Model Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28968Abstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa sulit untuk memahami pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus Polled Varians. Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 3,154 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel (2,000) pada taraf signifikansi 5 % dan dk = 60 yaki. Dari perbandingan diperoleh karena thitung > ttabel sehingga Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Tahun Ajaran 2019/2020.Downloads
Published
2020-10-03
How to Cite
Sudarmawan, I. M., Surya Abadi, I. B. G., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 171–182. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28968
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)