Habituasi Pendidikan Karakter pada Paradigma Baru Kurikulum Merdeka untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Penulis

  • Niken Setyowati Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Putri Yanuarita Sutikno Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76457

Kata Kunci:

Habituasi, Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Pentingnya karakter menjadi urgensi tersendiri khususnya pada bidang pendidikan masa sekarang. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis sejauh mana karakter telah diterapkan pada tiap siswa dan strategi guru mewujudkan Pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi studi kasus. Subjek penelitian antara lain siswa Kelas V, Wali kelas V, dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri atas data collection, data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian yaitu siswa kelas V telah menerapkan pendidikan karakter dengan baik sesuai dengan dimensi profil pelajar pancasila, serta guru dan kepala sekolah telah menerapkan beberapa strategi antara lain penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas; projek rutin mingguan; kegiatan ekstrakulikuler; serta pembiasan karakter. Penerapan strategi tersebut untuk mencapai tujuan ini sebaik mungkin. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi satuan pendidikan ke depan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila.

Referensi

‘Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 Di SMK Negeri Tambakboyo. Journal Of Education And Learning Sciences, 1(1), 1–13. Https://Doi.Org/10.56404/Jels.V1i1.7.

Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2023.V13.I2.P108-116.

Alifah, N. (2023). Paradigma Baru: Kurikulum Baru Yang Turut Mengubah Makna Guru. Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 9. Https://Doi.Org/10.47134/Ptk.V1i2.54.

Amelia, N., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 142–149. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V7i1.59956.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. Https://Doi.Org/10.54124/Jlmp.V19i2.78.

Asrial, Syahrial, Maison, Kurniawan, D. A., Novianti, U., & Parhati, L. N. (2020). Local Account Analysis That Can Be Integrated Into The Basic IPS Competence In Class VI Basic School. Journal Of Educational And Social Research, 10(5), 66–74. Https://Doi.Org/10.36941/JESR-2020-0088.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.585.

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 247. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i2.12011.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru Dalam Kurikulum Prototipe. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.2410.

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. (2023). Teaching At The Right Level Sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(1), 10. Https://Doi.Org/10.47134/Jpn.V1i1.101.

Fauziah, A. S., & Sudarwati, N. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 76–87. Https://Doi.Org/10.53624/Kontribusi.V3i2.141.

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian Dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V3i2.1195.

Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila Dalam Usaha Bela Negara Di Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i1.45372.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.309.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3622.

Irham, H. N., Karimah, U., Andini, S. A., Safira, S. A., Fauziah, M., & Sulaeman, Y. (2023). Pembentukan Kepribadian Siswa Sekolah Dasardi Era Milenial Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 184–193. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V7i1.121108.

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V2i1.388.

Jayadiputra, E., Sapriya, Karim, A. A., & Rahmat. (2020). 21st Century Competences In Civic Education Curriculum Of Indonesia. Proceedings Of The 2nd Annual Civic Education Conference (ACEC 2019). Https://Doi.Org/10.2991/Assehr.K.200320.019.

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. Https://Doi.Org/10.31599/Jabdimas.V5i2.1360.

Kartiwan, C. W., Alkarimah, F., & Ulfah. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 239–246. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V7i2.59576.

Kurniawati, R., Amalia, A. R., & Khaleda N, I. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Budaya Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8304–8313. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3719.

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i4.3139.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. Https://Doi.Org/10.47668/Edusaintek.V9i3.576.

Mandayu, Y. Y. B. (2020). Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 31. Https://Doi.Org/10.26737/Jpipsi.V5i2.1598.

Matanari, C., Gaol, R. L., & Simarmata, E. (2020). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 294–300. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V6i2.435.

Mokorowu, N. T., Katuuk, D. A., Tarusu, D. T., & Pangkey, R. D. H. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di SDN 1 Tombatu. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1544–1558. Https://Doi.Org/10.31949/Jee.V6i4.7314.

Mukminin, E., Dwijayanti, I., Nyoman, N. A., & Espiyati. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Karakter Iman Dan Taqwa Melalui Pembiasaan Di SD Negeri Gayamsari 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4647–4653. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V6i7.2327.

Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1638–1645. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i4.5515.

Munjiatun. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter: Antara Paradigma Dan Pendekatan. Jurnal Kependidikan, 6(2), 334–349. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V6i2.1924.

Ngazimah, A., & Zuchdi, D. (2020). Landasan Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologis Dalam Kajian Pendidikan Karakter. BAHASTRA, 40(2), 167. Https://Doi.Org/10.26555/Bahastra.V40i2.15081.

Nurhayati, & Adi, P. N. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 165–172. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V6i1.43899.

Oktaviana, P. D., Fathurrohman, Kawuryan, S. P., & Saptono, B. (2023). Implementation Of Pancasila Values In Civics Learning In The Digital Era. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3), 384–395. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V11i3.61880.

Prawati, R. E., & Ramadan, Z. H. (2023). The PJBL Model On Increasing The Pancasila Student Profile (P3) Of Grade IV Elementary School Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(2), 335–343. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V11i2.64395.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3237.

Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i6.5611.

Saputri, N. U., Nisa, K., & Turmuzi, M. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SDN 3 Lembuak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1995–2004. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i4.5708.

Sari, L. P., & Ain, S. Q. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 75–81. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V7i1.59341.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. Https://Doi.Org/10.47747/Jbme.V2i2.230.

Soesilo, T. D., Kristin, F., & Windrawanto, Y. (2024). Pelaksanaan Diagnostik Kesulitan Belajar Peserta Didik Oleh Guru SD Di Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 59–67. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2024.V14.I01.P59-67.

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3510.

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1113. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i8.12684.

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. Https://Doi.Org/10.29210/30032075000.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V8i2.8309.

Utami, D., Susanti, R., & Meilinda. (2023). Implementasi Bhinneka Tunggal Ika Dan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Identitas Manusia Indonesia Di Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 14–24. Https://Doi.Org/10.58812/Jpws.V2i01.130.

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V4n1.P63-66.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. Https://Doi.Org/10.57008/Jjp.V2i04.301.

Wibowo, A., & Oktafira, R. A. (2024). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(01), 35–45. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2024.V14.I01.P35-45.

Widayanti, I. G. A. P. P., & Agustika, G. N. S. (2023). Independent Learning And Student Learning Responsibilities Characteristics Of Mathematics Knowledge Competence In Fifth-Grade Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 508–515. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V7i3.58746.

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 17. Https://Doi.Org/10.55115/Edukasi.V3i1.2296.

Wislita, W., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sekolah Dasar. Journal Of Education Action Research, 7(4), 579–587. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V7i4.69683.

Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i2.907.

Diterbitkan

2024-04-08

Cara Mengutip

Setyowati, N., & Putri Yanuarita Sutikno. (2024). Habituasi Pendidikan Karakter pada Paradigma Baru Kurikulum Merdeka untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Journal of Education Action Reseach, 8(1), 100–109. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76457

Terbitan

Bagian

Artikel