Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan

Authors

  • Ida Bagus Made Eka Yoni Adnyana Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12046

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, (2) menemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat didasarkan pada penerapan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dibuat dalam bentuk penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus.  Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I semester II di  SD Negeri 4 Takmung-Klungkung  tahun ajaran 2010/2011(sebanyak 23 orang). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes tindakan.Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dan kartu huruf sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 73,91%,hal ini menunjukan keterampilan membaca siswa masih tergolong cukup karena 27% dari jumlah siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai yang ditentukan. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari 23 siswa, 19 siswa atau 82,60%dari jumlah siswa telah mencapai ketuntasan belajar, sehingga target yang ditentukan tercapai.

 

References

Abdurrahman, Mulyono. 2000. Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arini, Ni Wayan, dkk. 2006. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Berbasis Kompotensi. Singaraja. Tim Penyusun.(tidak diterbitkan).

Artika, Made Oktha.2003. Meningkatkan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Kartu Kata dan Media Gambar pada Anak Kelas II Sekolah Dasar Negeri Subuk, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2003/2004.Skripsi (tidak diterbitkan).

Basir. 1998. Persiapan Membaca Menulis Permulaan. Klaten : PT. Intan Pariwara.

Bukian, Ardana. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pempatan, Menanga, Karangasem.Skripsi (tidak diterbitkan).

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidkan Nasional. 2006. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Bidang Seni di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Fisik/Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Elisabeth B. Hurlock. (1999). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Kurnia, Rita. 2009. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

______. 2009. Metode Pengembangan matematika Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

______. 2010. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Momo. 1979. Pengguanaan metode SAS Dalam Pengajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdikbud.

Musthafa, Fahim. (2005). Agar Anak Anda Gemar Membaca. Bandung: Hikmah Kelompok Mizan.

Nasution. 1972. Diktaktik Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar . Jakarta : Depdikbud.

Oka. 1983. Mengatur membaca dan penerapannya. Surabaya : Usaha Nasional

Sadiman, Arief S. 1990. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud & CV Rajawali.

Sadiman, Arief S. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Soedjono. A. 1993. Metodik Kusus Bahasa Indonesia.Bandung : Bina Aksara.

Suarni. 1996. Perkembangan Anak Sejak Dini. Tesis Singaraja : SPKN.

Suartiari, Niti. 2007. Penerapan Permainan Kartu Kata Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD No.3 Canggu-Badung.Skripsi (tidak diterbitkan).

Suendra Nyoman. 1993. Strategi mengajar Membaca Permulan Murid-murid Kelas I Sekolah Dasar. Malang : tesis IKIP malang.

Sujana, Nana. Media Pendidikan .Bandung : Alumni Bandung.

Tabrani Rusyan. 1993. Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru

Tampubolon, D.P. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Penerbit Angkasa.

Tarigan, Djago dkk. 1990. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indonesia I. Jakarta : P2LPTK PT Dekdikbud.

Downloads

Published

2017-10-16

How to Cite

Adnyana Putra, I. B. M. E. Y. (2017). Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Journal of Education Action Research, 1(2), 133–147. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12046