Model Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Made Sudarmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Putra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28968

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran menyebabkan siswa sulit untuk memahami pembelajaran. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus Polled Varians. Berdasarkan analisis diperoleh thitung = 3,154 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel (2,000) pada taraf signifikansi  5 % dan dk = 60 yaki. Dari perbandingan diperoleh karena thitung > ttabel sehingga Ho ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual  dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Tahun Ajaran 2019/2020.

Author Biographies

I Made Sudarmawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ida Bagus Gede Surya Abadi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Made Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Sudarmawan, I. M., Surya Abadi, I. B. G., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 171–182. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28968

Issue

Section

Articles