E-Modul Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPA

Penulis

  • Gusti Komang Ngurah Wiratama Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86308

Kata Kunci:

E-Modul Interaktif, Hasil Belajar IPA, Tri Hita Karana

Abstrak

Keterbatasan kemampuan guru dalam menguasai teknologi informasi, yang berdampak pada kurang efektifnya penyampaian materi dan pencapaian tujuan pembelajaran yang tidak optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis e-modul interaktif berbasis tri hita karana meningkatkan hasil belajar peserta didik muatan IPA. Jenis penelitian yaitu pengembangan mengacu pada model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang guru. Metode penelitian berupa metode non tes dengan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas media terhadap validator diperoleh persentase 91% dari 2 orang ahli materi, 90% dari 2 orang ahli media, dilanjutkan dengan validator kepraktisan oleh 2 orang guru mendapat persentase 93% dan penilaian kepraktisan yang dilakukan oleh 11 orang peserta didik SD sebesar 90%. Pengujian untuk efektifitas dari hasil uji Paired Sample t-Test yang menunjukkan bahwa t-hitung lebih dari t-tabel (18,913 lebih dari 2,045) dan nilai probabilitas (p) kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan Ha ditolak. Simpulan penelitian yaitu e-modul yang dikembangkan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Diterbitkan

2024-11-25

Cara Mengutip

Ngurah Wiratama, G. N., Putu Arnyana, I. B. ., & Suja, I. W. (2024). E-Modul Interaktif Berbasis Tri Hita Karana Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan IPA . Journal of Education Action Reseach, 8(4), 565–571. https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.86308

Terbitan

Bagian

Artikel