Media E-Komik Berbasis Auditory Intellectually Repetition Pada Muatan IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV

Penulis

  • Aprilia Kristina Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Kata Kunci:

Pengembangan, Media E-Komik, Auditory Intellectually Repetition (AIR)

Abstrak

Kurangnya penerapan media pembelajaran yang inovatif tersebut mempengaruhi proses pembelajaran sehingga berdampak pada pemahaman konsep belajar siswa khususnya dalam muatan pembelajaran Ilmu pengetahuan alam dan sosial cenderung menurun. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun produk media E-Komik serta menganalisis kelayakan dan efektivitas media pembelajaran E-Komik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang terlibat dalam penelitian yaitu 28 siswa. Metode dan Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Berdasarkan uji efektivitas memperoleh hasil thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan (5%) dari hasil post-test siswa pada kompetensi pengetahuan IPAS sesudah menggunakan bahan ajar media E-Komik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media E-Komik efektif diterapkan pada pelajaran IPAS materi tubuh tumbuhan kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi pemanfaatan media E-Komik sebagai media pembelajaran berbasis teknologi ditunjang oleh sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti akses internet (WiFi), Smartphone/Laptop, LDC/Proyektor, serta keterampilan guru maupun siswa untuk mengakses media pembelajaran E-Komik.

Diterbitkan

2024-08-15

Cara Mengutip

Kristina, A., Ni Wayan Suniasih, & Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2024). Media E-Komik Berbasis Auditory Intellectually Repetition Pada Muatan IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan Siswa Kelas IV . Journal of Education Action Reseach, 8(3). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/82788

Terbitan

Bagian

Artikel