Pemahaman Konsep Pembagian dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Make a Math Berbantuan Media Kantong Bilangan
Kata Kunci:
Berpikir Kritis, Make a Match, Pemahaman Konsep PembagianAbstrak
Rendahnya pemahaman konsep matematika dan kurangnya penggunaan kemampuan berpikir kritis menjadi hal yang mengakibatkan siswa kesulitan mengerjakan soal dalam bentuk cerita. Sehingga guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis engaruh model pembelajaran make a macth berbantuan media kantong bilangan terhadap pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment). Populasi ini dietentukan dengan teknik random sampling yang memperoleh 100 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes objektif untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis siswa. Teknik analisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap pemahaman konsep pembagian. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap berpikir kritis. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media kantong bilangan, berpengaruh terhadap pemahaman konsep pembagian dan berpikir kritis siswa kelas III. Implikasi penelitian ini diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai refrensi dalam proses pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 ADE AYU SRI WULANDARI, , Dr. I Kadek Suartama, S.Pd., M.Pd, Dr. I Made Citra Wibawa, S.Pd., M.Pd.
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.