Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD

Authors

  • Putu Suparmi SD Negeri 4 Penarukan, Buleleng, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.59483

Keywords:

Keterampilan Mengajar Guru, Supervisi Klinis

Abstract

Rendahnya kompetensi guru dikarenakan jarang mengikuti pelatihan-pelatihan yang mendukung peningkatan kompetensi guru sehingga meningkatkan ketidaksiapan guru dalam memberikan layanan pengajaran kepada siswa. Guru hanya sebagai penyampai materi yang berupa fakta-fakta kering yang tidak bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi klinis untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang melibatkan guru kelas yang berjumlah 6 orang guru. Penelitian ini memnggunakan desain Classroom Action Researh (CAR). Model yang digunakan adalah model Kemmis & Taggart sebuah model penelitian yang menggunakan 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi atau pantulan Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skor keterampilan mengajar guru dinyatakan meningkat, hal dibuktikan terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru antara siklus I (jumlah 117, rata-rata 19.50, kriteria baik) dan siklus II (jumlah 171, rata-rata 28.50, kriteria sangat baik). Terjadi peningkatan skor keterampilan mengajar guru antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata sebesar 9. Kesimpulan penelitian menunnjukkan keterampilan mengajar guru di SD setelah diterapkannya supervisi klinis dapat meningkat. Implikasi penelitian ini diharapkan guru hendaknya selalu berupaya untuk meningkatkan komitmen kerja yang dimilikinya, sehingga apa yang dikerjakannya dapat optimal.

References

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331.

Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918–1925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1119.

Ansori, A., Supriyanto, A., & Burhanuddin, B. (2016). Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2321–2326. https://doi.org/10.17977/jp.v1i12.8285.

Aprida, Y., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 160–164. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Angkasa.

Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775

Hs, S. (2019). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 230–237. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21164.

Jimat, I. M. (2022a). Kegiatan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 6(4), 466–474. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874.

Jimat, I. M. (2022b). Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menerapkan Pendekatan Scientifik Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Teknik Bimbingan Berkelanjutan. Journal of Education Action Research, 6(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45857.

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12.

Kusumawati, G. A. (2020). Penerapan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Komitmen Kerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 117–122. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.24985.

Mahfud. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolaj, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Se-Kota Bima. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisal, 2(1), 2–17. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.

Masmin, D. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sesuai. Journal of Education Action Research, 4(3), 280–285. https://doi.org/10.23887/jear.v4i3.27186.

Melinda, I., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 81–86. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14408.

Pahlawanti, W. D., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). The Influence of School Principal Supervision and School Committee Participation on the Quality of Junior High School Education. International Journals of Sciences and High Technologies, 23(1), 324–333.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970.

Raksa, M. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru SD Melalui Implementasi Supervisi Klinis. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 143–149. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24599.

Resti, Y., Zulkarnain, Z., & Kresnawati, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu II Palembang. Seminar Nasional AVoER 2020, November 2020, 670–673.

Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi Kompetensi Pedagogik , Kompetensi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(18), 198–204. https://doi.org/10.15294/JPES.V6I2.17397.

Sanders, M. G., Lukmansyah, D., Danniarti, R., & Moh. Rois, Fartika Ifriqia, D. S. (2017). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 1, No. 1, Juli-Desember 2017. American Journal of Education, 1(2), 233–255. The Value of Pancasila, National Insight, PPKn Subject

Segantara, I. G. M., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2018). Studi Korelasi antara Motivasi Kerja, Kompetensi Profesional Guru, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12927.

Septrisia, R., Monia, F. A. M. A., & Hanafi, I. (2020). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah di SD IT Haji Ddjalaluddin. MATAAZIR: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 106–116. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/mata/article/view/232.

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908.

Supriadi, O. (2020). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841–856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727.

Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653.

Utami, N. P. S. M., & Putra, M. (2020). Kontribusi Disiplin Kerja dan Resiliensi Terhadap Kinerja Guru. Indonesian Journal of Instruction, 1(3), 121–132. https://doi.org/10.23887/iji.v1i3.32776.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Suparmi, P. . (2023). Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru SD. Journal of Education Action Research, 7(2), 207–214. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.59483

Issue

Section

Artikel