Dampak Penerapan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.68961Keywords:
Pengaruh, Ice Breaking, Motivasi BelajarAbstract
Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan Indonesia. Motivasi adalah proses usaha yang dilakukan oleh individu yang mendapatkan perubahan perilaku baru secara keseluruhan sebagai akibat dari pengalamannya pada waktu berinteraksi pada lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang dignakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu variable X ice breaking dan variable Y motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwasa nilai signifkansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung= 12,653 > ttabel 2,064. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V sekolah dasar.
References
Adetya, Sakman, & Saefulloh, A. (2021). Bentuk Pelaksanaan Ice Breaking Jenis Storytelling Yang Dilakukan Oleh Guru Dalam Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas Viii Di Smp Kristen Palangka Raya. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.577-588.2021. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.577-588.2021
Apriyani, L., Rabani, L., & M, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi Melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4r) Siswa Kelas Vb Sdn 4 Ranomeeto. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 18. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13694. DOI: https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13694
Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 263. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684
Asriningsih, N. W. N., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Mimbar Ilmu, 26(2), 251. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36202
Astawa, I. B. M. (2022). Peningkatan Spatial Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi melalui Metode Demonstrasi Berpendekatan Kontekstual. Journal of Education Action Research, 6(2), 242–251. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45526
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Desmidar, Ritonga, M., & Halim, S. (2021). Efektivitas ice breaking dalam mengurangi kejenuhan peserta didik mempelajari Bahasa Arab. Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(2). https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.41941. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.41941
Duheriani, D., Hera, T., & Rizhardi, R. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran SBdP Di SD Negeri 23 Palembang. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 391–398. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.656.
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.
Handayani, Eka Selvi, & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Harianja, M. M., & Sapri. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298
Holiyani, H. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dengan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas Vi Sd Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243. DOI: https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243
Ilham, & Supriaman. (2021). Pengaruh Metode Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas V Sd Negeri 26 Dompu. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 60–70. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i2.721. DOI: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i2.721
In’Ratnasari, K., Sholihah, M., & W, D. M. . A. P. (2023). Pengaruh Penggunaan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 65–75. https://doi.org/10.36835/au.v5i01.1357.
Muna, K. N., & Wardhana, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Model Addie pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Perkenalan Diri dan Keluarga Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 175–183. https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183 DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v5n2.p175-183
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Pratiwi, D. D., & Deni, A. S. (2022). Dampak Awareness Training Berbantu Ice Breaking dan Gaya Kognitif pada Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4955 DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4955
Putri Deapalupi, A., & Susanto, E. (2021). Kesesuaian Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan SD/MI. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(1), 16–24. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i1.2604 DOI: https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i1.2604
Resti, K. Y., & Alizamar. (2019). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bayang Pesisir Selatan. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.43 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.43
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140 DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.938
Selvia, M. (2021). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tema 8 Sub Tema 2 Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD), 10(2), 122–132. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1119. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.1119
Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16–22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260 DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260
Sugito. (2021). Pengenalan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 3(2). https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1717 DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1717
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758 DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Titi Pujiarti. (2022). Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.113 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.113
Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 60. https://doi.org/10.24036/108264-019883 DOI: https://doi.org/10.24036/108264-019883
Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2). DOI: https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v8i2.36154
Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333 DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333
Zuhariyah, Z., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ii Di Sd Negeri Pusakajaya Utara I Kabupaten Karawang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5222 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5222
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ratih Yuana Sari, Riris Nurkholidah Rambe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.