Improving Student Activity and Learning Outcomes by Applying the Jigsaw Type Learning Model in PPHP Skills Study

Authors

  • Ade Fricticarani Technology and Vocational Education, Padang State University, Padang, Indonesia
  • Hasan Maksum Technology and Vocational Education, Padang State University, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jere.v4i4.30240

Keywords:

Jigsaw, Aktivitas, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya aktivitas belajar siswa membuat guru sering menemukan siswa kebingungan, siswa tidak mengerjakan tugas sesuai langkah kerja sistematis sehingga terburu-buru dalam melakukan praktikum agar tidak terlambat untuk pembelajaran selanjutnya. keadaan ini didukung dengan banyaknya siswa yang mendapat nilai di bawah KKM yaitu sebanyak 20, 53% dan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 79.45%. Keterbatasan ruang dan alat menyebabkan siswa harus belajar praktikum secara berkelompok, guru mengajar dengan metode ceramah sehingga peneliti berencana untuk merubah metode pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas model kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, lembar penilaian kinerja, tes essay, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan:  Penerapan model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar yang dibuktikan dengan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 57,6% pada siklus II meningkat menjadi 90,9%; dan hasil belajar siswa meningkat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pra siklus sebesar 67%, meningkat 18% menjadi 85% pada siklus I dan meningkat 15% menjadi 100% pada siklus II. Jadi, model Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI.

References

Abu, S. N. (2014). Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2(1), 704–831. e-jurnal.fip.unp.ac.id/index.php/bahan/article/viewFile/3816/3049

Alfaris, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Menggambar Bentuk di SMA Negeri 3 Tuban. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3), 117–127. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/9900/9694

Almukarram, Sarong, M. A., & Apriana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 8. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1066

Ariani, T. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1802

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Charlier, N., Van Der Stock, L., & Iserbyt, P. (2016). Peer-assisted Learning in Cardiopulmonary Resuscitation: The Jigsaw Model. Journal of Emergency Medicine, 50(1), 67–73. https://doi.org/10.1016/j.jemermed.2015.04.002

Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding Lus. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 10(2), 299–213. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Evcim, H., & İpek, Ö. F. (2013). Effects of Jigsaw II on Academic Achievement in English Prep Classes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70, 1651–1659. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.236

Fadliyani, F., Muhibbuddin, M., & Sarong, M. A. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Konsep Sistem Pencernaan Makanan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sakti Kabupaten Pidie. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(1), 17. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i1.230

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/1555/1275

Kasdi, K., & Wijayanti, D. N. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Efektif Melalui Lagu Anak-Anak Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931

Kurniawati, K. R. A., Budiyono, & Saputro, D. R. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3948.15-28

Mohammad, F. H., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa KELAS V. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315

Muttaqin, N. H., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Disertai Diskusi dan Media Hyperchem untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 62. https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i1.24564

Nurdiansyah, A., & Setuju. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. E-Jurnal Mitra Sains, 4(2), 54–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/jtv.v4i1.373

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992

Rukajat, A. (2013). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 85–111.

Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas III Maya Kartika Sari*. Premiere Educandum, 4(2), 133–147. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v4i02.313

Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178–188. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/matematika/article/view/736

Shophia, A., & Retno Mulyaningrum, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. BIOMA Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v6i1.1486

Sumiyati, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Vi Pada Pelajaran Pkn Sd Negeri 09 Kabawetan. Jurnal PGSD, 10(2), 66–72. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72

Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107

Thomas, P., & Setiaji, K. (2014). E-Learning Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Dinamika Pendidikan Unnes, 9(1), 21–40. https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3353

Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X Sma Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51. https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p51-60

Trisianawatia, E., Djudinb, T., & Setiawanc, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X Sma Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 06(02), 51–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p51-60

Widiartha, K. D. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic Berbantuan Mutimedia Interaktif Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 145. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15396

Yassir, M. (2017). Model Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 3(2), 138. https://doi.org/10.22373/biotik.v3i2.1004

Downloads

Published

2020-12-05

Issue

Section

Articles