Peningkatan Keterampilan Abad XXI pada Mata Pelajaran IPS melalui Pembelajaran Berdiferensiasi

Authors

  • Dede Novita Jumiarti Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Kurniawati Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.55428

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Keterampilan Abad XXI, IPS

Abstract

Keterampilan Abad XXI pada mata pelajaran IPS yang dicapai siswa masih rendah, masih ada siswa yang memiliki keterampilan abad XXI dengan kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan menganalisis keterampilan abad XXI pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8.7 yang berjumlah 40 siswa. Data keterampilan abad XXI diperoleh dengan kuesioner kepada siswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan Teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Pembelajaran yang berlangsung di kelas 8 kurang meningkatkan keterampilan abad XXI pada siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan masih bersifat teacher center dan belum memberikan ruang kepada siswa dalam menyesuaikan gaya belajar dan proses pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase peningkatan keterampilan abad XXI pra siklus adalah 59 persen dengan kategori rendah. Siklus I persentase menjadi 68 persen dengan kategori sedang. Siklus II dengan persentase 83 persen dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan keterampilan abad XXI. Dampak dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi yaitu siswa mampu berkomunikasi, berfikir kritis, berfikir kreatif, dan berkolaborasi dalam.

References

Abaniel, A. (2021). Enhanced Conceptual Understanding, 21st Century Skills And Learning Attitudes Through An Open Inquiry Learning Model In Physics. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 30–43. https://doi.org/10.3926/jotse.1004.

Adhaningrum, S. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.474.

Ainiyah Melani Firdaus, & Masub Bakhtiar, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengatasi Keberagaman Tingkat Ketanggapan Siswa-Siswi Di UPT SDN 25 Gresik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135–2147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.529.

Alfianti, A., Taufik, M., Hakim, Z. R., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Jurnal of Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791.

Andini, D. W. (2022). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340–349. https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725.

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.

Cahyo, R. N., Wasitohadi, W., & Rahayu, T. S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 28–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.70.

Chalkiadaki, A. (2018). A systematic literature review of 21st century skills and competencies in primary education. International Journal of Instruction, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.12973/iji.2018.1131a.

Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302–315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326.

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 85–91. https://doi.org/doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2353.

Handayani, F., Yulianti, N., & Erita, Y. (2022). Desain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Teknologi Informasi di Tingkat Sekolah Dasar serta Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 6(1), 767 – 781. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2034.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817 – 5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

HS, E. F. H., Khaedar, M., & Asriati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Celebes Education Review, 1(1), 59–69. https://doi.org/10.37541/cer.v1i2.550.

Husada, A., Asri Untari, M. F., & Nashir Tsalatsa, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa. Journal of Education Action Research, 3(2), 124. https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17268.

Iryanto, N. D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(5), 3829–3840.

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482.

Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264 – 6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827.

Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2020). Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdifeerensiasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

M.Chothibuddin, A. Z. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Pertama). DEEPUBLISH.

Marhayani, D. A. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Ips. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.261.

Mariati, P., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ).

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164.

Martias, L. D. (2021). Statistika Deskriptif Sebagai Kumpulan Informasi. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59.

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 145. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.

Nurwidayanti, D., & Mukminan. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–104. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743.

Orak, S. D., & Al-Khresheh, M. H. (2021). In between 21st century skills and constructivism in elt: Designing a model derived from a narrative literature review. World Journal of English Language, 11(2), 166–176. https://doi.org/10.5430/wjel.v11n2p166.

Putra, I. M. Y. T. (2021). Implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 461–471. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681318.

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan Antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406.

Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838.

Ratna, P., & Kusnul, M. (2018). Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan Patokan, Kriteria Ketuntasan Minimal Di Madrasah Ibtidaiah an-Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur. Jurnal Tarbiyah AL-AWLAD, 8(2), 202–217.

Sahimin. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(2). https://doi.org/10.47006/er.v1i2.894.

Sari1, P. I., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 544–554. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37697.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Implementasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133.

Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797.

Siagian, B. A., Situmorang, S. N., Siburian, R., Sihombing, A., Harefa, R. Y. R., Ramadhani, S., & Sitorus, A. (2022). Sosialisasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Merdeka Belajar di SMP Gajah Mada Medan. Indonesia Berdaya, 3(2), 339–344. https://doi.org/10.47679/ib.2022227.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.

Yudha, F., Dafik, D., & Yuliati, N. (2018). The Analysis of Creative and Innovative Thinking Skills of the 21st Century Students in Solving the Problems of “Locating Dominating Set” in Research Based Learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(3), 163–176. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Jumiarti, D. N., & Kurniawati. (2023). Peningkatan Keterampilan Abad XXI pada Mata Pelajaran IPS melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Education Action Research, 7(2), 160–168. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.55428

Issue

Section

Artikel