Kontribusi Ibu Berperan Ganda Terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.69976Keywords:
Siswa, Ibu Berperan Ganda, Karakter DisiplinAbstract
Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu kedisiplinan siswa yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi ibu berperan ganda terhadap perkembangan karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Analisis untuk mengukur hubungan kontribusi menggunakan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu berjumlah 169 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu simple random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 120 sampel siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancaa, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu pada variabel ibu berperan ganda tergolong sedang dirasakan oleh 51,67% siswa dan tergolong tinggi dirasaka oleh sebanyak 44,17% siswa. Pada variabel karakter disiplin siswa menunjukan sebanyak 92,50% tergolong tinggi dan sebanyak 7,50% tergolong sedang. Hasil uji korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kontribusi ibu berperan ganda dengan karakter disiplin siswa termasuk kategori sedang dan memiliki hubungan yang signifikan. Disimpulkan bahwa ibu berperan ganda mempengaruhi karakter disiplin siswa.
References
Adesita, D., Rofian, R., & Rahmawati, I. (2019). Persepsi Orang Tua Siswa Kelas IV Terhadap Pentingnya Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 61. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19435.
Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5e) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20792.
Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi, 1(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24.
Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504.
Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian dan Pengembangan, 2(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.
Apriyanti, H. (2019). Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Education. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 3(1). https://doi.org/10.31537/ej.v3i1.137.
Arif, F., & Wahyuni, S. (2017). Hubungan Kelekatan Pada Ibu, Ayah, Dan Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Anak Menjadi Pelaku Dan Korban Bullying. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(2). https://doi.org/10.24854/jpu22017-100.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Angkasa.
Arsa, I. G. A. S. A., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2017). Korelasi Antara Disiplin Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas Iv Sd Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education Technology, 1(3), 156. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499.
Ashipala, D. O., & Natanael, S. (2022). Experiences of nursing students who are mothers in balancing their dual roles in undergraduate nursing and midwifery education: A phenomenological study. International Journal of Africa Nursing Sciences, 17. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2022.100447.
Budiarti, R., Wilujeng, I., Jumadi, J., & Senam, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran IPA Berbasis Sets Terhadap Pengetahuan Lintas Disiplin Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/Cp.V35i3.10419.
Dewi, I. D. K. E., Suarni, N. K., & Magta, M. (2016). Penerapan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun Semester I Di Tk 17 Agustus Desa Bungkulan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8835.
Ernawanto, Y., Sutama, Minsih, & Prastiwi, Y. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), 3398–3404. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2629.
Filivani, P. N., & Agung, A. A. G. (2021). Developing E-Book Contained Character Values in PPKn Lesson Content Grade V Elementary School. Journal of Education Technology, 5(1). https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32047.
Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011.
Haddock, L., Cannon, K., & Grey, E. (2020). A Comparative Analysis of Traditional and Online Counselor Training Program Delivery and Instruction. The Professional Counselor, 10(1), 92–105. https://doi.org/10.15241/lh.10.1.92.
Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274. https://doi.org/10.30998/fjik.v3i3.939.
Hasibuan, L. (2017). Antara Emansipasi dan Peran Ganda Perempuan (Analisa Fakta Sosial Terhadap Kasus Ketimpangan Gender). Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 11(2). https://doi.org/10.24952/hik.v11i2.752.
Hayati, F., & Febriani, A. (2019). Menjawab Tantangan Pengasuhan Ibu Bekerja: Validasi Modul “Smart Parenting” untuk Meningkatkan Parental Self-Efficacy. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 1. https://doi.org/10.22146/gamajpp.48582.
Hermino, A. (2020). Contextual Character Education for Students in the Senior High School. European Journal of Educational Research, 9(3). https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1009.
Isnaini, F., & Taufik. (2016). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33–42.
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460.
Kadafi, A., Alfaiz, A., Ramli, M., Asri, D. N., & Finayanti, J. (2021). The impact of islamic counseling intervention towards students’ mindfulness and anxiety during the covid-19 pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 55–66. https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018.
Larasati. (2017). Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(6).
Llorent-Bedmar, V., Corchuelo-Fernández, C., & Torres-Zaragoza, L. (2023). Reconciling work-family balance among Moroccan immigrant women in Spain: Socioeducational aspects. Women’s Studies International Forum, 98. https://doi.org/10.1016/j.wsif.2023.102750.
Ma’ruf, H., & Mumtazah, D. (2021). Internalisasi Karakter Disiplin pada Ekstrakurikuler Drum Band di MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 21–37. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13349.
Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rezka Arina Rahma. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1). https://doi.org/10.17977/um041v14i1p54-67.
Marlinawati, H., Narimo, S., Fathoni, A., Minsih, M., & Fuadi, D. (2022). Penguatan Karakter Kedisiplinan Melalui Pembiasaan BUDTRI di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8506–8516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3647.
Maulana, S. A., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2020). Peningkatan Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Value Clarification Technique. Didaktika Dwija Indria, 8(5). https://doi.org/10.20961/ddi.v8i03.39839.
Muhtar, T., & Dallyono, R. (2020). Character Education From The Perspectives Of Elementary School Physical Education Teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(2). https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647.
Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152.
Nurdin, iti S. I., Katili, M. D. N. O., & Ahmad, M. Z. F. (2019). Faktor ibu, pola asuh anak, dan MPASI terhadap kejadian stunting di kabupaten Gorontalo. Jurnal Riset Kebidanan, 3(2). https://doi.org/10.32536/jrki.v3i2.57.
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358.
Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303.
Pitaloka, W. P., Asrori, M., & Gatot, Y. (2015). Pengembangan Media Film Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membentuk Karakter Pebelajar Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(11). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i11.12215.
Pramono, D., & Risnawati, A. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 64–69. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 201–214. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Radyuli, P., & Rahmat, V. (2017). Korelasi Disiplin Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Minat Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ). Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 4(2), 262–271. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21834.
Rahmat, N., Sepriadi, S., & Daliana, R. (2017). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui guru kelas di SD Negeri 3 Rejosari kabupaten Oku Timur (Vol 2, Number 2, bll 229–243). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1471.
Ramdan, A. ., & Fauziah, P. . (2019). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.
Risdayanti, S., & Abrar, A. I. P. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Alauddin Journal of Mathematics Education, 4(1), 50–63. https://doi.org/10.24252/ajme.v4i1.25472.
Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.
Siregar, N., Hutahaean, H., Meka, M. A., Depari, R., Hasugian, R., Tambunan, T. M., Sitepu, W., & Ginting, E. K. R. (2021). Pola Asuh Dalam Keluarga Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Karakter. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), 190. https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2462.
Sugiono. (2015). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhaida, D., & Idham, A. (2018). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Mahasiswa. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 5(1). https://doi.org/10.31571/sosial.v5i1.866.
Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal pendidikan, 4(8), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109.
Syafi’ah, R. (2019). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Pegangan Siswa Ipa Smp Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 30–36. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.61.
Tabi’in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–23. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989.
Toropova, A., Myrberg, E., & Johansson, S. (2021). Teacher job satisfaction: the importance of school working conditions and teacher characteristics. Educational Review, 73(1), 71–97. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1705247.
Wright, H. R. (2013). Women who opt out: The debate over working mothers and work-family balance. Women’s Studies International Forum, 28. https://doi.org/10.1016/j.wsif.2013.02.006.
Wuryandani, Sapriya, & Budimansyah. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.
Yulianti, D., Khanafiyah, S., & Sulistyorini, S. (2016). Inquiry-based science comic physics series integrated with character education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5787.
Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307.
Yustina, A., Susanti, M., & Rustamti, M. (2021). Peningkatan Kedisiplinan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(3). https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.297.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ucha Sekar Rumalda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.