Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Kreasi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.81909Keywords:
Ekstrakurikuler, Tari Kreasi, Kecerdasan InterpersonalAbstract
Kurangnya kegiatan kreatif di taman kanak-kanak mengakibatkan kecerdasan interpersonal anak masih rendah. Anak cenderung egosentris dan jarang melihat kejadian dari sudut pandang orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler seni tari kreasi terhadap kecerdasan interpersonal anak kelompok B. Jenis penelitian ini yakni eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 64 orang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Random Class Sampling. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelompok B1 berjumlah 18 anak, dan kelompok B2 berjumlah 24 anak. Dengan jumlah sampel yang diteliti berjumlah 42 anak. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil uji efektivitas menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan menari tari kreasi terhadap kecerdasan interpersonal anak kelompok B. disimpulkan bahwa kegiatan menari tari kreasi meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B. Implikasi penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran terkait pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat menigkatkan kecerdasan interpersonal anak.
References
Afandi, A. (2021). Peran ekstra drumband dalam mengembangakan bakat dan minat anak TK/PAUD. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(4), 176–180. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i4.26.
Alam, S. K., Wulansuci, G., & Rohmalina, R. (2019). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Guru Pendidikan Anak Usia Dini melalui Penyuluhan Program Parenting. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 260–265. https://doi.org/10.23887/paud.v7i3.21945.
Anggraemi, M., & Manggau, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Kinestetik Melalui Tari Kreasi Tk Tunas Harapan Batang Kec. Bontotiro Kab. Bulukumba. Jurnal Tematik, 6(1), 34–41.
Arrasyd, H., Amri, K., & Safitri, U. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal. Implementation of Islamic Counseling, 1(2), 60–70. https://doi.org/10.57081/iic.v1i2.48.
Damayanti, kadek ayu, Ni Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2023). Kegiatan Seni Tari Kreasi Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1), 140–147. https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63471.
Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui model pembelajaran role playing berbantuan media audio visual. Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26388.
Dinata, I. K. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Menari Kreatif PAUD Bintang Besar. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.51878/edukids.v1i1.374.
Dini, J. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109.
Hasibuan, I. S., Jannah, M., Hasibuan, Q., Aminiar, W., & Anggraini, S. (2024). Upaya Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Dengan Metode Permainan Bola Berpasangan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2253–2263. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.7775.
Jayanti, Y. D. (2020). Tari Kreatif Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(2), 227–238. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i2.7433
Kamilia, Y. (2023). Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal Siswa Usia Dini. CERDAS-Jurnal Pendidikan, 2(2), 30–39. https://doi.org/10.58794/cerdas.v2i2.144.
Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305. https://doi.org/10.22373/jm.v11i2.8709.
Marjuk, Y., Lahati, S. H., & Mursito, H. (2021). Simulasi Rasa Percaya Diri Dengan Kegiatan Tarian Saronde Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1188–1193. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1384.
Maulidah, N., & Santoso, A. (2012). Permainan konstruktif untuk meningkatkan kemampuan multiple intelligence (visual-spasial dan interpersonal). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 27–47. https://doi.org/10.29080/jbki.2012.2.1.27-47.
Millah, N. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/ijee.v1i1.5923.
Nirmala, B., Gading, I. K., & Dwiarwati, K. A. (2021). Pengembangan Skala Kecerdasan Interpersonal Remaja Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 6(1), 72–79. https://doi.org/10.23887/jurnal_bk.v6i1.575.
Novia, A. P., & Mahyuddin, N. (2020). Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1247–1255. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.591.
Nurfadilah, H., Rahman, T., & Sumardi, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Tunas Warga Ii Tirtawangunan. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 5(2), 159–167. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i2.40495.
Nurhayati, S., & Kuswandi, D. (2023). Ekstrakurikuler Tari Kreasi Baru untuk Menumbuhkan Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Interpersonal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7308–7320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682
Parker, J. D., Summerfeldt, L. J., Walmsley, C., O’Byrne, R., Dave, H. P., & Crane, A. G. (2021). Trait emotional intelligence and interpersonal relationships: Results from a 15-year longitudinal study. Personality and Individual Differences, 169, 110013. https://doi.org/10.1016/j.paid.2020.110013.
Prawesti, L. N. I. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menari Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kreasi “Yamko Rambe Yamko” Di Kelompok B Paud An-Nazwa Kecamatan Cikeusal. Journal of Earlychildhood Education, 1(2), 64–70.
Purnamasari, T. A., & Permanasari, A. T. (2019). Implementasi Pembelajaran Tari dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Sanggar Raksa Budaya Kota Serang-Banten). JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 4(1). https://doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6844.
Putri, D. A., & Desyandri, D. (2019). Seni Tari Dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 185–190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.51.
Rahmadhani, N., Novianti, R., & Hukmi, H. (2019). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecerdasan Interpersonal Guru TK Se-Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1562–1570. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.402.
Rusman, M., & Millah, N. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of Elementary Education, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/ijee.v1i1.5923
Saraswati, P. I., & Putra, M. (2020). Kontribusi Kecerdasan Interpersonal dan Sikap Ingin Tahu Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiskha, 8(1), 89–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24582.
Seni, P., & Kendari, A. K. (2019). Pembelajaran Seni & Budaya. Pembelajaran Seni Dan Budaya, 4(2), 70–77.
Setyawati, A., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Analisis Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Tari “Manuk Dadali”: Systematic Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 40–44.
Ulfa, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak di KB Amal Insani Yogyakarta. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 51–62. https://doi.org/10.51529/ijiece.v5i1.186.
Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02
Widayanti, A. M., Hilyana, F. S., & Ulya, H. (2023). Kecerdasan Interpersonal Siswa Yang Sering Berinteraksi Ditinjau Dari Hasil Belajar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 104–112. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.363.
Wigaringtyas, A. A., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Tari Dongklak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 312–322. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3706.
Wulan, N., Wakhyudin, H., & Rahmawati, I. (2019). Ekstrakurikuler seni tari dalam membentuk nilai karakter bersahabat siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17926.
Yb, D. F., & Prastiawan, I. (2019). Rangsang Imitatif Dan Hubungannya Dengan Kecerdasan Kinestetik Dalam Pembelajaran Tari Pada Anak Usia Dini Di Tk Hikmatul Fadhillah Kecamatan Medan Denai. Gesture, 2301, 5799.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ketut Sri Widiastuti, Dewa Gede Firstia Wirabrata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.