Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Kreasi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Ketut Sri Widiastuti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Dewa Ayu Puteri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Ekstrakurikuler, Tari Kreasi, Kecerdasan Interpersonal

Abstract

Kurangnya kegiatan kreatif di taman kanak-kanak mengakibatkan kecerdasan interpersonal anak masih rendah. Anak cenderung egosentris dan jarang melihat kejadian dari sudut pandang orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kegiatan ekstrakurikuler seni tari kreasi terhadap kecerdasan interpersonal anak kelompok B. Jenis penelitian ini yakni eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berjumlah 64 orang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Random Class Sampling. Sampel dari penelitian ini terdiri dari kelompok B1 berjumlah 18 anak, dan kelompok B2 berjumlah 24 anak. Dengan jumlah sampel yang diteliti berjumlah 42 anak. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil uji efektivitas menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan menari tari kreasi terhadap kecerdasan interpersonal anak kelompok B. disimpulkan bahwa kegiatan menari tari kreasi meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B. Implikasi penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran terkait pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dapat menigkatkan kecerdasan interpersonal anak.

Published

2024-08-15

How to Cite

Ketut Sri Widiastuti, & Dewa Ayu Puteri Handayani. (2024). Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Kreasi Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Journal of Education Action Research, 8(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/81909