Pemahaman Konsep Pembagian dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Make a Math Berbantuan Media Kantong Bilangan

Authors

  • Ade Ayu Sri Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.78596

Keywords:

Berpikir Kritis, Make a Match, Pemahaman Konsep Pembagian

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep matematika dan kurangnya penggunaan kemampuan berpikir kritis menjadi hal yang mengakibatkan siswa kesulitan mengerjakan soal dalam bentuk cerita. Sehingga guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran make a macth berbantuan media kantong bilangan terhadap pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment). Populasi ini dietentukan dengan teknik random sampling yang memperoleh 100 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes objektif untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis siswa. Teknik analisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap pemahaman konsep pembagian. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap berpikir kritis. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media kantong bilangan, berpengaruh terhadap pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis siswa kelas III. Implikasi penelitian ini diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi dalam proses pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

References

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369.

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868.

Anggraini, H. I., Nurhayati, N., & Kusumaningrum, S. R. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Matematika Berbasis Hots dengan Metode Digital Game Based Learning (DGBL) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1885–1896. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i11.356.

Anika, & Fajar. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80–85. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047.

Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230.

Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 263. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684.

Asmara, D. V. M., Kuswandi, D., & As’ari, A. R. (2020). Pengembangan Media Kobaki pada Materi Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1839. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14358.

Aulia, Hafizha, Febrina, S. W. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Model Pembelajaran Problem BAsed Learning UNtuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis SIswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 22–32. https://doi.org/10.5281/zenodo.8224984.

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56.

Edita, A. O., Ardhi, M. W., & Hartuti, S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika Pada Kelas III SDN Pilangbango. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 2138–2148. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13601.

Fauhah, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9, 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334.

Fitriana, F., & Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 25. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3221.

Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 –1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124.

Jayadi, A. R. (2023). Meningnkatkan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Kelas 3 Melalui Permainan Loncat Katak. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 179–186. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7504.

Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353.

Juniari, I. G. A. O., & Putra, I. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Model DDD-E Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140–148. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33091.

Kurniawati, D. dan A. E. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 107–114. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114.

Legiowati, T., Widiatsih, A., & Fajarisman. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Memanfaatkan Autoplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema VIII Peristiwa Alam SD/MI. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(2). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i2.778.

Luh, N., Merta, P., Wibawa, I. M. C., Pgsd, J., & Ganesha, U. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19389.

Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Hubungan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan penggunaan media sosial terhadap capaian pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.29210/146600.

Ningtyas, N. P. D. R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 120. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967.

Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 500–510. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031.

Paramita, N. M. N. W., Dharsana, I. K., & Tegeh, I. M. (2020). Kolaborasi Teknik Picture and Picture dan Make A Match Bersetting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar. Mimbar Ilmu, 25(2), 240–250. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26006.

Pertiwi, I. N., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Qomariyah, S., & Suwatra, I. I. W. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Cerita Bergambar. Jurnal Edutech, 8(1), 59–71. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25195.

Radiusman. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.

Rahmasari, D., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Model Make A Match pada Topik Bangun Datar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, volume 6,(nomor 5,), hlm. 7815-7821. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3604

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(1), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01.

Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388–397. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425.

Sumini. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di SDN 001 Kempas Jaya. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1258 – 1264. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.9076.

Suryani, F., Melisa, & Delyana, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Creativity (CC) Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) Pada Pembelajaran Matematika Di SMPN 2 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Konstanta (JUrnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan ALam), 1(3), 102–108. https://doi.org/10.59581/konstanta.v1i3.986.

Susanti, E., Taufik, M., & Muhamma, T. hidayat. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo Vi Surabaya Melalui Model Jigsaw. Bioedisiana, 4(1). https://doi.org/10.34289/285232.

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make a Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542–5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363.

Wanti, N. I. (2022). Penerapan Model Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.51878/social.v2i1.1086.

Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura: Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993.

Yuliana, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. https://doi.org/10.33061/js.v3i1.3807.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Ade Ayu Sri Wulandari, I Kadek Suartama, & I Made Citra Wibawa. (2024). Pemahaman Konsep Pembagian dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Make a Math Berbantuan Media Kantong Bilangan. Journal of Education Action Research, 8(3), 495–503. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.78596