Video Edukasi Gamelan Bali Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa Kelas V SD

Penulis

  • Kadek Dwi Juntara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.77120

Kata Kunci:

Gamelan Bali, Literasi Budaya, Pengembangan, Media, Video Pembelajaran

Abstrak

Studi ini didorong oleh rendahnya kemampuan literasi budaya siswa di Sekolah Dasar, serta penggunaan media pembelajaran yang belum optimal saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah prototype media video edukasi gamelan bali. Selain itu, penelitian ini juga mencakup analisis validitas isi media dan evaluasi respon siswa terhadap media tersebut, dan penilaian. Penelitian ini mengadopsi model ADDIE dengan subejek penelitian yaitu media interaktif berbasis video pembelajaran gamelan Bali, sedangkan fokus penelitian adalah validitas kontennya dan tanggapan pengguna. Teknik perolehan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan angket. Instrumen yang dipakai meliputi panduan observasi, lembar penilaian, panduan wawancara, dan kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif video gamelan bali ini sangat praktis digunakan dengan diperoleh indeks validitas sebesar 0,9 yang menunjukkan tingkat validitas konten video edukasi gamelan bali tinggi, respons guru terhadap media video edukasi gamelan bali tersebut mencapai 98% yang dinilai sangat baik, dan diperoleh respons siswa mencapai 95%, yang juga dinilai sebagai sangat baik. Dengan perolehan tersebut maka video edukasi gamelan ini sangat praktis digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya di sekolah dasar.

Referensi

Agung, R., Soetopo, D., Keguruan, F., & Banyuwangi, U. P. (2020). Budaya Kesurupan Seni Tradisi Jaranan di Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Budaya dan Sejarah, 1(2), 15–24. https://doi.org/10.31227/osf.io/tqhya.

Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317.

Aini, H. Q., & Tresnawati, D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Algoritma, 16(1), 51–57.

Alianti, Cahya, G., Kurniawan, & Mozes. (2023). Gesturvocaris: Model Pembelajaran Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Metode Total Physical Response Bagi Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8256–8263. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3089.

Andriawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Praktik Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton Di SMKN 2 Pengasih. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3, 25.

Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043.

Christina, P., Indracahyani, A., & Yatnikasaria, A. (2019). Analisis Ketidaksinambungan Dokumentasi Perencanaan Asuhan Keperawatan : Metode Ishikawa. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.48144/jiks.v12i2.166.

Daryanti, D., Desyandri, D., & Fitria, Y. (2019). Peran Media dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.46.

Ekaputra, P. W., Sindu, I. G. P., & Suyasa, P. W. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Agama Hindu Mengenai Sad Ripu Studi Kasus Kelas Vi (Enam) Sd Negeri 1 Kalibukbuk. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(3), 259. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i3.37720.

Hadi, S. R. R., & Irfansyah, I. (2022). Potensi Narasi Visual Video Pertunjukan Wayang Dewa Ruci sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 4(2), 122–139. https://doi.org/10.30998/vh.v4i2.4484.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018.

Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3181–3190. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548.

Iskandar, M. F., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pentingnya Literasi Budaya dalam Pendidikan Anak SD: Sebuah Kajian Literatur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 785–794. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.723.

Julaeha, & Siti. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.

K.A. Nalasari, N.K. Suarni, & I.M.C. Wibawa. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Google Sites Pada Tema 9 Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658.

Maharputrananda, T. K., Cahyana, C., Studi, P., Vokasional, P., Kuliner, S., Teknik, F., & Jakarta, U. N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Video Klip Pembuatan Mock Up. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 115–118. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.18446.

Miranti, A., Lilik, L., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbassis Kearifan Lokal dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 546–560. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.763.

Mujahidin Farid. (2023). Pemanfaatan Konten Multibudaya Dalam Pembelajaran Seni Budaya Di Sekolah Dasar. The Elementary Journal, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.56404/tej.v1i1.48.

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPA), 2(1), 7–12. https://doi.org/10.37148/bios.v1i1.3.

Pitriani, V., N. R., Wahyuni, D., I. G. A., Gunawan, & P., I. K. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515–532. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1). https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066.

Prehanto, A., Aprily, N. M., Merliana, A., & Nurhazanah, M. (2021). Video Pembelajaran Interaktif-Animatif sebagai Media Pembelajaran IPS SD Kelas Tinggi di Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.17509/ijpe.v5i1.33696.

Purwaningrat, K., Antara, P., & Suarjana, I. M. (2021). Instrumen Penilaian Perseptual Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 128. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.33225.

Ramdani, M. S., & Simamora, A. H. (2022). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran seni budaya melalui e-modul. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 146–155. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44495.

Saepudin, E., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2018). Model literasi budaya masyarakat Tatar Karang di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.33315.

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Tohani, E., & Sugito. (2019). Penguatan Literasi Budaya Bagi Pelaku Seni Budaya Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 39–46. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.4.

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.

Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941.

Yusuf, R., Sanusi, S., Razali, R., Maimun, M., Putra, I., & Fajri, I. (2020). Tinjauan literasi budaya dan kewargaan siswa SMA se-Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 91–99. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24762.

Diterbitkan

2024-04-22

Cara Mengutip

Dwi Juntara, K., I Made Suarjana, & I Nyoman Laba Jayanta. (2024). Video Edukasi Gamelan Bali Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Reseach, 8(1), 152–159. https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.77120

Terbitan

Bagian

Artikel