Bimbingan Individual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Asesmen Autentik Guru SD

Authors

  • Luh Gantiasih SD Negeri 3 Kampung Anyar, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.58220

Keywords:

Bimbingan Individual, Aseemen Autentik, Kemampuan Guru

Abstract

Guru belum mampu menerapkan   penilaian   autentik   sesuai   dengan kurikulum 2013. Beberapa guru yang melakukan catatan penilaian dari semester kemarin yang belum terisi semua tetapi anak sudah menerima rapor. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk untuk menganalisis kemampuan menyusun penilaian autentik pada guru SD melalui penerapan bimbingan individual. Subjek penelitian adalah guru SD yang berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1 orang guru laki-laki dan 7 orang guru perempuan. Data kemampuan guru menyusun penilaian autentik diperoleh melalui penilaian dokumen penilaian yang telah disusun dengan menggunakan instrumen observasi. Teknik analisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif disajikan dalam bentuk rata-rata nilai kemampuan guru menyusun penilaian autentik. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, Hal ini terlihat dari peningkatan kemampuan guru dalam menyusun penilaian autentik yaitu sebelum dilaksanakan bimbingan individual nilai rata-rata kemampuan guru sebesar 65,36 meningkat pada siklus I menjadi 71.07 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,59. Simpulan penelitian bahwa penerapan bimbingan individual dapat meningkatkan kemampuan guru SD dalam menyusun penilaian autentik. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun penilaian autentik.

References

Ambiyar, Efendi, R., Waskito, Yondri, S., & Irawati, Y. (2019). Pengembangan E-Authentic Asessment Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Pembelajaran Jaringan Komputer. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(3), 470 – 478. https://doi.org/10.29207/resti.v3i3.1390.

Astuti, N. K. G., Dibia, I. K., & Sudarma, I. K. (2021). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Tema Kepemimpinan. Mimbar Ilmu, 26(2). https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36221.

Christianti, M. R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14707.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.

Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-based chemistry learning media in the disruptive era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107.

Diani, A. A., & Sukartono, S. (2022). Peran Guru dalam Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4351–4359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2831.

Ekawati, E. Y., & Iriani, A. (2021). Evaluasi Discrepancy Program Parenting Class dalam Rangka Meningkatkan Hubungan Masyarakat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 117–126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.525 .

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171–184. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.564.

Erik Setiyono. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham. Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1689–1699. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/329/335.

Erwin Akib, Muhammad Erwinto Imran, Saiyidah Mahtari, Muhammad Rifqi Mahmud, Anggy Giri Prawiyogy, Irfan Supriatna, & MT. Hartono Ikhsan. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24.

Hadi, S. (2018). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sdlb Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.877.

Hamzah, R. A. (2021). Pengaruh Teknik Pembimbingan Guru Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 2 Malino. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 46–55. https://doi.org/10.46368/jpd.v9i1.330.

Handayani, I., Muhsinatin, A., & Asri, A. N. (2021). Peran Guru dan Orangtua Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014.

Horstmann, S. W., Lynch, K. M., & Arendt, E. K. (2017). Starch characteristics linked to gluten-free products. Foods, 6(4), 1–21. https://doi.org/10.3390/foods6040029.

Hortensi, G. (2020). Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik konseling individual untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 5 Mataram. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 159–169. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003791.

Kartowagiran, B., & Jaedun, A. (2016). Model Asesmen Autentik Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp): Implementasi Asesmen Autentik Di Smp. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 131. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.10063.

Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411.

Leba, M. A. U., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2021). Bimbingan Belajar Kimia Bagi Siswa SMA Yang Berdomisili Di Penfui-Binilaka Kupang. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 124. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.572.

Liswati, T. W., Yuniarti, Y. sri, & Sakinah, N. G. A. P. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Numerasi. In Kemendikbudristek (pp. 1–59).

Marfuah, A., & Febriza, F. (2019). Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 35 – 58. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.301.

Meldina, T., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Institut Agama Islam Negeri Curup Sekolah Dasar Negeri 10 Pasaman. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 16–26. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611.

Muslihati. (2019). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 101 – 108. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p101.

Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggungjawab dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825.

Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773.

Partami, K. (2022). Bimbingan Individual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Penilaian Autentik. Journal of Education Action Research, 6(2), 252–258. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.46610.

Rahmawati, D. E., & Trimulyono, G. (2021). Validitas Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Materi Keanekaragaman Hayati. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 141. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p138-147.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548.

Santoso, E., & Sunendar, A. (2019). Performance Assesment dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 3(1), 21 – 31. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.689.

Satriana, M., Buhari, M. R., Makmun, M., Maghfirah, F., Haryani, W., Wahyuningsih, T., Wardana, H., Sagita, A. D. N., Oktamarina, L., & Bakar, A. A. (2021). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Online: Fenomena Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 362–373. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1353.

Sopiah, Y. (2019). Strategi Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Program Pembelajaran Harian Melalui Bimbingan Berkelanjutan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 44 – 50. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.35.

Subakti, H., & Handayani, E. S. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247–255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.648.

Sumaryatun, S., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. N. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Berbasis Literasi Sains Pada Materi Bioteknologi. Journal of Primary Education, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.15294/JPE.V5I1.12894.

Teo, T., Unwin, S., Scherer, R., & Gardiner, V. (2021). Initial teacher training for twenty-first century skills in the Fourth Industrial Revolution (IR 4.0): A scoping review. Computers & Education, 170, 104223. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104223.

Villarroel, V., Bloxham, S., Bruna, D., Bruna, C., & Herrera-Seda, C. (2018). Authentic assessment: creating a blueprint for course design. Assessment & Evaluation in Higher Education, 43(5), 840–854. https://doi.org/10.1080/02602938.2017.1412396.

Villarroel, V., Boud, D., Bloxham, S., Bruna, D., & Bruna, C. (2020). Using principles of authentic assessment to redesign written examinations and tests. Innovations in Education and Teaching International, 57(1), 38–49. https://doi.org/10.1080/14703297.2018.1564882.

Wendi, D. (2020). The 2013 Curriculum Implementation Review The Pedagogical Competence And Mastery Of Information And Communication Technology Teachers At SD Negeri. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 128–134. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v20i2.881.

Wiewiora, A., & Kowalkiewicz, A. (2019). The role of authentic assessment in developing authentic leadership identity and competencies. Assessment & Evaluation in Higher Education, 44(3), 415–430. https://doi.org/10.1080/02602938.2018.1516730.

Wulandari, A. I., & Radia, E. H. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Gantiasih, L. . (2023). Bimbingan Individual untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Asesmen Autentik Guru SD. Journal of Education Action Research, 7(2), 272–279. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.58220

Issue

Section

Artikel