Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335Abstract
Kemampuan empati merupakan kemampuan yang dimiliki setiap individu untuk ikut merasakan yang orang lain rasakan atau mampu memposisikan diri seperti yang sedang orang lain alami. Mengingat kemampuan empati yang diperlihatkan masih tergolong belum berkembang secara maksimal, akan tetapi guru belum memberikan stimulus melalui media pembelajaran yang efektif. Maka dari itu pelaksanaan dalam penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita menggunakan media e-bigbook terhadap kemampuan empati anak kelompok B. Dalam penelitian ini kemampuan empati menjadi bahan yang akan diteliti lebih dalam. Eksperimen semu merupakan jenis dalam penelitian ini dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 anak dengan sampel yang ditentukan secara random. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelompok B1 berjumlah 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 berjumlah 20 anak sebagai kelompok kontrol TK Inklusi Garuda Bilingual School. Pada penelitian ini data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, kemudian dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data, thitung = 6,80, taraf signifikansi 5%, dk = 38 diperoleh ttabel = 2,021 sehingga thitung = 6,80 > ttabel 2,021. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, penggunaan metode bercerita menggunakan media e-bigbook berdampak terhadap kemampuan empati anak. Penelitian ini dapat membantu guru sebagai inovasi dalam media pembelajaran.Downloads
Published
2020-07-22
How to Cite
Pertiwi, K. S. (2020). Hasil Kemampuan Empati Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media E-Bigbook. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27335
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)