UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK

Authors

  • I Made Arka SMP Negeri 1 Blahbatuh

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25019

Keywords:

Model Pembelajaran Pair Check, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Siswa yang berlajar di Kelas IX A, pada semester I, tahun pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 1 Blahbatuh, dijadikan objek penelitian yang bertujuan untuk mencapai peningkatan prestasi belajar. Data yang diupayakan untuk diperoleh dikumpulkan dengan tets hasil belajar. Setelah diperoleh data, lalu dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah pelaksanaan tindakan, data yang penulis dapatkan menunjukkan peningkatan yang baik, dari awalnya baru mencapai rata-rata 67,82, padasiklus I meningkat menjadi 73,46 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,12. Dengan perolehan peningkatan hasil tersebut dapat disampaikan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran  Pair Check dapat meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Blahbatuh Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

References

Amri, Sofan. 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan SMP dan Menengah. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Charuer, Kathy, dkk. 2005. Permainan Berbasis Sentra Pembelajaran. Beltsuillee, MD 20705: Translation Copyright 2005 by Penerbit Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Depdiknas, 2003c. Sistem Penilaian Kelas SMP, SMP, SMA dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik

.

Depdiknas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hartinah DS, Haji Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniawan, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa SD. Jurnal Pedagogi Volume 6 Nomor 6.

Pratiwi, Yuniar Ayu. 2018. Peningkatan Hasil Belajar PKN Pada Pokok Bahasan Kebebasab Berorganisasi Melalui Model Pair Checks. Jurnal Ibtida’i Volume 5 No. 01.

Saat, Sulaiman . 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember.

Thahir, Andi. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang . Jurnal Bimbingan dan Konseling 01 (2) (2014).

Wijayanti, Takdir Sukmo . 2014. Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Group Investigation Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 1 Polanharjo Klaten . Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 1, November 2014.

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Arka, I. M. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK. Journal of Education Action Research, 4(2), 212–218. https://doi.org/10.23887/jear.v4i2.25019

Issue

Section

Artikel