PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA VISUAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23969Keywords:
aktivitas dan hasil belajar, model talking stick, media visualAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi Globalisasi melalui model pembelajaran Talking Stick dengan Media Visual pada siswa kelas IV SD 2 Kaliwungu Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik non tes berupa pengamatan terhadap aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 20,63 atau sebesar 72,63% (cukup), meningkat menjadi 24,9 atau sebesar 88,5% (sangat baik) pada siklus II. Hasil belajar pada pratindakan diperoleh nilai rata-rata 66,50 ketuntasan klasikal 45%, sedangkan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 76,25 dengan ketuntasan klasikal 70%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 81,75 dengan ketuntasan klasikal 90%, mengalami peningkatan sebesar 20% dari siklus I dan 35% dari pratindakan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dengan Media Visual terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD 2 Kaliwungu Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Djamarah, Saiful Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning Metode Teknik Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup