Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Slolving Tri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764Keywords:
Perangkat Pembelajaran, Problem solving, Tri Hita KaranaAbstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan belum tersedia perangkat pembelajaran berbasis problem solving yang diterapkan pada muatan materi IPS di kelas IV. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis problem solving Tri Hita Karana untuk muatan materi IPS pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Pengembangan menggunakan model ADDIE (Analyzed, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket atau kuesioner, wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil uji ahli isi mata pelajaran diperoleh skor 95% (sangat baik), hasil uji ahli desain diperoleh skor 95,45% (sangat baik), hasil uji ahli media diperoleh skor 93,18% (sangat baik), hasil uji coba perorangan diperoleh dengan skor 93,17% (sangat baik). Jadi media perangkat pembelajaran layak digunakan dalam pembeajaran muatan IPS di kelas IV sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini yakni secara empiris terbukti bahwa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan oleh guru dalam pembelajaran.
References
Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8, 32–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049.
Afdhal, M., & Sugiman, S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis reciprocal teaching berorientasi pada antusiasme dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.17716.
Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan. Mimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659.
Antari, N. M. W., Sujana, I. W., & Wiarta, I. W. (2013). Pengaruh Model Reciprocal Teaching (Pembelajaran Terbalik) Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Gugus I Denpasar Selatan. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.967.
Arianti, Wiarta, & Darsana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.
Aryantini, Agung, & Dantes. (2018). Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 99–110. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2757.
Atmojo, S. E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 5–13. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.5-13
Delfia, E., & Mayar, F. (2020). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.350.
Dewi, M. R. S., Murda, I. N., & Pudjawan, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditori Visual Intelektual (SAVI) Terhadap keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Kelas V di Gugus III Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17022.
Dewi, N. P. D. A., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Talking Stick Berbantu Question Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10790.
Dewi, Semara, & Putra. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar “(Learning Cycle)” 5E terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 26 Pemecutan Denpasar Barat. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1207.
Dwitantra, P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery & Course Review Horay (Disco) Pada Pembelajaran Lagu Daerah Nusantara Kelas 5 Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v3i2.6966.
Elfa, S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aktivitas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran PKN SD Negeri 09 Kabawetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pgsd.10.2.66-72.
Hapsari, T. R., Rambita, V. M. M., & Tindangen, M. (2018). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Examples Non Examples dan Permasalahan Siswa Terkait Hasil Belajar Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10529.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.
Hidayatulloh, M., Humairoh, F., Wachidah, U., Iswati, D. A., & Suliyanah, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Mereduksi miskonsepsi Siswa Pada Materi Rangkaian Listrik Dengan Saintific Approach. Jurnal Penelitian IPA Dan Aplikasinya, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpfa.v5n1.p28-32.
Illahi, T. rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-.
Ilmi, A. (2019). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Performa Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Rekayasa, Teknologi, Dan Sains, 3, 35. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jrets.v3i1.1135.
Indrawan, Manuaba, & Sujana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632.
Irawana, & Taufina, T. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 434–442. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.367.
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 43–3. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.
Manurung, & Panggabean. (2020). Improving Students’ Thinking Ability In Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205.
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146.
Nugroho, R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2638.
Nuraziza, & Suwarma. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving yang dimiliki Peserta didik SMP melalui Pembelajaran IPA Berbasis STEM. Jurnal WAPFI (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10941.
Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 5(3), 361–366. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13263.
Prasetya, Nur, & Akbar. (2018). Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1423–1427. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11751.
Prayito. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas VII. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v2i2/Septembe.37.
Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–68. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.
Puspitasari, & Murda. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran IOC Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19470.
Qondias, D., Winarta, & Siswanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393.
Ratnawati, Handayani, & Hadi. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683.
Retnowati, I., Yazid Fathoni, & Chen, O. (2018). Mathematics Problem Solving Skill Acquisition: Learning By Problem Posing Or By Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 37(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v37i1.18787.
Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik kelas VIII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10633.
Saguni, F. (2013). Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Dan Ceramah Sebagai Problem Solving Dalam Matakuliah Perencanaan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1478.
Sakaningsih, Asri, & Negara. (2014). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Reinforcement Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKn siswa kelas V SD N 18 Dangin Puri. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3030.
Setyadi, I. M. A., Sudiarta, I. G. P., & Mertasari, N. M. S. (2019). The effect of predict-observe-explain ( POE ) learning model using open- ended problem ( OEP ) towards students ’ mathematical problem solving skill. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 52(3), 133–144. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpp.v52i3.15713.
Suartama, I. K. (2016). Materi 4 Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Undiksha.
Surjono, J. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Teks Recount Di Mtsn II Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(1), 25–39. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.8287.
Suryantari, N. M. E., Suadnyana, I. N., & Wulandari, I. G. A. . (2018). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Pendidikan Multikultural Indonesia, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773.
Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Widiartini, P. D. O., Putra, M., & Manuaba, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.
Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995.
Wirdaningsih, S., & I Made Arnawa, A. A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2). Retrieved from http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/535/446.
Yerizon, Y., Putri, Y. U., Musdi, E., & Permana, D. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305.
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)