Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI

Authors

  • I Wayan Suindhia SMA Negeri 1 Petang, Badung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.57098

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Fisika

Abstract

Pemanfaatan laboratorium sendiri belum cukup baik karena ruang laboratorium dipakai sebagai ruang belajar. Hal ini menyebabkan kurangnya guru melakukan kegiatan pembelajaran dilaboratorium pada materi yang messti dapat dieksperimenkan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran fisika kelas XI dengan model pembelajaran inkuiri mata pelajaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang dilakukan dengan empat kegiatan pokok: perencanaan PTK, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian siswa kelas XIyang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan tes. Teknis analasis data adalah analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan skor hasil belajar fisika yaitu pada pra siklus nilai rata-rata siswa 53,24. Pada Siklus II hasil belajar siswa sudah mencapai kriteria minimal ketuntasan 70% yaitu sebesar 90,63% dengan nilai-rata-rata kelas pada angka 80,29 dan telah melebihi target KKM 70, sehingga model pembelajaran inkuiri ini layak untuk diterapkan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap hasil belajar serta prestasi belajar siswa.

References

Aldilha Yudha, S. F., Yulkifli, & Yohandri. (2019). Validity of student worksheet based on guided inquiry learning model assisted by digital practicum tool. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012058.

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186.

Budiasa, P., & Gading, I. K. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Gambar Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(2), 253–263. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26526.

Carlucy, Suadnyana, & Negara. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu Undiksha, 23(2), 162–169. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16416.

Damaianti, O., Mawardi, M., & Oktavia, B. (2019). Development of guided inquiry-based worksheets on colloidal material for chemistry learning grade XI in senior high school. International Jurnal of Progressive Sciences and Technologies (IJIPSAT), 14(1), 13–19.

Dewi, A. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 154–161. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15371.

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning danInquiryLearning Ditinjau dari Keterampilan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914.

Fadli, A., & Irwanto. (2020). The effect of local wisdom-based ELSII learning model on the problem solving and communication skills of pre-service islamic teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731–746. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13147a.

Fairuzabadi, A., & Prihandono, T. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual dalam pembelajaran IPA pada materi suhu dan pengukurannya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 100–106. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/4666.

Fidan, M., & Tuncel, M. (2019). Integrating augmented reality into problem based learning: The effects on learning achievement and attitude in physics education. Computers & Education, 142, 103635. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103635.

Hamzah, B. U. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Bumi Aksara.

Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy, 8(2), 181–189. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3481.

Husin, V. E. R., & Billik, A. H. (2019). Identifikasi Konsep Fisika Pada Kearifan Lokal Anyaman Di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(2), 153–158. https://doi.org/10.35508/fisa.v4i2.1828.

Lestari, A., & Premono, S. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Chemo-Entrepreneurship Materi Sifat Koligatif Larutan. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i1.20.

López-Jiménez, P. A., Gil-Duque, G. M., & Garces-GÃ3mez, Y. A. (2021). Real problem solving as a teaching strategy for physics education: Case study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 15–23. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.25669.

Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. I. N., & Suastra, I. W. (2021). Reducing Misconceptions of Elementary School Students Through Guided Inquiry Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(4), 729–736. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i4.40388.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019a). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664.

Muliani, N. K. D., & Wibawa, I. M. C. (2019b). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664.

Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton Ii Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di Sma Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214.

Nuayi, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556.

Nurmayani, L., & Doyan, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.113.

Nurussaniah, N., Anita, A., Boisandi, B., Saputri, D. F., Sukadi, E., Sari, I. N., Matsun, M., Nurhayati, N., Angraeni, L., Hakim, L., & Wahyudi, W. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICT bagi Guru di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4). https://doi.org/10.30653/002.202054.755.

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49–60. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724.

Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356.

Sari, I. S., Lestari, S. R., & Sari, M. S. (2020). Development of A Guided Inquiry-Based E-module on Respiratory System Content Based on Research Results of the Potential Single Garlic Extract (Allium sativum) to Improve Student Creative Thinking Skills and Cognitive Learning Outcome. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 228–240. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17065.

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21.

Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195–205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614.

Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.

Sulistiyono, S. (2020). Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika siswa ma riyadhus solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61–73. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.27826.

Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713.

Sutarno, S., Putri, D. H., Risdianto, E., Satriawan, M., & Malik, A. (2021). The students’ physics problem solving skills in basic physics course. In Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 012078. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012078.

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). engaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959.

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311.

Windrayanti, N. M. F., & Astawan, I. G. (2022). Video Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Panas di Sekitar Kita. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 118–126. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46540.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Suindhia, I. W. . (2023). Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI. Journal of Education Action Research, 7(2), 258–264. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.57098

Issue

Section

Artikel