Habituasi Pendidikan Karakter pada Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila
Keywords:
Habituasi, Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Pentingnya karakter menjadi urgensi tersendiri khususnya pada bidang pendidikan masa sekarang. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui sejauh mana karakter telah diterapkan pada tiap siswa dan bagaimana strategi guru dalam pelaksaannya demi terwujudnya potret Pelajar Pancasila. Penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang diterapkan dalam penyelidikan ini, dengan menggunakan metodologi studi kasus. Studi kasus berfungsi sebagai penjelasan menyeluruh tentang banyak aspek individu, kelompok, organisasi, program, atau skenario komunitas yang sedang diteliti dan diselidiki sejauh mungkin. Alasan dipilihnya jenis dan metode penelitian tersebut karena sesuai dengan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri Sadeng 02, subjek penelitian antara lain siswa Kelas V, Wali kelas V, dan Kepala Sekolah. Observasi, wawancara, dan angket siswa merupakan teknik pengambilan data yang digunakan. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan yakni siswa SD Negeri Sadeng 02 khususnya kelas V telah menerapkan pendidikan karakter dengan baik sesuai dengan dimensi profil pelajar pancasila, serta guru dan kepala sekolah telah menerapkan beberapa strategi antara lain penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas; projek rutin mingguan; kegiatan ekstrakulikuler; serta pembiasan karakter. Penerapan strategi tersebut untuk mencapai tujuan ini sebaik mungkin. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi satuan pendidikan ke depan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila.
References
‘Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7
Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116
Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395
Alifah, N. (2023). Paradigma Baru: Kurikulum Baru yang Turut Mengubah Makna Guru. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.54
Amelia, N., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 142–149. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., Novianti, U., & Parhati, L. N. (2020). Local account analysis that can be integrated into the basic IPS competence in class VI basic school. Journal of Educational and Social Research, 10(5), 66–74. https://doi.org/10.36941/JESR-2020-0088
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i1.101
Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195
Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Irham, H. N., Karimah, U., Andini, S. A., Safira, S. A., Fauziah, M., & Sulaeman, Y. (2023). Pembentukan Kepribadian Siswa Sekolah Dasardi Era Milenial Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 184–193. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1.121108
Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Jayadiputra, E., Sapriya, Karim, A. A., & Rahmat. (2020). 21st Century Competences in Civic Education Curriculum of Indonesia. Proceedings of the 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.019
Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360
Kartiwan, C. W., Alkarimah, F., & Ulfah. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 239–246. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.59576
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576
Mokorowu, N. T., Katuuk, D. A., Tarusu, D. T., & Pangkey, R. D. H. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Tombatu. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1544–1558. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7314
Mukminin, E., Dwijayanti, I., Nyoman, N. A., & Espiyati. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Iman dan Taqwa Melalui Pembiasaan di SD Negeri Gayamsari 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4647–4653. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2327
Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1638–1645. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5515
Nurhayati, & Adi, P. N. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 165–172. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43899
Oktaviana, P. D., Fathurrohman, Kawuryan, S. P., & Saptono, B. (2023). Implementation of Pancasila Values in Civics Learning in the Digital Era. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3), 384–395. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i3.61880
Prawati, R. E., & Ramadan, Z. H. (2023). The PJBL Model on Increasing the Pancasila Student Profile (P3) of Grade IV Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(2), 335–343. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i2.64395
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611
Saputri, N. U., Nisa, K., & Turmuzi, M. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN 3 Lembuak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1995–2004. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5708
Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59341
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230
Soesilo, T. D., Kristin, F., & Windrawanto, Y. (2024). Pelaksanaan Diagnostik Kesulitan Belajar Peserta Didik oleh Guru SD di Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 59–67. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p59-67
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Utami, D., Susanti, R., & Meilinda. (2023). IMPLEMENTASI BHINNEKA TUNGGAL IKA DAN NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS MANUSIA INDONESIA DI SEKOLAH. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 14–24. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.130
Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301
Wibowo, A., & Oktafira, R. A. (2024). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 35–45. https://doi.org/10.24246/j.js.2024.v14.i01.p35-45
Widayanti, I. G. A. P. P., & Agustika, G. N. S. (2023). Independent Learning and Student Learning Responsibilities Characteristics of Mathematics Knowledge Competence in Fifth-Grade Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 508–515. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i3.58746
Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Niken Setyowati, Putri Yanuarita Sutikno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.