Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.78463Keywords:
PBL, Powerpoint Interaktif, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam muatan pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu Look, Think, dan Act. Subjek penelitian kelas IV berjumah 16 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes evaluasi, wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar pada pra siklus dengan persentase 26,92% atau 7 siswa yang tuntas dan memperoleh rata-rata 48,5, kemudian meningkat pada siklus I dengan persentase 61,54% atau 16 siswa yang tuntas dan memperoleh rata-rata 70,38. Selanjutnya meningkat lagi pada siklus II dengan persentase 88,46% atau 23 siswa yang tuntas dan memperoleh rata-rata 85,57. Simpulan penelitian bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Implikasi dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika agar mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint interaktif sebagai salah satu alternatif dalam membatu proses pembelajaran.
References
Anggreni, N. L., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Muatan IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 214–224. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35715.
Farhan, M., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2021). Problem based learning on literacy mathematics: Experimental study in elementary school. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 118–128. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i1.1492.
Farhan, M., & Sudatha, I. G. W. (2024). Interactive Learning Multimedia Based on Indonesian Realistic Mathematics Education in Mathematics Subjects. Jurnal Edutech Undiksha, 11(2), 221–229. https://doi.org/10.23887/jeu.v11i2.63853.
Febriani, D. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2354–2359.
Fitria, D. A. F. A., & Nurafni, N. (2021). Audio Visual Learning Media Based on Microsoft Powerpoint With Materials for Summary and Reduction of Class III Mathematics Courses. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 274–280. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37019.
Fitriani, F., & Kowiyah. (2022). Mathematics Critical Thinking Skills for The Third Grade Elementary School Students on Fractions Material. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 463–468. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.48741.
Hagi, N. A., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325.
Islam, M. N., Sumarmi, S., Putra, A. K., Sugiyati, P., & Salsabilah, S. (2021). The Effect of Interactive Blended-Problem Based Learning Assisted Virtual Classroom on Critical Thinking Skills of Students of The Society Era 5.0. Jurnal Geografi Gea, 21(2), 135–146. https://doi.org/10.17509/gea.v21i2.38862.
Kudsiyah, S., & Harmanto. (2017). Pengembangan Multimedia Powerpoint Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan Nasional Kelas VIII D SMPN 1 Jabon. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1–15.
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.
Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961–973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973.
Novitasari, N. A., & Laili, A. M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas VIII. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 30–38. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.257.
Octaviani, S. W. (2021). Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis scientific approach pada pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Educational Technology Journal, 1(2), 66–77. https://doi.org/10.26740/etj.v1n2.p66-77.
Pratama, H. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Journal of Primary Education (JPE), 2(2), 76. https://doi.org/10.29300/jpe.v2i2.7728.
Purnamawati, P., Arfandi, A., & Nurfaeda, N. (2019). The level of use of information and communication technology at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27117.
Rafiq, A. A., Triyono, M. B., Djatmiko, I. W., Wardani, R., & Köhler, T. (2023). Mapping the Evolution of Computational Thinking in Education: A Bibliometrics Analysis of Scopus Database from 1987 to 2023. Informatics in Education, 00(00), 1–33. https://doi.org/10.15388/infedu.2023.29.
Ramandanti, S. K., & Supardi, K. I. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains Terhadap Pemahaman Konsep Materi Redoks. Chemistry in Education, 9(1), 16–22.
Ratnathatmaja, I. M., & Sujana, I. W. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 127–135. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.46605.
Rauf, I., Arifin, I. N., & Arif, R. M. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogika, 6(2), 163–183. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1354.
Sari, N. K. C. P. (2022). Powtoon Animation Video Based on Contextual Approach in Elementary School Mathematics Learning. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 308–317. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47337.
Schoevers, E. M., Leseman, P. P., Slot, E. M., Bakker, A., Keijzer, R., & Kroesbergen, E. H. (2019). Promoting pupils’ creative thinking in primary school mathematics: A case study. Thinking Skills and Creativity, 31, 323–334. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.02.003.
Setyawan, M. A. A., & Wibawa, I. M. C. (2023). Software GeoGebra: As an Assistance to the Guided Inquiry Model in Improving Students’ Numeracy Skills. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(3), 476–482. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i3.65782.
Sukarman, S., Rahayu, W., & El Hakim, L. (2021). The Effectiveness of Mathematics E-Modules with a Contextual Approach on Geometry Matters to Improving Students’ Learning Outcomes. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(2), 362–369. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.33530.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940 – 1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.
Suyanti, E. (2021). Improving Student Learning Outcomes Through Problem Based Learning Learning Models with The Help Of Interactive Powerpoint Media in Class III. SHEs: Conference Series, 3(4), 1529–1535.
Tang, T., Vezzani, V., & Eriksson, V. (2020). Developing critical thinking, collective creativity skills and problem solving through playful design jams. Thinking Skills and Creativity, 37(May 2020), 100696.1-24. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100696.
Tilova, S. N., Amini, R., Guru, P., Dasar, S., Ilmu, F., Universitas, P., & Padang, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Aplikasi Flip PDF Corporate Berbasis RADEC di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1110.
Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741.
Widyastuti, R., Usodo, B., & Riyadi. (2017). Proses Berpikir Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah- Langkah Polya. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1(3), 239–249.
Yandani, P. E., & Agustika, G. N. S. (2022). Implementation of Ethnomathematics in Mathematics Learning Videos for First Grade of Elementary School. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 326–336. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.47683.
Zebua, T. G. (2021). Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 68–76. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i1.1185.
Zubaidi, A. A., & Zuhri, M. S. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan PowerPoint Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Bugangan 03. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11874–11880.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agustina Retnaningtiyas, Herry Sanoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.