Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas IV SD

Authors

  • I Made Juana Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356

Keywords:

multimedia interaktif, IPA, kontekstual

Abstract

di kelas menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan multimedia interaktif berorientasi pendekatan kontekstual materi sumber energi pada pembelajaran IPA. Subjek uji coba penelitian meliputi 1 orang ahli isi pembelajaran, 1 orang ahli desain pembelajaran, 1 orang ahli media pembelajaran dan 15 siswa. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan yang berpedoman pada model DDD-E (Decide, Design, Develop, & Evaulate). Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, angket dan wawancara tak terstruktur. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.  Hasil review ahli isi menunjukkan multimedia ini berkualifikasi sangat baik (94,50%), Hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan multimedia ini berkualifikasi sangat baik (94,23%), hasil review ahli media menunjukkan multimedia ini berkualifikasi sangat baik (97,65%), Hasil uji coba perorangan memperoleh skor (93,33%) (kualifikasi sangat baik), dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor (93,50%) (kualifikasi sangat baik). Jadi multimedia interaktif layak digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Implikasi dari penelitian ini yaitu penggunaan multimedia interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

References

Andrianingrum, F., & Suparman. (2019). Design of interactive learning media based on contextual approach to improve problem-solving ability in fourth grade students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11), 3906–3911.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061.

Buchori, A. (2019). Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094.

Campen, K., Carolien, Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150(February), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48.

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.

Herliandry, Enjelina, & Kuswanto. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1). Retrieved from https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.

Hobri, Septiawati, I., & Prihandoko, A. C. (2018). High-order thinking skill in contextual teaching and learning of mathematics based on lesson study for learning community. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3), 1576–1580. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.12110.

Illahi, T. rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-.

Irwanto, Taufik, Hernawan, & Rizal. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Dan Mobile Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6845.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.

Kasih, F. (2017). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737.

Kurniawati, N. M. E., Sudana, D. N., & Mahadewi, L. P. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V Sd Gugus I Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1358.

Latief, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII DI SMPN 4 Padalarang. Jurnal Geografi, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395.

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Mahasiswa PGSD Undiksha UPP Denpasar Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13898.

Maria, U., Rusilowati, A., & Hardyanto, W. (2019). Interactive Multimedia Development in The Learning Process of Indonesian Culture Introduction Theme for 5-6 Year Old Children. Journal of Primary Education, 8(3), 344–353.

Mariyaningsih, N. (2012). Penerapan Metode Kontekstual Investigasi Bisnis Dan Game Ular Tangga Kombi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Komunikasi Bisnis. Dinamika Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/dp.v7i2.4908.

Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.

Mawarni, & Muhtadi. (2017). Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114.

Mustaqim, I. (2016). Multimedia services on top of M3 Smart Spaces. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174. http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518.

Mustikaningrum, G., Pramusinta, L., Ayu, S., & Umar, M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terintegrasi Kurikulum Dan Metode Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 154–164. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a5.2020.

Nataliani, N. W., Jampel, I. N., & Suartama, I. K. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 2 Tegallalang. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–12.

Nilasari, Djatmika, T., & Santoso. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 1399–1404. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583.

Permana, E. P., & Nourmavita, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Mendeskripsikan Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 10(2), 79–85. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.79-85.

Prasetya, Ade Yama Wahyu Nur, D. K., & Akbar, S. (2018). Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1423–1427. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11751.

Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Di Sdn 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825.

Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v2i2/Septembe.37.

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.

Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329.

Puspita, L. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–87. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530.

Qazi, A., Qazi, J., Naseer, K., Zeeshan, M., Qazi, S., Abayomi-alli, O., … Haruna, K. (2021). Adaption of Distance Learning to Continue the Academic Year Amid COVID-19 Lockdown. Journal Pre-Proofs (Children and Youth Services Review), 1–20. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106038.

Rahmawati, Budiyono, & Wardi. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Berbasis Visual Basic for Application (VBA) PowerPoint. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijcets.v5i1.14248.

Rahmawati, E., Irdamurni, I., & Amini, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Dengan Adobe Flash Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.29.

Ratih, i K. D. R., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10880.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019.

Sagala, G., Mesran, M., Sutiksno, D. U., Yuhandri, Y., & Suginam, S. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pakaian Adat Asli Indonesia Berbasis Multimedia Dan Web Menerapkan Metode Computer Assisted Instruction (Cai). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 4(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v4i4.711.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407.

Saselah, Y. R., M, M. A., & Qadar, R. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Professional Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kimia Dan Pembelajaran Kimia, 2(2), 80–89.

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Surjono, J. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Teks Recount Di Mtsn II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287.

Towoliu, I. D., Hartati, S., & Hapidin, H. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Islam melalui Program Cinta Rosul pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.618.

Trianawati. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus VI Abiansemal Tahun Ajaran 2018/2019. International Journal of Elementary Education, 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24337.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029.

Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Putra, I. M. J., & Wiyasa, I. K. N. (2021). Meningkatkan Semangat Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)