Kontribusi Ibu Berperan Ganda Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Siswa

Authors

  • Ucha Sekar Rumalda Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • R. Z. Dalimunthe Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Indonesia
  • B. Y. Wibowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Indonesia

Keywords:

Siswa, Ibu Berperan Ganda, Karakter Disiplin

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu kedisiplinan siswa yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi ibu berperan ganda terhadap perkembangan karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Analisis untuk mengukur hubungan kontribusi menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu berjumlah 169 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu simple random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 120 sampel siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancaa, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu pada variabel ibu berperan ganda tergolong sedang dirasakan oleh 51,67% siswa dan tergolong tinggi dirasaka oleh sebanyak 44,17% siswa. Pada variabel karakter disiplin siswa menunjukan sebanyak 92,50% tergolong tinggi dan sebanyak 7,50% tergolong sedang. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kontribusi ibu berperan ganda dengan karakter disiplin siswa termasuk kategori sedang dan memiliki hubungan yang signifikan. Disimpulkan bahwa ibu berperan ganda mempengaruhi karakter disiplin siswa.

Published

2024-04-03

How to Cite

Rumalda, U. S., R. Z. Dalimunthe, & B. Y. Wibowo. (2024). Kontribusi Ibu Berperan Ganda Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Siswa. Journal of Education Action Research, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/69976

Issue

Section

Artikel