Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Muatan Matematika Materi Bangun Ruang

Authors

  • Ni Komang Ayu Nilawati Nila Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77915

Keywords:

Pop Up Book, Kontekstual, Matematika

Abstract

Hasil belajar matematika di Indonesia masih terbilang rendah. Rendahnya hasil belajar dikarenakan kurangnya kreativitas yang dilakukan oleh siswa dalam menyerap, mengatur, serta mengolah informasi dalam pembelajaran yang diberikan oleh guru, hal ini disebabakan karena kurang tepatnya pemilihan media dan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pop up book berbasis kontekstual muatan matematika materi bangun ruang pada siswa kelas II SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes objektif pilihan ganda serta kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah Rancang bangun media telah sesuai dengan tahapan pengembangan ADDIE, kelayakan media menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran Matematika sebesar 93,33% (Sangat Baik), uji ahli desain instruksional sebesar 95% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 90,83% (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,33% (Sangat Baik). Hasil uji efektivitas diperoleh H0 ditolak dan Ha diterima, nilai post-test siswa lebih besar dari KKTP. Disimpulkan bahwa media pop up book berbasis kontekstual efektif diterapkan pada muatan matematika materi bangun ruang pada siswa kelas II SD. Implikasi penelitian ini siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dan dapat memahami materi dengan bantuan berbagai media.

References

Adi Purna Wibawa, I. K., & Rati, N. W. (2023). Pop-Up Book Media Based on Pancasila Student Profiles to Support the Implementation of the Independent Curriculum. Mimbar Ilmu, 28(2), 283–290. https://doi.org/10.23887/mi.v28i2.62487.

Akhiraningrum, F. B. K. B. (2023). Powerpoint-Based Pop Up Book Media in Fifth Grade Historical Narrative Text Material in Elementary Schools. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3), 428–436. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i3.66868.

Aliah, J., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Media Pop-Up Book Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Muatan IPS Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.49656.

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258.

Asnanda, D., Aka, K. A., & Damariswara, R. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Mengidentifikasi Tokoh-tokoh Cerita Fiksi Secara Lisan Untuk Siswa Kelas IV SDN Lirboyo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4, 113–117. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.154.

Devi, P., & Bayu, G. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Dewi, N. R., Astuti, I., & Rahmani, F. A. (2022). Penerapan Desain Pembelajaran Addie E-Learning Materi Bahasa Inggris Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2774–2784. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3978.

Fajriah, A. A., Sadiah, H., & Setiabudi, D. I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.74.

Fitria, D. A. F. A., & Nurafni, N. (2021). Audio Visual Learning Media Based on Microsoft Powerpoint With Materials for Summary and Reduction of Class III Mathematics Courses. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 274–280. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37019.

Fitria, T. N. (2023). Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) Technology in Education: Media of Teaching and Learning: A Review. International Journal of Computer and Information System (IJCIS) Peer Reviewed-International Journal, 04(01), 2745–9659. https://doi.org/10.29040/ijcis.v4i1.102.

Fitriani, F., & Kowiyah. (2022). Mathematics Critical Thinking Skills for The Third Grade Elementary School Students on Fractions Material. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 463–468. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.48741.

Goestiani, N. M. R. D., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Pop-Up Book Media on Animal Life Cycle Topic. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.39541.

Harahap, F. R. H. (2023). Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Bahan Ajar. AFoSJ-LAS : All Fields of Science J-LAS Analisis, 3(1), 311–318. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i1.535.

Hari, N. P. K. (2020). Pengaruh Ketahanmalangan dan Regulasi Diri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 224. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26782.

Hariyanto, A. B., & Jannah, U. R. (2020). Revolusi Guru dalam Pembelajaran Abad 21. SIGMA, 77–84. https://doi.org/10.53712/sigma.v5i2.771.

Hayati, B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Konkrit Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Anjani Kecamatan Suralaga. Pendawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(1), 174–186.

Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59–66. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182.

Intan, D. N., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287.

Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441.

Kotto, M. A., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 24–27. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p24-27.

Lestari, F. D., & Sari, P. M. (2021). Media Pop-Up Book Berbasis Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) pada Daur Hidup Hewan. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 206. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38644.

Libriani, P. W., Suarjana, I. M., & Bayu, G. W. (2023). Quick Response Code-based Pop-Up Book Media: Plant Reproduction Systems Topic for Grade VI Elementary School. Journal of Education Technology, 7(2), 381–389. https://doi.org/10.23887/jet.v7i2.60917.

Lubis, A. N., & Dewi, I. (2023). Penerapan Problem-Based Learning Berbantuan Edmodo untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Medan T.A. 2022/2023. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 562–579. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2067.

Lumbantoruan, J. H. H. (2022). Impact of Unprepared Competence and Difficulty in Competence of Mathematics Teachers During Online Learning. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(4 (2022): October), 876–892. https://doi.org/At the undergraduate level, students are required to complete a thesis which is their final project, at the ministerial level they must complete a thesis and at the doctoral level they must complete a dissertation.

Muhdiyati, I., & Utami, I. I. S. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Komik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Persada, III(3), 176–181. https://doi.org/doi.org/10.37150/perseda.v6i3.2124.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Nurcahyono, A. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.

Nurtanto, M., Pardjono, P., Widarto, W., & Ramdani, S. D. (2020). The effect of STEM-EDP in professional learning on automotive engineering competence in vocational high school. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 633–649. https://doi.org/10.17478/JEGYS.645047.

OECD. (2019). The Programme for International Student. OECD Publishing.

Padliah, M., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kreativitas Dan Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 143. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1003.

Pertiwi, N. L. C., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Hubungan Antara Adversity Quotient (Aq) Dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(2), 73. https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21707.

Pitriani, N. R. V., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515–532. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417.

Prastiti, T. D., Mairing, J. P., & Dwikoranto, D. (2023). Tuweb (Web-Based Tutorial) with Scrapbooks and Videos to Improve Students’ Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 7(1), 103–114. https://doi.org/10.36312/esaintika.v7i1.829.

Putra, B. D., & Dahlan, S. S. (2022). Pengembangan Pelatihan Pertanian Berbasis Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Universitas Muslim Maros, 4(1). https://doi.org/10.46918/eboni.v4i1.1562.

Putra, I. G. D., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099.

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686.

Rafiq, A. A., Triyono, M. B., Djatmiko, I. W., Wardani, R., & Köhler, T. (2023). Mapping the Evolution of Computational Thinking in Education: A Bibliometrics Analysis of Scopus Database from 1987 to 2023. Informatics in Education, 00(00), 1–33. https://doi.org/10.15388/infedu.2023.29.

Rihlah, J., Rulyansah, A., Mardhotillah, R. R., Budiarti, R. P. N., & Al-Mufidah, A. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Training Desain Pembelajaran Inovatif di Masa Pandemi COVID-19. Indonesia Berdaya, 4(1), 95–100. https://doi.org/10.47679/ib.2023381.

Rizky, P. N., K, D. Y., & Wardana, L. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPAS Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Jati 1 Probolinggo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 1324–1338. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9549.

Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Ability: Journal of Education and …, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i1.385.

Sandilos, L. E., Baroody, A. E., Rimm-Kaufman, S. E., & Merritt, E. G. (2020). English learners’ achievement in mathematics and science: Examining the role of self-efficacy. Journal of School Psychology, 79(February 2020.), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2020.02.002.

Sari, T., & Crestiani, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang di SDN 54 Salupikung. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 127–135. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2496.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438.

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Semnas Ristek: Seminar Nasional Riset Dan Teknologi, 827–831. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v5i1.5072.

Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Triani, S. H. N., & Nuryanto, S. (2024). Pop-Up Book Learning Media Used with the Problem Based Learning Model to Determine Characters in Fictional Stories. MIMBAR PGSD Undiksha, 12(1), 130–140. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i1.72829.

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7.

Winingsi, K. R., Afriani, A., Rahmawati, E., & Ayu, N. N. (2023). Desain Model dan Media Pembelajaran PKN Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7140–7153. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6733.

Yanto, N., GH, M., & Zubair, S. (2023). The Effect of Pop Up Book Media in Science Learning: A Literature Review. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 214–220. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1772.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Nila, N. K. A. N., Gusti Ngurah Sastra Agustika, & I Wayan Wiarta. (2024). Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Muatan Matematika Materi Bangun Ruang. Journal of Education Action Research, 8(2), 262–272. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77915

Issue

Section

Artikel