Media Berbasis Discovery Learning Menggunakan Articulate Storyline 3 Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Cahaya

Authors

  • Ni Made Dwi Septia Pradnyani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Made Vina Arie Paramita Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77725

Keywords:

Media Articulate Storyline 3, Discovery Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penggunan media pembelajaran berbasis teknologi masih jarang digunakan di sekolah dasar. Guru hanya memanfaatkan sarana yang ada disekolah yakni buku pembelajaran saja. Hal ini tentu mebuat siswa bosan dalam pmbelajaran, terlebh lagi pebelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 pada materi cahaya kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek pengembangan ini yaitu media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 pada materi cahaya kelas V sekolah dasar dan objeknya adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kusioner dan metode tes. Hasil penelitian pengembangan media berbasis discovery learning menggunakan articulate storyline 3 yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan cukup efektif diterapkan dalam proses pembelajaran. Melalaui pengembangan media ini diharapkan bisa bermanfaat didalam pengembangan bidang pendidikan dengan menggunakan media yang berbasis teknologi. Selain itu dengan menggunakan model ini diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa agar siswa dapat secara aktif menumbuhkan serta mengembangkan konsep penemuan dimana siswa akan menemukan sendiri apa yang dipelajarinya melalui pengamatan atau percobaan yang dapat membantu siswa memecahkan masalah dalam pembelajaran secara mandiri.

References

Albeltsa, I. A., & Ahmad, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Akuntansi. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(1), 66–81. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i1.2195.

Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839.

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.

Arisanti, D. A. K., Dantes, N., & Suastika, I. N. (2022). Environmental Oriented Problem-Based Learning (PBL) Improves Learning Outcomes and Self-Efficacy of Students In Social Studies In Fifth-Grade Elementary Schools. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 377–384. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i3.48537.

Arrozi, D. B., Wahyudi, A. N., & Prayoga, A. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Media Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Lompat Jauh Siswa Kelas V. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 44–50. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.954.

Cecep Kustandi, D. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Kencana.

Dewi, D. P., & Bektiningsih, K. (2022). Archipelago Traditional House Application Based on Articulate Storyline 3 in Grade Five Elementary School. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 14(1), 821-832. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4911.

Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775.

Fadlina, Artika, W., Khairil, K., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 99–107. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18591.

Firdawela, I., & Reinita, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 99–112. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.99-112.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( Tik ) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Huda, Irkham Abdaul, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622.

Husaini, M. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-education). JURNAL MIKROTIK, 2(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/ycfa2.

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646.

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353.

Khatrin, K., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. JPBSI; Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.24036/108271-019883.

Kusuma, T. S. W., & M Mustari. (2023). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.319.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 30. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586.

Maivi, C., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1188–1198. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.418.

Myori, D. E., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832.

Nopiani, R., Made Suarjana, I., & Sumantri, M. (2021). E Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Citacitaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 276. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261.

Pratama, A. N., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 159–170. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v4i2.1082.

Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471.

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.

Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20.

Riswara, I., Rahardja, Y., & Chernovita, H. P. (2021). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pada Perusahaan PT. Grahamedia Informasi. Journal of Information Systems and Informatics, 3(3). https://doi.org/10.51519/journalisi.v3i3.157.

Saadah, I. N., Hadi, S., Budiyanto, M. A. K., Rahardjanto, A., & Hudha, A. M. (2022). Development of articulate storyline learning media to improve biology learning outcomes for junior high school students. Research and Development in Education (RaDEn), 2(2), 51–56. https://doi.org/10.22219/raden.v2i2.23232.

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925.

Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43–57. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.04.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772.

Siahaan, K. W. A., Haloho, U. N., Raja Guk-guk, M. P. A., & Panjaitan, F. R. (2021). Implementation of Discovery Learning Methods to Improve Science Skills in Kindergarten B Children. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1332.

Sugiarto, C., Wahyudi, W., & Sahari, S. (2023). Development Of Interactive Multimedia Based On Articulate Storyline On Ethnic And Cultural Diversity Material In Indonesia Class Iv Sdn 1 Lengkong Nganjuk District. Jurnal Eduscience, 10(3). https://doi.org/10.36987/jes.v10i3.4746.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848.

Triyanto, J. R. (2023). Media Articulate Storyline Berbasis Nilai-Nilai Tradisi Rokat Phandaba pada Peserta Didik di SMAN 1 Grujugan Bondowoso. Indonesian Journal of History Education, 8(1), 45–60. https://doi.org/10.15294/ijhe.v8i1.66911.

Uge, A., Lukum, A., & Rumape, O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Demonstrasi ‎Terhadap Pemahaman Konsep Reduksi Oksidasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri ‎‎1 Suwawa. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(2). https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7181.

Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78.

Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99–110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624.

Wati, Y., & Sartiman. (2019). Discovery Learning: Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3981.

Wijaya, A. M., Arifin, I. F., & Badri, M. IL. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri Di Masa Pandemi Dalam Mata Pelajaran Sejarah. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.31537/sandhyakala.v2i2.562

Windiyani, T., Sofyan, D., Iasha, V., Elfrida, Y., & Siregar, Y. (2023). Utilization of Problem-based Learning and Discovery Learning : The Effect of Elementary School Students ’ Capacity for Problem-Solving Based on Self-Efficacy. Al-Islah: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1458–1470. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2481.

Yuliani, F., Tarmizi, P., & Herman. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.1.1-8.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Ni Made Dwi Septia Pradnyani, & Made Vina Arie Paramita. (2024). Media Berbasis Discovery Learning Menggunakan Articulate Storyline 3 Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Cahaya. Journal of Education Action Research, 8(2), 218–227. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77725

Issue

Section

Artikel