E-LKPD Berbasis Model OPPEMEI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77704Keywords:
E-LKPD, Model OPPEMEI, Hasil Belajar IPASAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi atas masalah kurangnya pemanfaatan bahan ajar digital dalam pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-LKPD berbasis model OPPEMEI untuk meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dari pengembangan adalah E-LKPD berbasis model OPPEMEI dan objek pengembangan yaitu validitas, kepraktisan dan efektivitas dari E-LKPD yang dikembangkan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, kusioner dan tes. Hasil Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis model OPPEMEI menunjukan bahwa validitas ahli materi 0,93, ahli desain 1,00, dan ahli media pembelajaran 0,95. Hasil kepraktisan dari uji perorangan mendapatkan 95,83%, uji coba kelompok kecil mendaptkan 91,20%. Hasil uji-t menunjukan 11,38 lebih besar dari nilai t-tabel. Uji N-gain score data prettest dan posttest didapatkan 71% termasuk dalam kategori cukup efektif. Disimpulkan bahwa pengembangan E-LKPD berbasis model OPPEMEI valid, praktis dan cukup efektif diterapkan pada muatan IPA untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Implikasi penelitian ini adalah E-LKPD berbasis model OPPEMEI dapat membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran.
References
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.
Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023.
Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2023). The Oppemei Model on Creative Thinking Skills Reviewing From Self-Efficacy of Students in Science Learning. MIimbar PGSD Undiksha, 11(2), 298–304. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i2.49438.
Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. Biodik, 7(3), 28–35. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239.
Aprilianingsih, N. K. A. S., & Asril, N. M. (2022). Video Learning Oriented to the Value of Caring for the Environment. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 386–394. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48832.
Ardika, I. P., N. Dantes, & N.K. Suarni. (2022). Pengembangan E-LKPDBerorientasi Mindful Parenting Pada Subtema Aku Dan Cita-Citaku Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 12–22. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.1180.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566.
Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848.
Dewi Muliani, N. K., & Citra Wibawa, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17664.
Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.
Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350.
Dwiki, D. M. (2022). Hubungan Kemampuan Literasi Sains Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 5(2), 153–158. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8874.
Fadhillah Akbar, H., & Sofian Hadi, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143.
Fitriani, N. L. P., & Yudiana, K. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Wondershare Filmora pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43386.
Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718.
Idayanti, I. A. M. D., & Sujana, I. W. (2022). LKPD Interaktif IPS Berbasis Scientific Approach pada Materi Pengaruh Lingkungan terhadap Mata Pencaharian. Mimbar Ilmu, 27(1), 33–43. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45111.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39 – 53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482.
Khadijah, S., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Melalui Kerajinan Anyaman pada Materi Lingkaran. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(2), 73. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v2i2.5064.
Khoiriah, M. A., Sujarwo, S., & Handayani, P. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Tutorial dan Gambar Terhadap Motivasi dan Kemandirian Belajar Anak. Jurnal Obsesi, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3197.
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959.
Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learnin untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987.
Lindawati, L., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2022). Penggunaan Media Sosial Whatsapp untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sasahan. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 84–93. https://doi.org/10.30653/003.202281.204.
Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1185–1196. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/44137.
Mahardika Arsa Putra, G. Y., & Tri Agustiana, I. G. A. (2021). ELKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.
Ni Wayan Nabela, & Gede Wira Bayu. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Flip Book Berbasis Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 342–352. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48605.
Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.
Nurmalita, N., Munzil, & Pratiwi, N. (2020). Pengembangan game edukasi IPA kuartet sebagai media pembelajaran IPA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannyan, 1(53), 290–296. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p290-296.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.
Panjaitan, S. N., Mansyur, A., & Syahputra, H. (2023). Pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem- Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP IT Indah Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1890–1901. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2341.
Pratiwi, N. P. S., & Margunayasa, I. G. (2022). E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 100–108. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46542.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.
Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.
Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046.
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–54.
Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Ubiquitous Learning Environment Based on Moodle Learning Management System, (January 2016), 1–17.
Suryandewi, N. W. R., & Suniasih, N. W. (2022). Buku Cerita Bergambar Dwibahasa Bali-Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Bahasa Bali Materi Satua Bali Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 84–93. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44585.
Susilowati, A. (2023). Penerapan Metode TTW Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Hasil Belajar Materi Surat Pribadi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 397–405. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.560.
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304.
Tri Agustiana, I. G. A., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25343.
Widyastari, Y., Rati, N. W., & Jayanta, I. N. L. (2021). LKPD Berpendekatan PjBL pada Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 429–440. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50968.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kadek Aprilia Sri Wulandari, I Gusti Ayu Tri Agustiana, Putu Ari Dharmayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.