PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBASIS MEDIA FLASHCARD

Penulis

  • Ismayanti Ismayanti SD Nganguk Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23967

Kata Kunci:

Aktivitas, Hasil Belajar, Model Time Token, Media Flashcard

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik melalui model pembelajaran Time Token Berbasis Media Flashcard pada siswa kelas IV SD Nganguk semester II tahun pelajaran  2016/2017. Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan dan begitu juga siklus II dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 17,61 atau sebesar 73,38% (sedang), siklus II meningkat menjadi 21,45 atau sebesar 89,35% (sangat tinggi). Pada akhir tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 73,61 atau sebesar 72,22% mengalami peningkatan 16,66% dari kondisi awal. Nilai rata-rata siklus II diperoleh 82,22 atau sebesar 83,33% ketuntasan belajar sehingga mengalami peningkatan sebesar 11,11% dari siklus I. disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran time token berbasis media flashcard dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SD Nganguk Kudus.

Referensi

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mujiono. 2010. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Sardiman.2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto.2012. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yulianti, Rani. 2012. Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Niaga Swadaya

Diterbitkan

2020-03-06

Cara Mengutip

Ismayanti, I. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBASIS MEDIA FLASHCARD. Journal of Education Action Reseach, 4(1), 95–102. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23967

Terbitan

Bagian

Artikel