Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Bagi Siswa TKJ Tingkat SMK

Widya Darwin, . Ridwan, . Ahyanuardi

Abstract


Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah buku/sumber belajar yang disediakan kementrian sampai sekarang belum memadai disekolah, siswa kurang mandiri dan aktif dalam proses pembelajaran, guru   dianggap   satu-satunya   sumber   dalam   proses   belajar   mengajar, pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai menyebabkan siswa cepat bosan dan tidak mendengarkan guru, siswa belum dihadapkan pada situasi yang lebih nyata dalam proses belajar mengajar dan belum tersedianya modul pada mata pelajaran dasar- dasar kelistrikan di SMK N 1 Painan. Tujuan penelitian yaitu: 1) Mengembangkan modul pembelajaran Sistem Komputer untuk siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Painan, 2) Menghasilkan modul berbasis konstruktivisme untuk mata pelajaran Sistem Komputer yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Modul pembelajaran Sistem Komputer berhasil dikembangkan melalui model pengembangan ADDIE, 2) Modul pembelajaran berbasis konstruktivisme yang dihasilkan sudah efektif diterapkan pada siswa kelas X di SMKN 1 Painan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by:

 Crossref