Implementasi Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Penguatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar

Penulis

  • Putri Lidya Forestyas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Malang, Indonesia
  • Yulianti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Malang, Indonesia
  • Prihatin Sulistyowati Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76480

Kata Kunci:

Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan, Penguatan Karakter, Gotong Royong

Abstrak

Perkembangan globalisasi memberikan pengaruh menurunnya nilai-nilai karakter Pancasila pada aspek kebersamaan, hal ini dibuktikan rendahnya kesadaran peserta didik dalam menjaga lingkungan sehingga berdampak pada pembentukkan karakter. Penelitian ini bertujuan menganalisis penguatan nilai-nilai karakter gotong royong melalui kegiatan proyek gaya hidup berkelanjutan. Jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposive terdiri dari kepala sekolah, 2 guru kelas II, 3 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan proyek gaya hidup berkelanjutan menumbuhkan perilaku ramah lingkungan. Pada pembelajaran proyek ini tidak lepas dari peran guru. Kegiatannya diawali dengan guru merancang modul proyek. Aktivitas yang dilakukan seperti detektif sampah, membuat tempat pensil, membuat gambar mozaik, dan pameran. Kegiatan proyek gaya hidup berkelanjutan telah menanamkan karakter gotong royong berdasarkan elemen kolaborasi, kepedulian, berbagi yang nampak pada nilai-nilai empati, toleransi, kebersamaan, tolong menolong, kerjasama, dan saling berbagi. Simpulan penelitian menunjukkan implementasi proyek gaya hidup berkelanjutan dapat menanamkan nilai karakter gotong royong. Implikasi penelitian ini pelaksanaan pembelajaran proyek gaya hidup berkelanjutan disekolah dasar menanamkan nilai-nilai karakter gotong royong sehingga meningkatkan karakter peserta didik melalui pembelajaran kokurikuler yang menyenangkan.

Referensi

Aditomo, A. (2022). Panduang Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar.

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791.

Arpianti, D., Jusmawati, J., Iskandar, A. M., & Supardi, R. (2023). Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Karakter Gotong Royong Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2566–2572. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1403.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951.

Chrisyarani, D. D., Sulistyowati, P., & Firdayanti, E. (2021). Analisis Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa pada Kegiatan Wirausaha di MI Amanah Kecamatan Turen. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 187–193. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5774.

Damayanti, I., & Al Ghozali, M. I. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 789–799. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5563.

Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. SAPA-Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 5–13. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i2.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Strengthening Pancasila Values During the Covid-19 Pandemic. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2411–2417. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.443.

Fitriani, E., Khosiyono, B. H., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Dimensi Gotong Royong Pada Siswa Sd Melalui Kegiatan Proyek Biopori. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4024–4035. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10848.

Hakim, A. Y., Wakhyudin, H., & Wardhana, M. Y. S. (2021). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Pada Dimensi Gotong Royong Kelas IV SDN 2 Ngargosari. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1771–1780. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2307.

Halimatus Sakdiyah, S. (2019). Pemnafaatan Sampah Anorganik Ssebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.8.

Haryadi, D. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Pangudiluhur Sedayu. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 25. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4145.

Haryanti, N. D., Ratnasari, Y., & Riswari, L. A. (2021). Strategi Penanaman Karakter Toleransi Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1167–1175. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5014.

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2023). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304. https://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/241.

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67.

Jumrawarsi, J., Wati, S. O., & Fitria, F. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Di Sekolah Penggerak SDN 01 Sarilamak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP, 6(3), 1031–1042. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24557.

Kaka, M. M., & Yulianti, Y. (2022). Peran Sekolah Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kerja Keras Melalui Pembelajaran Daring. Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 38–45. https://doi.org/10.56393/sistemamong.v2i2.356.

Kamis, K., Sulistyowati, P., & Ladamay, I. (2021). Analisis Keterampilan Sosial Siswa Dalam Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 61–66. https://conference.unikama.ac.id/artikel/.

Kumala, F. N. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila Berdasarkan Aspek Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 84–96. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8396.

Lochner, J. (2021). Educators’ intentions for learning in Virtual School Garden Exchanges: a comparison with the aims of Education for Sustainable Development. Environmental Education Research, 27(8), 1172–1191. https://doi.org/10.1080/13504622.2021.1921116.

Makrifah, A. N., Harsiatib, T., & Mashfufahb, A. (2023). Penerapan Assessment For Learning Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas 1 SD. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 369–378. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.380.

Maulida, U. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.51476/dirasah.v6i1.453.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Murtadlo, M., Basri, H. H., & Alia, N. (2020). No Title.

Najla, A. P., Izzati, N. V, Oktaviani, D., & Marini, A. (2022). Digital Storytelling Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sd Pada Kurikulum “Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 413–424. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4178.

Naziyah, S., Akhwani, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1344.

Novitasari, I. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Kelas 4 SDN Demangan 1 Bangkalan. Alena: Journal of Elementary Education, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.59638/jee.v1i2.53.

Nursapia, H. (2020). Penelitian Kualitatif (S. Hasanah & C. P. Ed. (eds.)). Wal ashri Publishing.

Okpatrioka, O., & Zhafirah, N. (2023). Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 105–118. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1379.

Oktavianto, A. W., Asrial, A., & Alirmansyah, A. (2023). Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8623–8636. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4151.

Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2022). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260.

Pransiska, L., Santoso, G., Firmansyah, A. A., & Kartini, A. A. (2023). Mengukuhkan Kebersamaan Sikap Bergotong Royong Dan Kolaborasi Di Kelas 3. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 102–126. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.636.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.

Rahmi, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Siswa SD melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5136–5142. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.

Rian, H., Bakri, B., Nasril, N., Estiana, R., & Gustiawan, H. (2023). Gaya Hidup Berkelanjutan Di Era 5.0. Jurnal Abdimas PLJ, 3(2), 74. https://doi.org/10.34127/japlj.v3i2.989.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274.

Salsabila, K. V, Mulyati, T., & Furnamasari, Y. F. (2023). Analisis Karakter Gotong Royong Sebagai Penguatan Jati Diri Bangsa Pada Animasi Adit Dan Sopo Jarwo. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 1(3), 39–50. https://doi.org/10.59581/garuda.v1i3.1242.

Saraswati, A. J., Bramasta, D., & Eka, K. I. (2020). Nilai kepedulian sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7583.

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151.

Sugiarti, R., Erlangga, E., Suhariadi, F., Winta, M. V. I., & Pribadi, A. S. (2022). The influence of parenting on building character in adolescents. Heliyon, 8(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09349.

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.15294/jpk.v9i2.

Sulistyowati, P., & Wahyuningtyas, D. T. (2021). Training On The Development Of Thematic Module At SDN Tanjungrejo 01 Malang. Jurnal Dedikasi, 18(2), 60–66. https://doi.org/10.22219/dedikasi.v18.i2.18932.

Supini, M., & Gunawan, S. (2023). Melalui Gotong Royong dan kolaborasi: Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 554–565. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.640.

Suriani, L., Nisa, K., & Affandi, L. H. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1458–1463. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5464

.

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2019). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897.

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309.

Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.

Winarsih, B. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III melalui Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 4(4), 2388–2392. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5770.

yulianti, Y., & Fajar Wandhiro, M. (2023). Anti Bullying Project “Stop Bullying Everywhere, Every Time, And For Everyone. To Strengthen The Pancasila Student Profile, 51(2). https://doi.org/10.33508/mgs.v51i2.4052.

Zahrah, F., & Mawasil, H. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Melatih Soft Skill Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 6(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v6i2.11914.

Diterbitkan

2024-04-12

Cara Mengutip

Putri Lidya Forestyas, Yulianti, & Prihatin Sulistyowati. (2024). Implementasi Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Penguatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Reseach, 8(1), 89–99. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.76480

Terbitan

Bagian

Artikel