Media Slide “BUSAN 3D” Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Kebudayaan Nusantara

Authors

  • Ni Kadek Tania Amanda Marjaya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77314

Keywords:

Media Slide 3D, Augmented Reality, Kebudayaan Nusantara

Abstract

Rendahnya pemahaman kebudayaan nusantara siswa SD dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam proses belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menciptakan media slide “BUSAN 3D” berbasis augmented reality (AR) untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV sekolah dasar.  Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial. Subjek uji coba penelitian ini adalah media slide “BUSAN 3D” berbasis AR pada materi kebudayaan nusantara kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi diperoleh 97,27%, ahli media diperoleh 93,99% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil tingkat kepraktisan media dari penilaian guru mendapatkan 100%, dari siswa mendapatkan 93,30%, maka tingkat kepraktisan media dikualifikasikan sangat praktis. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman terhadap kebudayaan nusantara yang signifikan siswa kelas IV SD setelah belajar menggunakan media slide “BUSAN 3D” berbasis AR. Disimpulkan bahwa media slide “BUSAN 3D” berbasis AR efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kebudayaan nusantara bagi siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini yaitu media slide “BUSAN 3D” berbasis AR dapat membantu guru dalam proses pembelajaran.

References

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918.

Anis Fuadah, F. (2023). Penerapan Game Edukasi Marbel Budaya Nusantara Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Materi Keragaman Budaya Di Indonesia. Berajah Journal, 3(1), 227–238. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.220.

Aristiawan, A., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Menghadapi Tantangan Era Revolusi Indusri 4.0 Dan Human Society 5.0 Dalam Kajian Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 84–93. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4205.

Arizka, S., & Sari Sitepu, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pubal 3D (Puzzle Balok 3D) Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas 3 Sd Swasta Qurrta a’Yun. 1(1), 50–63. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78.

Carolina, Y. Dela. (2023). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448.

Cholifah, T. N. (2024). Profil Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa dalam Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 282. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2941.

Estuhono, E., Subhan, M., & Hopipah, R. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Kinemaster Application Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 437–445. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1414.

Fary, A. fary, Rohman, U., Wiyarno, Y., & Utomo, M. A. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Engklek yang Dimodifikasi untuk Upaya Meningkatkan Motorik pada Anak Tunagrahita. Jurnal Segar, 11(2), 61–72. https://doi.org/10.21009/segar/1102.03.

Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) Technology in Education: Media of Teaching and Learning: A Review. International Journal of Computer and Information System (IJCIS) Peer Reviewed-International Journal, 04(01), 2745–9659. https://doi.org/10.29040/ijcis.v4i1.102.

Furnamasari, Y. F., Fauzie, D. F., & Al-faiq, M. F. (2023). Analisis Upaya Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Memupuk Sikap Partiotik Cinta Tanah Air Dan Bela Negara Di Sekolah Dasar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(2). https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v1i2.356.

Hafzah, N., Puri Amalia, K., Lestari, E., Annisa, N., Adiatmi, U., & Saifuddin, M. F. (2020). Meta-Analisis Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Hasil dan Minat Belajar Biologi Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(4), 541–549. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.8958.

Hikmah, S., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2023). Pengembangan Media 3D Materi Indera Pendengaran Manusia dengan Augmented Reality Assembler Edu. Journal on Education, 5(3), 7430–7439. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1533.

Isma, C. N., Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317.

Jannah, M., & Reinita, R. (2023). Validitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1095–1104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4870.

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482.

Kristina, Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media 3D Berbasis Augmented Reality Menggunakan PBL Materi Penggolongan Hewan untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas V SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 59–72. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.25677.

Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05).

Maharani, I. A. B. A., Agung, A. A. G., & Tirtayani., L. A. (2023). Media Kartu Bergambar Berbantuan Augmented Reality (AR) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa bagi Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 360–369. https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.56452.

Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1638–1645. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5515.

Mustafa, P. S., & Angga, P. D. (2022). Strategi Pengembangan Produk dalam Penelitian dan Pengembangan pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 6(3), 413–424. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.522.

Nirwanto, B. G., Murtono, M., & Fathurrohman, I. (2021). Media Puzzle Berbantu Augmented Reality pada Muatan Pelajaran IPA Tema Ekosistem. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 275–283. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38503.

Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428.

Nuraini, N., Subayani, N. W., & Marzuki, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Adaptasi Hewan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 139–147. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.977.

Pebriani, N. L. P., Japa, I. G., & Antara, P. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 397. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37980.

Prasetya, S. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Visual 3D Materi Organ Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Kabupaten Kediri. 1–7.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Renggani, S. A., & Priyanto, W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas 4 SD. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 233–241. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8115.

Rusmayana, T. (2021). Model Pembelajaran ADDIE INTEGRASI PEDATI SMK PGRI Karisma Bangsa (R. Hartono (red)). Widina Bhakti Persada Bandung.

Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909.

Suci Lestari, N. K. A., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117–126. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215.

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., & Suraji, S. (2022). Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka. Journal of Community Empowerment, 2(1), 67–73. https://doi.org/10.15294/jce.v2i2.61886.

Susetya, B. E. F., & Harjono, N. (2022). Pengembangan Media Filter Instagram Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10056–10072. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4228.

Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad-21 Berbasis Kompetenci 4C Di Perguruan Tinggi. Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 77–89. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.77-89.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tri Hariyani, I., Diana Fitri, N., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri, S. (2023). Pengembangan Game Edukasi 3D untuk Menumbuhkan Cinta Tanah Air Sejak Dini. 7(2), 1354–1367. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3378.

Usmaedi, U., Fatmawati, P. Y., & Karisman, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Aplikasi Augmented Reality Dalam Meningkatkan Proses Pengajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 489–499. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.595.

Wibowo, V. R., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Penggolongan Hewan Kelas V Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58–69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119.

Wulandari, A. P., Anggraeni Dewi, D., Saeful Hayat, R., Pendidikan No, J., Wetan, C., Cileunyi, K., Bandung, K., & Barat, J. (2024). Urgensi Pelestarian Bahasa Sunda di Sekolah Dasar. GARUDA: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 2(1), 75–83. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i1.2358.

Yip, J., Wong, S.-H., Yick, K.-L., Chan, K., & Wong, K.-H. (2019). Improving quality of teaching and learning in classes by using augmented reality video. Computers & Education, 128, 88–101. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Ni Kadek Tania Amanda Marjaya, & Gede Wira Bayu. (2024). Media Slide “BUSAN 3D” Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Kebudayaan Nusantara. Journal of Education Action Research, 8(2), 340–349. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77314

Issue

Section

Artikel