Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A1 Melalui Pembelajaran Bermain Pasir dan Teknik Mozaik

Authors

  • Jamiatun Universitas Panca Sakti, Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.57661

Keywords:

Kraativitas, bermain pasir, teknik mozaik

Abstract

Kreativitas anak masih belum bisa dikatakan optimal, hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan pada anak kelompok A1 menunjukkan bahwa dari 18 anak, hanya 3 orang anak (16,67%) yang mampu meningkatkan kreativitasnya. Tujuan untuk mengkaji adanya peningkatan kretaivitas anak  meningkatkan kreativitas anak kelompok A1 melalui pembelajaran bermain pasir dan teknik  mozaik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat alur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas A1 yang berjumlah 18 anak, cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I hasilnya adalah 61,11%. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria tingkat pencapaian kreativitas anak belum berhasil. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus II dan memperoleh hasil 83,33 %. Hal ini membuktikan bahwa kriteria tingkat pencapaian kreativitas anak sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak dengan menggunakan metode pembelajaran bermain pasir dan teknik mozaik di Kelompok A1. Sehingga, direkomendasikan bahwa pembeljaarn ini bisa digunakan sebagai metode pembelajarn inovatif untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini.

References

Adawiyah, H., Saputra, A. A., Dewi, N. S., & Suranata, K. (2019). Pelatihan Membuat Karya Seni Mozaik untuk Meningkatkan Sikap Sosial Siswa Tunagrahita Kelas V SLB Negeri 2 Buleleng. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 15. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13014.

Cahyaningrum, A., Istiyati, S., & Palupi, W. (2020). Kegiatan Mozaik Dengan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 32. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.34112.

Chyntia Ruth Takahopekang, Danjie, F. E. K., & Nafiqoh, H. (2020). Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Pasir Ajaib. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 181–189.

Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591.

Ghufron, A. (2018). Pengembangan Kreativitas Anak Taman Kanak-kanak. Tarbawi, 15(1).

Gong, X., Zhang, X., & Tsang, M. C. (2020). Creativity development in preschoolers: The effects of children’s museum visits and other education environment factors. Studies in Educational Evaluation, 67(152), 100932. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100932.

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118.

Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2017). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 73. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p73-81.

Hidayat, H., Delviana, D., Fauziah, D. F., & Yuniar, M. (2021). Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Bentuk Geometri di Era Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.85.

Istiqomah, L., & Khotimah, N. (2017). Pengaruh Kegiatan Mozaik Terhadap Kemampuan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. PAUD Teratai, 6(3), 1–5.

Maharani, A. (2020). Meningkatkan Pemahaman Bahasa Indonesia Lisan, Kreativitas, dan Keterampilan Sosial Anak Melalui Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p1-7.

Mayora, E., Junaidi, J., & Rusdi, R. (2018). Hubungan Antara Kreativitas Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 X Koto Di Atas Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2017/2018. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 254. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.7274.

Murdianti, D., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Pengaruh Metode Bermain Pura-Pura (Pretend Play) Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Empati, 8(1), 221–227. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23597.

Nadila, A. Y., Kristiana, D., & Setyowahyudi, R. (2022). Kegiatan Mozaik Untuk Menstimulus Kemampuan Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Alam Berbasis 3R. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 56–63. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.56-63.

Nurrahmawati, E., Ariska, K., & Mulya, N. (2022). Bermain Pasir Kinestik (Kinetic Sand) Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JURNAL PELITA PAUD, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2066.

Piotrowski, J. T., & Meester, L. (2018). Can apps support creativity in middle childhood? Computers in Human Behavior, 85, 23–33. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.03.030.

Purwanti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Untuk Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis Dengan Media Pasir dan Tepung di Kelompok Bermain Ceria Pandaan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1673. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1673-1680.2022.

Purwulan, H., & Noviana, I. W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Mozaik Terhadap Kemampuan. Eduscotech, 3(2), 49–54.

Renawati, R., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar dari Kulit Kerang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92.

Rezieka, D. G., Wibowo, D. V., & Insiyah, M. (2021). Rejuvenasi Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Rejuvenation of Early Childhood Creativity Development Strategies. Al-Athfaal Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 31–46. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i1.8186.

Rici, R., & Zulminiati. (2019). Efektivitas Mozaik Bahan Alam (Sisik Ikan) Terhadap Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajara Anak Usia Dini, 6(2), 109–113. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.6152.

Rohmatun, S., Setiyani, E., Rohfirsta, F., Fitamaya, D., Nisa, R., & Nofan Zulfahmi, M. (2021). Penerapan Loose Parts terhadap Kreativitas Anak Usia Dini selama Belajar dari Rumah. Journal of Education and Teaching (JET), 2(2), 129–136. https://doi.org/10.51454/jet.v2i2.114.

Rukiyah, R., Suningsih, T., & Syafdaningsih, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3714–3726. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385.

Salpina. (2019). Implementasi Permainan Super Smart Kids untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i01.366.

Sanjaya, H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sanz-Hernández, A., & Covaleda, I. (2021). Sustainability and creativity through mail art: A case study with young artists in universities. Journal of Cleaner Production, 318. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.128525.

Sari, H. M., & Nofriyanti, Y. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.247.

suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Tanaya, I. G. N. K. R., Ujianti, P. R., & Handayani, D. A. P. (2022). Media Lego Berbasis Mozaik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 320–326. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49412.

Twigg, E., & Yates, E. (2019). Student reflections on the place of creativity in early years practice: Reflections on second year work placement experience. Thinking Skills and Creativity, 31(February), 335–345. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.02.001.

Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86.

Wahyuni, S., Rahelly, Y., & Syafdaningsih. (2017). Pengaruh Bermain Media Pasir Terhadap Kreativitas Pada Anak Di Kelompok B Tk Negeri Pembina 2. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 66–74. https://doi.org//10.36706/jtk.v4i2.8176.

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347.

Waty, N. L., Sumarmi, S., & Susilo, S. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi melalui Model Blended Learning di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 9–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10353.

Yates, E., & Twigg, E. (2017). Developing creativity in early childhood studies students. Thinking Skills and Creativity, 23, 42–57. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.11.001.

Zulkarnaen, R. (2015). Pengaruh Model Eliciting Activities Terhadap Kreativitas Matematis Pada Siswa Kelas Viii Pada Satu Sekolah Di Kab. Karawang. Infinity Journal, 4(1), 32. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.69.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Jamiatun. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok A1 Melalui Pembelajaran Bermain Pasir dan Teknik Mozaik. Journal of Education Action Research, 7(2), 185–191. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.57661

Issue

Section

Artikel