Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun RPP Melalui Penerapan Supervisi Akademik

Authors

  • Nyoman Karuna SD Negeri 4 Kalibukbuk, Buleleng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.59482

Keywords:

Kompetensi Pedagogik Guru, RPP, Supervisi Akademik

Abstract

Masih banyak guru yang ditemui tidak mampu menyusun sesuai dengan kaidah penyusunan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rpp melalui penerapan supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan guru kelas yang berjumlah 6 orang guru terdiri dari 2 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Desain penelitian yang digunakan sesuai dengan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam siklus, setiap satu siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data kompetensi pedagogik guru dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi pedagogic guru dalam menyusun RPP dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan kompetensi pedagogic guru antara siklus I (jumlah 471.88, rata-rata 78.65, kriteria baik) dan siklus II (jumlah 518.75, rata-rata 86.46, kriteria sangat baik). Terjadi peningkatan kompetensi pedagogic guru antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata sebesar 7.81. Kesimpulan kompetensi pedagogi guru di SD dalam menyusun RPP setelah diterapkannya supervisi akademik dapat meningkat. Implikasi penelitian ini diharapkan melalui supervisi akademik guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik.

References

Ajasan, N. U. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Smk Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3), 73448.

Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655–669. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.433.

Arief, M. (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Yang Berkelanjutan Di Sd Negeri 0102 Barumun. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.594.

Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 271. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.18331.

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., & Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 222–232. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36725.

Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101–115. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147.

Hermanda, N. D., & Hariyati, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Keefektifan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume, 9(X), 739–748. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/39881

Ismini, K. (2017). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik yang Berkelanjutan Di SDN 4 Sumberrejo Kab. Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 177 – 194. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.940.

Jimat, I. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Teknik Bimbingan Berkelanjutan. Journal of Education Action Research, 6(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45857.

Krismawati, N. K. A., & Manuaba, I. S. (2022). Kontribusi Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 3(2), 92–104. https://doi.org/10.23887/iji.v3i2.44517.

Kusumawati, G. A. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 226–231. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.24984.

Mandasari, S., Arnawa, I. M., & Atmazaki. (2018). Validity of RPP and LKPD based on M-APOS model in clas X Senior High School. International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology, 664–673. https://doi.org/10.29210/2018198.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653.

Najmiah, S. (2021). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik yang berkelanjutan di MA Darul Inabah. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 482–490. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681443.

Puluhulawa, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Produktif Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Popayato. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 31 – 38. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.31-38.2019.

Sanjaya, H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media.

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 13–21. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.216.

Sudarmini, N. W. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dan Supervisi Akademik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 249–256. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19262.

Susilawati, E. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Pengawas Pada Sekolah Binaan SD di Kabupaten Pacitan Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i1.36.

Winarno, W. W., Rusnaini, R., Muchtarom, M., Yuliandri, E., Rasyid, M. Al, & Suryaningsih, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru PPKn dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 97–112. https://doi.org/10.24036/8851412422020510.

Windasari, W., & Yahya, M. Z. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru SMK Swasta Se-Kecamatan Bangil. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 188–192. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p188-192.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Karuna, N. . (2023). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun RPP Melalui Penerapan Supervisi Akademik. Journal of Education Action Research, 7(2), 201–206. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.59482

Issue

Section

Artikel