Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Authors

  • Abdur Rahman Universitas Pendidikan Ganesha
  • Jamper I Nyoman Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran IPS terpadu mengakibatkan siswa pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan dilakukan uji prasyarat. Validitas media diuji coba kepada ahli isi mata pelajaran diperoleh 96,00% dalam kategori sangat baik, ahli media pembelajaran diperoleh 78,00% dalam kategori baik, uji coba perorangan diperoleh 86,88  % dalam kategori sangat baik, kelompok kecil diperoleh 94,33% dalam kategori sangat baik dan uji coba lapangan diperoleh 87,11 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu sehingga multimedia pembelajaran interaktif efektif digunakan dalam proses pembelajaran sehingga multimedia pembelajaran intaraktif efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2020-07-19

How to Cite

Rahman, A., & I Nyoman, J. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32–45. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049

Issue

Section

Articles