A Implementasi Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Penguatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar
Penguatan Karakter Gotong Royong
Keywords:
Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan, Penguatan Karakter, Gotong RoyongAbstract
Keterbatasan pengetahuan pendidik mengimplementasikan pembelajaran proyek berdampak pada pembentukan karakter Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penguatan nilai karakter gotong royong melalui kegiatan proyek gaya hidup berkelanjutan. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan secara purposive yaitu kepala sekolah, 2 guru kelas II, 3 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan proyek gaya hidup berkelanjutan menumbuhkan perilaku ramah lingkungan. Kegiatan diawali dengan guru merancang modul proyek. Pelaksanaan kegiatannya melalui detektif sampah, membuat tempat pensil, membuat gambar mozaik, dan pameran. Kegiatan proyek gaya hidup berkelanjutan menanamkan karakter gotong royong berdasarkan elemen kolaborasi, kepedulian, berbagi yang nampak pada nilai-nilai empati, toleransi, kebersamaan, tolong menolong, kerjasama, dan saling berbagi. Saran penelitian diharapkan adanya pelatihan maupun pengembangan kompetensi guru dalam merancang modul proyek yang valid sehingga akan memudahkan pelaksanaan dan evaluasi dari keterlaksanaan proyek.
References
Aditomo, A. (2022). Panduang Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Arpianti, D., Jusmawati, J., Iskandar, A. M., & Supardi, R. (2023). Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Karakter Gotong Royong Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2566–2572. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1403
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Chrisyarani, D. D., Sulistyowati, P., & Firdayanti, E. (2021). Analisis Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa pada Kegiatan Wirausaha di MI Amanah Kecamatan Turen. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 187–193. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5774
Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 5–13.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Strengthening Pancasila Values During the Covid-19 Pandemic. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2411–2417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.443
Fitriani, E., Khosiyono, B. H., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Dimensi Gotong Royong Pada Siswa Sd Melalui Kegiatan Proyek Biopori. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4024–4035. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10848
Hakim, A. Y., Wakhyudin, H., & Wardhana, M. Y. S. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Dimensi Gotong Royong Kelas IV SDN 2 NGARGOSARI. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1771–1780. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2307
Halimatus Sakdiyah, S. (2019). Pemanfaatan Sampah Anorganik Sebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.8
Harahap Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif (Sazali Hasanah, Ed.; Cetakan Pertama). Wal ashri Publishing.
Hardianti, D., Martati, B., Dian, K., Afiani, A (2021). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dan Nilai Gotong Royong Siswa Sd Pacar Keling I Surabaya (Issue 1). https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3484
Haryadi, D. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 25. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145
Haryanti, N. D., Ratnasari, Y., & Riswari, L. A. (2023). Strategi Penanaman Karakter Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1167–1175. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5014
Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.
Jumrawarsi, J., Wati, S. O., & Fitria, F. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Sekolah Penggerak SDN 01 Sarilamak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1031–1042. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24557
Kaka, M. M., & Yulianti, Y. (2022). Peran Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kerja Keras Melalui Pembelajaran Daring. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v2i2.356
Kamis, K., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2021). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 61–66. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Kemendikbud Ristek. No. 262/M/2022 atas perubahan keputusan KemendikbudRistek No. 56/M/2022 struktur kurikulum merdeka
Kumala, F. N. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Aspek Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 84–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8396
Lochner, J. (2021). Educators’ intentions for learning in Virtual School Garden Exchanges: a comparison with the aims of Education for Sustainable Development. Environmental Education Research, 27(8), 1172–1191. https://doi.org/10.1080/13504622.2021.1921116
Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453
Muhartini, M., Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 66–77. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i1.881
Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.
Murtadlo, M., Basri, H. H., & Alia, N. (2020). Indeks Karakter Siswa: Jenjang Pendidikan Menengah 2021.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Toleransi. Nusamedia.
Najla, A. P., Izzati, N. V., Oktaviani, D., & Marini, A. (2022). Digital Storytelling Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd Pada Kurikulum “Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 413–424. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4178
Naziyah, S., Akhwani, Nafiah, & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 No 5, 3482–3489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1344
Novitasari, I. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Kelas 4 Sdn Demangan 1 Bangkalan. Alena: Journal of Elementary Education, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.53
Okpatrioka, O., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 105–118. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1379
Oktavianto, A. W., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8623–8636. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4151
Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260
Pransiska, L., Santoso, G., Firmansyah, A. A., & Kartini, A. A. (2023). Mengukuhkan Kebersamaan Sikap Bergotong Royong Dan Kolaborasi Di Kelas 3. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 102–126. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.636
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Rian, H., Bakri, B., Nasril, N., Estiana, R., & Gustiawan, H. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Di Era 5.0. Jurnal Abdimas PLJ, 3(2), 74. https://doi.org/10.34127/japlj.v3i2.989
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Salsabila, K. V., Mulyati, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Analisis Karakter Gotong Royong Sebagai Penguatan Jati Diri Bangsa Pada Animasi Adit Dan Sopo Jarwo. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 39–50. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1242
Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai kepedulian sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 1–5. http://dx.doi.org/10.30595/.v1i1.7583
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151
Sugiarti, R., Erlangga, E., Suhariadi, F., Winta, M. V. I., & Pribadi, A. S. (2022). The influence of parenting on building character in adolescents. Heliyon, 8(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09349
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.15294/jpk.v9i2
Sulistyowati, P., & Wahyuningtyas, D. T. (2021). Training On The Development Of Thematic Module At SDN Tanjungrejo 01 Malang. Jurnal Dedikasi, 18(2), 60–66. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v18.i2.18932
Supini, M., & Gunawan, S. (2023). Melalui Gotong Royong dan kolaborasi: Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 554–565. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.640
Suriani, L., Nisa, K., & Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1458–1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464
Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597
Winarsih, B. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2388–2392. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5770
yulianti, Y., & Fajar Wandhiro, M. (2023). Anti Bullying Project “Stop Bullying Everywhere, Every Time, And For Everyone” To Strengthen The Pancasila Student Profile. 51(2). https://doi.org/10.33508/mgs.v51i2.4052
Zahrah, F., & Mawasil, H. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Melatih Soft Skill Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v6i2.11914
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 yulianti Ani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.