Media E-Komik Berbasis Auditory Intellectually Repetition pada Muatan Ipas Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV

Authors

  • Aprilia Kristina Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.82788

Keywords:

Pengembangan, Media E-Komik, Auditory Intellectually Repetition (AIR)

Abstract

Kurangnya penerapan media pembelajaran yang inovatif tersebut mempengaruhi proses pembelajaran sehingga berdampak pada pemahaman konsep belajar siswa khususnya dalam muatan pembelajaran Ilmu pengetahuan alam dan sosial cenderung menurun. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun produk media E-Komik serta menganalisis kelayakan dan efektivitas media pembelajaran E-Komik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu 28 siswa. Metode dan Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Berdasarkan uji efektivitas memperoleh hasil thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan (5%) dari hasil post-test siswa pada kompetensi pengetahuan IPAS sesudah menggunakan bahan ajar media E-Komik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media E-Komik efektif diterapkan pada pelajaran IPAS materi tubuh tumbuhan kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi pemanfaatan media E-Komik sebagai media pembelajaran berbasis teknologi ditunjang oleh sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti akses internet (WiFi), Smartphone/Laptop, LDC/Proyektor, serta keterampilan guru maupun siswa untuk mengakses media pembelajaran E-Komik.

References

Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2021). Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida. (2018). Pengaruh Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905.

Artha, R. S., Suryana, D., & Mayar, F. (2020). E-Comic: Media for Understanding Flood Disaster Mitigation in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 341–351. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.12.

Asih, N. P. A. G., & Ganing, N. N. (2020). Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(3), 411–421. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.26213.

Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Dasi, N. L. K. D., & Putra, D. B. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK, 4(3), 354–362. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4311.

Filivani, P. N., & Agung, A. A. G. (2021). Developing E-Book Contained Character Values in PPKn Lesson Content Grade V Elementary School. Journal of Education Technology, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32047.

Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959.

Huda, T. A. (2021). Pengembangan E-Komik Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Gaya Untuk Siswa Sd Kelas Iv. Wawasan Pendidikan, 1(2), 339–348. https://doi.org/10.26877/wp.v1i2.9549.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains. Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112.

Kasih, P. P., Muhaimin, M., & Hariyadi, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-komik IPA Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa kelas VIII SMP. Biodik, 8(1), 159–166. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17593.

Krisna, D., Gunarhadi, G., & Winarno, W. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2), 337–343. https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337.

Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.

Kusuma Putra, G. L. A., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v1i1.1.

Manurung, S. R., & Panggabean, D. D. (2020). Improving Students’ Thinking Ability in Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205.

Martipa. (2022). Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis AIR (Auditory Intellectualy Repitition) Pada Materi Sistem Gerak Manusia Dikelas XI MIPA SMA Negeri 1 Palopo. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1). https://e-journal.my.id/biogenerasip.

Maulana, Y., & Tarjiah Indina, S. O. (2018). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 124–132. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/660.

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814.

Nurjannah, N., Djabba, R., & Aulia, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kabupaten Pinrang. Nubin Smart Journal, 2(2), 43–50. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/42.

Pamungkas, D., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sd. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(6). https://doi.org/10.33578/Pjr.V3i6.7904.

Paramita.A, N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499.

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/.

Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Kelas IV. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60–70. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3741.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213.

Sugiyono. (2019). R&D Dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100–5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Yunita, V. (2023). Penggunaan Model Auditory Intellectually Repetition (Air) Didukung Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SDN 2 Wates Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9090.

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 3(2), 251–258. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10544.

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Kristina, A., Ni Wayan Suniasih, & Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2024). Media E-Komik Berbasis Auditory Intellectually Repetition pada Muatan Ipas Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV. Journal of Education Action Research, 8(3), 375–386. https://doi.org/10.23887/jear.v8i3.82788