Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI) pada Materi Sistem Pernapasan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.81639Keywords:
Media Pembelajaran, E-Comic, Sistem Pernapasan Manusia, Artificial IntelligenceAbstract
Guru kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran digital sehingga berdampak pada kemampuan siswa dalam belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI) pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang pakar/ahli yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu 1 guru dan siswa. Uji coba kelompok kecil sejumlah 5 siswa dan uji coba kelompok besar sejumlah 30 peserta didik kelas V SD. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu validasi dari para ahli, e-comic ini memperoleh hasil 95% oleh ahli materi, dan 76,5% oleh ahli media, sehingga media pembelajaran dinyatakan sangat layak. Hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh 89 % dan Uji coba kelompok kelompok besar diperoleh 84% sehingga dinyatakan sangat layak. Disimpulkan bahwa Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI) layak digunakan dalam pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar.
References
Abdurrohim, M., Tryanasari, D., & Hartini. (2020). Pengembangan E-Comic Berbasis Wayang Materi Perubahan Bentuk Energi dan Sumber Energi Alternatif Untuk Kelas IV SD. Pancar (Pendidikan Anak Cerdas Pintar), 4(2), 53–65. https://doi.org/10.52802/pancar.v4i2.4.
Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model Media Pembelajaran E-Komik Untuk SMA. Jurnal Kwangsan, 6(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.66.
Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 41. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089.
Akbar, F., Sudargo, S., & Wulandari, D. (2020). Pengaruh Gaya Belajar, Waktu Pembelajaran dan Suasana Kelas Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 276–285. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i4.6123.
Albar, A. S., & Pramesti, S. L. D. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Pola Asuh Anak dalam Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMA Islam YMI Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 83–94. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3620.
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920.
Artha, R. S., Suryana, D., & Mayar, F. (2020). E-Comic: Media for Understanding Flood Disaster Mitigation in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 341–351. https://doi.org/10.21009/jpud.142.12.
Asnawi, Mulyahati, B., & Fransyaigu, R. (2023). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar “E-Komik” di Sekolah Dasar. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 407–412. https://doi.org/10.31004/CDJ.V4I2.12255.
Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894.
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529.
Azizul, A., Riski, W. Y., Fitriyani, D. I., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital Pada Mater Gerak. Vox Edokasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.31932/ve.v11i2.829.
Dewi, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. Journal of Education Technology, 3(3), 190. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745.
Elvira, & Delsiana. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 80–81. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261.
Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1–9. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.27149.
Fitriani, S. (2019). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 229–238. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011.
Heryandi, Y., & Nur`aini, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Mereduksi Miskonsepsi Matematika Siswa. Integral : Pendidikan Matematika, 13(1), 13–25. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3108.
Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i2.588.
Hobri, Adeliyanti, S., Fatekurrahman, M., Wijaya, H. T., Oktavianingtyas, E., Putri, I. W. S., & Ridlo, Z. R. (2021). E-Comic Mathematics Based on STEAM-CC and its Effect on Students Creative Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1839(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012036.
Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228.
Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2020). Integration of Social Care Characters and Moral Integratif on Social Science Lessons in Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 413–427. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.260.
Khotimah, N., Khotimah, N., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2021). Pengembangan E-comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1), 49–58. https://doi.org/10.24127/edunomia.v2i1.1630.
Kumala, F. N., Setiawan, D. A., & Shaleha, P. R. (2020). Contextual-Based Animal Encyclopedia: HOTS on Elementary School’s Students. 2nd International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE 2019) Contextual-Based, 417(Icesre 2019), 132–137. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200318.025.
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911.
Lin, P. H., Su, Y. N., & Huang, Y. M. (2019). Evaluating reading fluency behavior via reading rates of elementary school students reading e-books. Computers in Human Behavior, 100, 258–265. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.10.004.
Mahyuddin, N., & Isratati, Y. (2023). E-Comic Sosial Budaya Berbasis Pembelajaran Elemen Jati Diri untuk Pengembangan Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3395–3406. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4594.
Maulida, Y. N., Eka, K. I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521.
Megantari, K. A., Margunayasa, I. G., & Agustina, A. G. T. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Jurnal Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 140. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251.
Mulyani, S., Nurdina, R. A., & Mahardiani, L. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Literasi Digital pada Titrasi Asam Basa Menggunakan Media Percobaan Layar Titrasi. Jurnal Internasional Pedagogi dan Pendidikan Guru, 7(1), 22. https://doi.org/10.20961/ijpte.v0i0.72051.
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257–265. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140.
Nuraeni, Z. (2022). Planting Mathematics Concepts for Low Grade Elementary Schools through the Traditional Games. International Journal of Contemporary Studies in Education (IJ-CSE), 1(1), 37–46. https://doi.org/10.56855/ijcse.v1i1.117.
Nuroh, E. Z., & Frestiya Adiyawati, F. (2023). The influence of digital storytelling on story writing skills of class II elementary school students. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 357–369. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.18582.
Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028.
Pinatih, S. A. C., Putra, D. B. K., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335.
Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 3(1), 152–158. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628.
Roemintoyo, R., & Budiarto, M. K. (2021). Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. Journal of Education Technology, 5(1), 8. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32362.
Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, 9(2), 100–109. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213.
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123.
Santoso, G. (2021). The Philosophical Power of Civic Education 21st Century in Indonesia. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 4(1), 72–79. https://doi.org/10.29138/ijebd.v4i1.1220.
Setyaningsih, A., & Canda Sakti, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Pada Materi Kebijakan Moneter Dan Fiskal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ips 1 Man 1 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(1), 1–6. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n1.p1-6.
Siregar, N., Suherman, Rubhan Masykur, & Rahma Sari Ningtias. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 11–19. https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47.
Subali, B., Kumaidiac, Aminah, N. S., & Sumintono, B. (2019). Student achievement based on the use of scientific method in the natural science subject in elementary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 39–51. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16010.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan Pengembangan ( Research and Development/R&D) (Sofia Yustiyani Suryandari (red)). ALFABETA cv.
Suharsiwi, S., Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797.
Taufiq, M., Wijayanti, A., & Fajriah, E. (2020). The implementation of e-comic earth layer to enhance students’ self-directed learning. Journal of Physics: Conference Series, 1567, 022070. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/2/022070.
Udayani, N. K. Ar. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development Of E-Comic Learning Media On The Topic Of The Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732.
Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan komik digital toondoo dalam pembelajaran Bahasa inggris tingkat Sekolah menengah. Jurnal of social and tevhnologi for community service, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673.
Wijaya, S. N., Johari, A., & Wicaksana, E. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia pada Materi Sistem Peredaran Darah. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4, 67–78. https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2582.
Yantoro, Y., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Rivani, P. A. (2021). A Survey of Process Skills Mathematics Learning in Elementary School. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54(3), 467–474. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i3.37180.
Yolanda, S., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2022). The New Way Improve Learners’ Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline. Journal of Education Technology, 6(1), 173. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.41452.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yunitha Ike Christyowati Ike
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.