Interpretasi Karakteristik Siswa untuk Elaborasi Penggunaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.70838

Keywords:

Karakteristik Siswa, Pemahaman, TPACK

Abstract

Isu ketakutan dan kecemasan siswa terhadap proses pembelajaran menjadi bukti bahwa pembelajaran di sekolah dasar belum sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa. Selain itu masih banyak guru yang kesulitan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang tepat. Proses pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar akan berdampak pada kualitas pencapaian tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis interpretasi karakteristik siswa untuk elaborasi penggunaan technological pedagogical content knowledge (TPACK). Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 37 siswa. Metode yang diguankan dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan observasi kelas, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu angket. Metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu 85.75% pada aspek yang berhubungan dengan teknologi, sedangkan aspek lainnya kurang dari 50% siswa. Aspek yang berhubungan teknologi inilah yang menjadi poin utama guru dalam menciptakan strategi pembelajaran. Disimpulkan bahwa diperlukan Penggunaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam pembelajaran yang searah dengan konsep kurikulum merdeka. Implikasi penelitian ini yaitu pentingnya memahami perilaku dan karakteristik siswa sebagai unsur mendasar dalam mengembangkan strategi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.

References

Agustini, D., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). School’S Strategy for Teacher’S Professionalism Through Digital Literacy in the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Educational Review, 2(2), 160–173. https://doi.org/10.33369/ijer.v2i2.10967.

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/FONDATIA.V4I1.467.

Apsari, N. L. S., & Wiarta, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Percobaan Sederhana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24333.

Arikunto, S. (2015). Dasar - dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Bumi Aksara.

Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa KElas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160.

Astawa, I. W. W., Putra, M., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pembelajaran PPKN dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 199–210. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677.

Astuti, E. P., & Supriyono, S. (2020). Karakteristik Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 49–60. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6492.

Batiibwe, M. S. K., & Bakkabulindi, F. E. K. (2016). Technological pedagogical content knowledge ( TPACK ) as a theory on factors of the use of ict in pedagogy : A review of literature. International Journal of Education and Research, 4(11), 123–138.

Brandmiller, C., Dumont, H., & Becker, M. (2020). Teacher Perceptions of Learning Motivation and Classroom Behavior: The Role of Student Characteristics. Contemporary Educational Psychology, 63, 101893. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101893.

Dong, Y., Xu, C., Chai, C. S., & Zhai, X. (2020). Exploring the Structural Relationship Among Teachers’ Technostress, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Computer Self-efficacy and School Support. Asia-Pacific Education Researcher, 29(2), 147–157. https://doi.org/10.1007/s40299-019-00461-5.

Fadillah, S., Fauzi, K. M. A., & Yus, A. (2020). The Effect of Problem Based Learning Model on Students Mathematic Representation Ability and Student Adversity Quotient at SD Islam Setia Nurul Azmi Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1456–1467. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1214.

Farikah, F., & Al Firdaus, M. M. (2020). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK): The students’ perspective on writing class. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 190–199. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.303.

Fauzi, F. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 95–105. https://doi.org/10.21009/pip.322.2.

Hanifah, R., Noornia, A., & Sampoerno, P. D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Dalam Membangun Pemahaman Relasional Siswa Melalui Pendekatan Pmri Materi Relasi Fungsi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103. https://doi.org/10.31000/prima.v3i2.950.

Hanik, E. U., Puspitasari, D., Safitri, E., Firdaus, H. R., Pratiwi, M., & Inayah, R. N. (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15–27. https://doi.org/10.55868/jeid.v2i1.97.

Hasgimianti, Putri, R. D., & Rahima, R. (2018). Motivasi Belajar Siswa yang Berlatar Belakang Budaya Melayu dan Jawa. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1). https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4948.

Hasyim, M., & Eldiana, N. F. (2020). Eksperimentasi model PBL dan PjBL berbasis schoology terhadap pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika). https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1751.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 138. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25258.

Kuala, S. (2020). Implementation of Technology-based Guided Inquiry to Improve TPACK among Prospective Biology Teachers. International Journal of Instruction, 13(2), 33–44. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1323a.

Kumala, F. N., Ghufron, A., & Pujiastuti, P. (2022). Elementary School Teachers’ TPACK Profile in Science Teaching Based on Demographic Factors. International Journal of Instruction, 15(4), 77–100. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1545a.

Maknun, J. (2022). The technological pedagogical content knowledge (TPACK) competence of vocational high school teacher. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 28(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/jptk.v28i1.42624.

Mamahit, J. A., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1284. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14034.

Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.

Muhammad, Sholichah, & Aziz. (2019). Pengaruh Budaya Membaca Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat Tahun 2019. Anragogi, 1(2), 332–343. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i2.61.

Nazari, N., Nafissi, Z., Estaji, M., Marandi, S. S., Nazari, N., Nafissi, Z., Estaji, M., Marandi, S. S., Nazari, N., Nafissi, Z., Estaji, M., & Marandi, S. S. (2019). Evaluating novice and experienced EFL teachers ’ perceived TPACK for their professional development Evaluating novice and experienced EFL teachers ’ perceived TPACK for their professional development. Cogent Education, 6(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1632010.

Pertiwi, D. P., Kumala, F. N., & Iswahyudi, D. (2021). Analisis Kemampuan Teknologi Guru Sd. Rainstek Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(3), 241–246. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6038.

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 524–532.

Pratiwi, V. D., & Wuryandani, W. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) Models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civic Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(3), 401. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i3.21565.

Riri, Z., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851.

Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182.

Rochaendi, E., Wahyudi, A., & Perdana, R. (2021). Kompetensi Teknologi, Pedagogi, dan Konten Guru SD Negeri dan Swasta di Kota Cimahi, Jawa Barat. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2222.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829.

Salsabila, N. L., Patras, Y. E., & Lathifah, S. S. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 1653–1663. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.825.

Santos, J. M., & Castro, R. D. R. (2021). Technological Pedagogical content knowledge ( TPACK ) in action : Application of learning in the classroom by pre-service teachers ( PST ). Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100110.

Santra, Putu, Citra Wibawa, I. M., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 307–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975.

Selivanova, O. G., Gromova, C. R., & Mashkin, N. A. (2018). Improving student motivation for learning the second foreign language. XLinguae, 11(1), 218–229. https://doi.org/10.18355/XL.2018.11.01.18.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Setyowati, H. I., & Sugirin, S. (2020). Developing reading materials based on the student’s multiple intelligence types for Junior High School students. Celt: A Journal of Culture, English Language Teaching & Literature, 19(2), 244. https://doi.org/10.24167/celt.v20i1.2066.

Sugiyono. (2015). Metode penelitan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sultan, M. A., & Irawan, D. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 211. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i3.14912.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017.

Surayya, S. A., & Asrobi, M. (2020). Tracing Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) on Practical EFL Teachers in Writing Context. VELES Voices of English Language Education Society, 4(2), 177–190. https://doi.org/10.29408/veles.v4i2.2417.

Tri, R. (2019). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran. Jurnal Misbahul Umum, 2(1), 2745–9128.

Widada, W., Herawaty, D., Ma’rifah, N., Aida, Serlis, Yunita, D., & Sarwoedi. (2019). Characteristics of Students Thinking in Understanding Geometry in Learning Ethnomathematics. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(11), 3496–3505.

Yanthi, N., Yuliariatiningsih, M. S., Hidayah, N., & Sari, M. P. (2020). Pemanfaatan Limbah Bahan Tekstil Menjadi Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 26. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.363.

Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 47–59. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60.

Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.110.

Zulfana, F., Purwadi, & Mudzanatun. (2020). Pengaruh Model Nht Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd N 02 Ujung Pandan Jepara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i1.474

Downloads

Published

2024-04-03

How to Cite

Lailatul Jannah, N., & Yanuarita Sutikno, P. . (2024). Interpretasi Karakteristik Siswa untuk Elaborasi Penggunaan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Journal of Education Action Research, 8(1), 63–71. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.70838