Analisis Gerak Kendaraan pada Kasus Kecelakaan sebagai Bahan Ajar Fisika di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33085Keywords:
Kinematika, Dinamika, Kontekstual, Bahan AjarAbstract
Kurangnya pemahaman siswa pada konsep materi kinematika dan dinamika gerak. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengkaji contoh peristiwa yang ada di sekitar siswa. Peristiwa kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu fenomena kontekstual yang dekat dengan kehidupan siswa. Fenomena tersebut dapat dikaji secara kinematika dan dinamika geraknya. Untuk itu perlu dilakukan kajian kinematika dan dinamika gerak dari peristiwa kecelakaan lalu lintas untuk materi pada bahan ajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji gerak kendaraan berdasarkan kinematika dan dinamika gerak pada jalur Blackspot tikungan tajam di Kabupaten Blitar serta mendeskripsikan rancangan bahan ajar fisika yang kontekstual pada materi kinematika dan dinamika gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah salah satu Blackspot berupa tikungan tajam. Alur penelitian diawali dengan pengumpulan data dan teori yang mendukung mendasari penelitian. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan analisis data menggunakan enam tahapan content analysis, yakni unitizing, sampling, coding, reducing, inferring, dan narrating. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa instrumen wawancara. Hasil penelitian analisis kinematika dan dinamika gerak berdasarkan peristiwa kecelakaan di jalur Blackspot tikungan tajam dan rancangan bahan ajar berupa e-modul kontekstual pada materi kinematika dan dinamika gerak. Implikasi penelitian ini yaitu E-modul yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga dapat memfasilitasi siswa belajar mandiri.
References
Andriani, N. L. Y., & Darsikin, D. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Gerak Lurus. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(3), 36. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i3.6221.
Antara, & Aditya, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263.
Aprianti, R., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Dilengkapi Dengan Media Audio- Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 137–142..
Aryawan, Sudatha, & Sukmana. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.
Asriani, P., Sa’dijah, C., & Akbar, S. (2017). Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(11), 1456–1468. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i11.10160.
Bakhri, S., Sari, A. F., & Ernawati, A. (2019). Kualitas Pembelajaran Kontekstual Siswa IPS Materi Program Linier yang Memiliki Kecemasan Belajar Matematika. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19061.
Darmayasa, I. K., Jampel, N., Simamora, A. H., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Diantari, Damayanthi, Sugihartini, & Wirawan. (2018). Pengembangan E-modul berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 7(1), 33–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166.
Fadillah, & Jamilah. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, 35(1), 106–108. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8379.
Fayakun, M., & Joko, P. (2015). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (Ctl) Dengan Metodepredict, Observe, Explain Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 49–58. https://doi.org/10.15294/jpfi.v11i1.4003.
Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.
Haryadi, D. (2020). Ugal-ugalan, Pikap Terguling di Tikungan Selorejo Blitar - FaktualNews.co.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
Hufri, H., Dwiridal, L., & Sari, S. Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru IPA SMP/MTsN Lubuk Sikaping melalui Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202161.502.
Jaya, S. P. S. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Semester 2 di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2), 1–24.
Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introductions to its Methodology (Second Edi). California: Sage Publication.
Krisna, N. L. P. G., Rinda, & Abadi, I. B. G. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum berbantuan Media Video Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SDN 2 Dangin Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1261.
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an E-learning Module to Facilitate Student Learning and Outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007.
Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532.
Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836.
Nilasari, Djatmika, T., & Santoso. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(1), 1399–1404. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6583.
Noor, F. M., & Wilujeng, I. (2015). Pengembangan Ssp Fisika Berbasis Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Pendidkan IPA, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4534.
Oktaviani, W., Gunawan, & Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 1–7.
Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.
Purnamawati, Suardika, & Manuaba. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3195.
Purwanto, Y., & Rizki, S. (4AD). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Aksioma, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95.
Puryadi, P., Rahayu, S., & Sutrio, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.329.
Putri, Suwatra, & Tegeh. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.
Qondias, D., Winarta, & Siswanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393.
Rahmawati, E., Irdamurni, I., & Amini, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Dengan Adobe Flash Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.29.
Randis, R., Suharlena, S., & Jayanti, R. (2015). Analisis Kinematika Mobile Manipulator Pada Excavator Backhoe. Dinamika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/djitm.v7i1.398.
Said, G. A., & Jafar, A. F. (2015). Penggunaan Modul Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik pada Pokok Bahasan Hukum Newton Kelas VIII MTs. Madani Alauddin Paopao. Jurnal Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar, 3(2), 143–149. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3735.
Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407.
Setiyaningsih, I. (2020). Penentuan Blacksite dan Blackspot pada Ruas Jalan Jogja- Solo dengan Metode Batas Kontrol Atas ( BKA ) dan Metode Upper Control Limit ( UCL ). Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta, 115–122..
Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan Modul Kimia Socio-Scientific Issues (SSI) Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Journal of Educational Technology, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21580/jec.2019.1.2.4382.
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800.
Udayana, Wirawan, & Divayana. (2017). Pengembangan E-modul pada mata pelajaran pemrograman berorientasi objek dengan model pembelajaran Problem Based Learning Kelas VIII rekayasa perangkat lunak. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 6(2), 128–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/janapati.v6i2.9373.
Umbara, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154.
Virani, W. S., Supeno, S., & Supriadi. (2018). Kajian kinematika gerak pada jalur lokasi kecelakaan berisiko tinggi (blackspot) sebagai sumber belajar fisika di SMA. Jurnal Riset Dan Kajian Pendikan Fisika, 5(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.9211.
Wati, Darsana, & Suardika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Berbantuan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Raden Ajeng Kartini. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3002.
Yustiandi, Y., & Saepuzaman, D. (2017). Profil Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika Siswa Sma Kelas X. Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2410.
Zainuddin, A., Kusairi, S., & Zulaikah, S. (4AD). Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Kinematika Gerak 1 Dimensi. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11854.
Zulhaini, Halim, A., & Mursal. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1), 121346. https://doi.org/10.24815/jpsi.v4i1.6596.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)