Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI) pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Authors

  • Yunitha Ike Christyowati Ike Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya, Indonesia
  • Rufi’i Universitas PGRI Adi Buana , Surabaya, Indonesia
  • Ujang Rohman Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Comic, Sistem Pernapasan Manusia, Artificial Intelligence

Abstract

Guru kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran digital sehingga berdampak pada kemampuan siswa dalam belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI)  pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang pakar/ahli yaitu ahli materi dan ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu 1 guru dan siswa. Uji coba kelompok kecil sejumlah 5 siswa dan uji coba kelompok besar sejumlah 30 peserta didik kelas V SD. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Teknik analisis data  menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu validasi dari para ahli, e-comic ini memperoleh hasil 95% oleh ahli materi, dan 76,5% oleh ahli media, sehingga media pembelajaran dinyatakan sangat layak. Hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh 89 % dan Uji coba kelompok kelompok besar diperoleh 84% sehingga dinyatakan sangat layak. Disimpulkan bahwa Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI) layak digunakan dalam pembelajaran siswa kelas V Sekolah Dasar.   

Published

2024-08-15

How to Cite

Ike, Y. . I. C., Rufi’i, & Ujang Rohman. (2024). Media Pembelajaran E-Comic Berbantuan Artificial Intelligence (AI) pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Journal of Education Action Research, 8(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/81639