Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 1 SMA

Authors

  • Ni Gusti Nyoman Astini SMAN 1 Tegallalang, Gianyar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.60216

Keywords:

Model Group Investigation, Prestasi Siswa, Biologi

Abstract

Tingkat pemahaman siswa terhadap konsep-konsep sains masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa dalam aspek kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini melibatkan 37 siswa kelas X IPA. Metode pengumpulan data dengan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan siklus 1 dan 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif sebelum diberi tindakan dan setelah diberi tindakan sebesar 64, 87%, terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek psikomotor dan afektif dari siklus I ke siklus II berturut-turut 13,22% dan 5,56%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Biologi. Implikasi penelitian ini diharapkan adanya model GI akan dapat mengembangkan kemampuan berkerjasamanya dan matematisnya karena model ini mengaktifkan siswa dalam memecahkan masalah dengan investigasi atau percobaan sederhana.

References

Abbas, E. W., Rusmaniah, R., Mutiani, M., Putra, M. A. H., & Jumriani, J. (2022). Integration of River Tourism Content in Social Studies Teaching Materials as an Efforts to Strengthen Student Understanding. The Innovation of Social Studies Journal, 4(1), 11. https://doi.org/10.20527/iis.v4i1.6312.

Astuti, B. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD melalui Model Group Investigation. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 264. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.7843.

Asyari, M., Al Muhdhar, M. H. I., Susilo, H., & Ibrohim, I. (2016). Improving critical thinking skills through the integration of problembased learning and group investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 36–44. https://doi.org/10.1108/IJLLS-10-2014-0042.

Buyukkarci, K. (2021). The Impact of Formative Assessment on Students ’ Assessment Preferences. The Reading Matrix: An International Online Journa, 21(1), 142–161.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233–242. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36079.

Dewi, P. P. Y., Manuaba, I. S., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 1(4), 264. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12957.

Eka Lengari, M. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kompetensi Pegetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032.

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 282–294. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26620.

Hanifah, A., Mudzanatun, M., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Media Puzzle Board Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 443. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29244.

Makaborang, Y. (2019). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p130-145.

Mariani, M. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Untuk Siswa SMAN 4 Tebo. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(2), 200–206. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.608.

Martiningsih, M., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 24. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.24-33.

Mulyadinata, I. P. L., Wiyasa, I. K. N., & Suniasih, N. W. (2020). Peran Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 102–111. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27182.

Nuro, F. R. M., Suwandayani, B. I., & Majid, I. N. (2020). Penerapan Literasi Sains di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(2), 179–187. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i2.15189.

Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773.

Putra, P. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19329.

Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753.

Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2077 – 2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221.

Stellmacher, A., Ohlemann, S., Pfetsch, J., & Ittel, A. (2020). Pre-service teacher career choice motivation: A comparison of vocational education and training teachers and comprehensive school teachers in Germany. International Journal for Research in Vocational Education and Training, 7(2), 214–236. https://doi.org/10.13152/IJRVET.7.2.5.

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 4, 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970.

Suarni, G. L., Rizka, M. A., & Zinnurain, Z. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 31–38. https://doi.org/10.33394/jp.v8i1.3226.

Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131.

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 195–202. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17908.

Suwarsa, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Aivision untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 274–282. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004199.

Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32653.

Tembang, Y., Harmawati, D., & Rahajaan, J. P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 230. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17643

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.

Downloads

Published

2023-05-10

How to Cite

Astini, N. G. N. . (2023). Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X IPA 1 SMA. Journal of Education Action Research, 7(2), 298–302. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.60216

Issue

Section

Artikel