Perencanaan dan Pengorganisasian dalam Manajemen Kelas Berbasis Proyek pada Konsentrasi Keahlian APL dengan Industri
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v8i4.88303Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Manajemen Kelas, KolaborasiAbstrak
Banyaknya lulusan SMK merasa kurang persiapan menghadapi tantangan di dunia kerja karena kurikulum mereka tidak selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perencanaan dan pengorganisasian manajemen kelas berbasis proyek di SMKN khususnya dalam konsentrasi keahlian APL melalui kolaborasi PT. Mekar Wangi Alami. Metode pembelajaran berbasis PBL diterapkan untuk memberikan pengalaman praktis kepada siswa, memungkinkan mereka untuk belajar melalui keterlibatan langsung dalam proyek nyata. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini ada;ah siswa SMKN. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumnetasi. Metode analisis data yang digunakan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur dan pedoman yang jelas dalam pelaksanaan proyek sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kolaborasi erat antara guru, siswa, dan mitra industri diperlukan untuk menetapkan aturan dan standar yang mendukung proses belajar. Umpan balik dari siswa setelah menyelesaikan proyek dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di masa mendatang. Perencanaan dan pengorganisasian yang baik dalam manajemen kelas berbasis proyek dapat memfasilitasi pencapaian hasil belajar yang optimal dan mempersiapkan siswa untuk tantangan di dunia kerja.Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya kolaborasi yang erat antara institusi pendidikan dan dunia industri untuk menciptakan lingkungan belajar yang relevan dan aplikatif.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Pipit

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.