A Implementasi Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Penguatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar

Penguatan Karakter Gotong Royong

Authors

  • Putri Lidya Forestyas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Yulianti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Prihatin Sulistyowati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Keywords:

Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan, Penguatan Karakter, Gotong Royong

Abstract

Keterbatasan pengetahuan pendidik mengimplementasikan pembelajaran proyek berdampak pada pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguatan nilai karakter gotong royong melalui kegiatan proyek gaya hidup berkelanjutan. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive yaitu kepala sekolah, 2 guru kelas II, 3 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan proyek gaya hidup berkelanjutan menumbuhkan perilaku ramah lingkungan. Kegiatan diawali dengan guru merancang modul proyek. Pelaksanaan kegiatannya melalui detektif sampah, membuat tempat pensil, membuat gambar mozaik, dan pameran. Kegiatan proyek gaya hidup berkelanjutan menanamkan karakter gotong royong berdasarkan elemen kolaborasi, kepedulian, berbagi yang nampak pada nilai-nilai empati, toleransi, kebersamaan, tolong menolong, kerjasama, dan saling berbagi. Saran penelitian diharapkan adanya pelatihan maupun pengembangan kompetensi guru dalam merancang modul proyek yang valid sehingga akan memudahkan pelaksanaan dan evaluasi dari keterlaksanaan proyek.

References

Aditomo, A. (2022). Panduang Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791

Arpianti, D., Jusmawati, J., Iskandar, A. M., & Supardi, R. (2023). Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Karakter Gotong Royong Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2566–2572. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1403

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Chrisyarani, D. D., Sulistyowati, P., & Firdayanti, E. (2021). Analisis Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa pada Kegiatan Wirausaha di MI Amanah Kecamatan Turen. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 187–193. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5774

Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 5–13.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Strengthening Pancasila Values During the Covid-19 Pandemic. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2411–2417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.443

Fitriani, E., Khosiyono, B. H., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Dimensi Gotong Royong Pada Siswa Sd Melalui Kegiatan Proyek Biopori. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4024–4035. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10848

Hakim, A. Y., Wakhyudin, H., & Wardhana, M. Y. S. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Dimensi Gotong Royong Kelas IV SDN 2 NGARGOSARI. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1771–1780. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2307

Halimatus Sakdiyah, S. (2019). Pemanfaatan Sampah Anorganik Sebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.8

Harahap Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif (Sazali Hasanah, Ed.; Cetakan Pertama). Wal ashri Publishing.

Hardianti, D., Martati, B., Dian, K., Afiani, A (2021). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dan Nilai Gotong Royong Siswa Sd Pacar Keling I Surabaya (Issue 1). https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3484

Haryadi, D. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 25. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145

Haryanti, N. D., Ratnasari, Y., & Riswari, L. A. (2023). Strategi Penanaman Karakter Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1167–1175. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5014

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.

Jumrawarsi, J., Wati, S. O., & Fitria, F. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Sekolah Penggerak SDN 01 Sarilamak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1031–1042. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24557

Kaka, M. M., & Yulianti, Y. (2022). Peran Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kerja Keras Melalui Pembelajaran Daring. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v2i2.356

Kamis, K., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2021). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 61–66. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Kemendikbud Ristek. No. 262/M/2022 atas perubahan keputusan KemendikbudRistek No. 56/M/2022 struktur kurikulum merdeka

Kumala, F. N. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Aspek Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 84–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8396

Lochner, J. (2021). Educators’ intentions for learning in Virtual School Garden Exchanges: a comparison with the aims of Education for Sustainable Development. Environmental Education Research, 27(8), 1172–1191. https://doi.org/10.1080/13504622.2021.1921116

Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453

Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Murtadlo, M., Basri, H. H., & Alia, N. (2020). Indeks Karakter Siswa: Jenjang Pendidikan Menengah 2021.

Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Toleransi. Nusamedia.

Najla, A. P., Izzati, N. V., Oktaviani, D., & Marini, A. (2022). Digital Storytelling Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd Pada Kurikulum “Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 413–424. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4178

Naziyah, S., Akhwani, Nafiah, & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 No 5, 3482–3489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1344

Novitasari, I. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Kelas 4 Sdn Demangan 1 Bangkalan. Alena: Journal of Elementary Education, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.53

Okpatrioka, O., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 105–118. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1379

Oktavianto, A. W., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8623–8636. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4151

Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260

Pransiska, L., Santoso, G., Firmansyah, A. A., & Kartini, A. A. (2023). Mengukuhkan Kebersamaan Sikap Bergotong Royong Dan Kolaborasi Di Kelas 3. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 102–126. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.636

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498

Rian, H., Bakri, B., Nasril, N., Estiana, R., & Gustiawan, H. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Di Era 5.0. Jurnal Abdimas PLJ, 3(2), 74. https://doi.org/10.34127/japlj.v3i2.989

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Salsabila, K. V., Mulyati, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Analisis Karakter Gotong Royong Sebagai Penguatan Jati Diri Bangsa Pada Animasi Adit Dan Sopo Jarwo. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 39–50. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1242

Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai kepedulian sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 1–5. http://dx.doi.org/10.30595/.v1i1.7583

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Sugiarti, R., Erlangga, E., Suhariadi, F., Winta, M. V. I., & Pribadi, A. S. (2022). The influence of parenting on building character in adolescents. Heliyon, 8(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09349

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.15294/jpk.v9i2

Sulistyowati, P., & Wahyuningtyas, D. T. (2021). Training On The Development Of Thematic Module At SDN Tanjungrejo 01 Malang. Jurnal Dedikasi, 18(2), 60–66. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v18.i2.18932

Supini, M., & Gunawan, S. (2023). Melalui Gotong Royong dan kolaborasi: Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 554–565. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.640

Suriani, L., Nisa, K., & Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1458–1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597

Winarsih, B. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2388–2392. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5770

yulianti, Y., & Fajar Wandhiro, M. (2023). Anti Bullying Project “Stop Bullying Everywhere, Every Time, And For Everyone” To Strengthen The Pancasila Student Profile. 51(2). https://doi.org/10.33508/mgs.v51i2.4052

Zahrah, F., & Mawasil, H. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Melatih Soft Skill Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v6i2.11914

Published

2024-04-12

How to Cite

Putri Lidya Forestyas, Yulianti, & Prihatin Sulistyowati. (2024). A Implementasi Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Penguatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar: Penguatan Karakter Gotong Royong . Journal of Education Action Research, 8(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/76480

Issue

Section

Artikel