. P., & Arch-Int, N. (2013). Assessment of open-ended questions using a multidimensional approach for the interaction and collaboration of learners in e-learning environments. Journal of Universal Computer Science, 19(7), 932–949.

Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(7), 613–628. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/351.

Marshall, J. C., Smart, J. B., & Alston, D. M. (2017). Inquiry-based instruction: a possible solution to improving student learning of both science concepts and scientific practices. International Journal of Science and Mathematics Education, 15, 777–796. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9718-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s10763-016-9718-x

Nada, I., Utaminingsih, S., & Ardianti, S. D. (2018). Penerapan Model Open Ended Problems Berbantuan Cd Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Iv Sd 1 Golantepus. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 216. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3856

Ningsih, P. R., Hidayat, A., Kusairi, S., & Dasar, P. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1587–1593. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11799. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226

Niswah, E. J. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika dan Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas IV di SD Klakahkasihan 02. Jurnal Sosial Teknologi, 1(6), 508–521. https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i6.119. DOI: https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i6.119

Nurfitriyanti, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 153–162. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2229

Nurhayati, R., Waluya, S. B., & Asih, T. S. N. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Blended Learning Strategi Flipped Classroom dengan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Seminar Nasionar Pascasarjana UNNES, 4. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/291/274.

Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dan Pemberian Soal Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Pendidikan Matematika, 12(1), 1–14. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4551/pdf. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5426

Santika, M. (2019). Efektivitas Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Open Ended. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819

Sarwanto, Fajari, L. E. W., & Chumdari. (2020). Open-Ended Questions to Assess Critical-Thinking Skills in Indonesian Elementary School. International Journal of Instruction, 14(1), 615–630. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14137A. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14137a

Sholikhah, Z., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Open-Ended terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kreativitas siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(1), 35–46. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908. DOI: https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.908

Siringo-ringo, S., Boiliu, E. R., & Manullang, J. (2021). Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Tingkat SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2020–2035. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1599

Solikah, M., & Novita, D. (2022). The effectiveness of the guided inquiries learning model on the critical thinking ability of students. Jurnal Pijar Mipa, 17(2), 184–191. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3276. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3276

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan penulisan karya ilmiah. Panitia Sertifikasi Guru Rayon, 13, 10–11.

Taggart, M. C., & Kemmis, R. (1998). The action research planner. Deaklin University.

Van, N. T., A., A. F., A., H., Fareed, A., & Daniel, D. (2021). “Digital Readiness for Social Educators in Health Care and Online Learning During the COVID-19 Pandemic: A Bibliometric Analysis.” International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(18), 104–15,. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i18.25529. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v15i18.25529

Weller, S. C., Vickers, B., Russell Bernard, H., Blackburn, A. M., Borgatti, S., Gravlee, C. C., & Johnson, J. C. (2018). Open-ended interview questions and saturation. PLoS ONE, 13(6), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0198606. DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0198606

Zhampeissova, K., Alena, G., Ekaterina, V., & Zhanna, E. (2020). “Academic Performance and Cognitive Load in Mobile Learning.” International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(21), 78–91,. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i21.18439. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v14i21.18439

Downloads

Published

2023-12-04

How to Cite

Mudraka, I. G. . (2023). Model Pembelajaran Open Ended Problem Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 7(4), 489–494. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.54639