KEMAMPUAN SISWA DALAM PELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

I Kadek Dwipayana

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan siswa terhadap pelajaran biologi dengan menggunakan  media pembelajaran berbasis video animasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja dan (2) kendala yang dihadapi siswa dalam memahami pelajaran biologi dengan menggunakan  media pembelajaran berbasis video animasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja.

Desain penelitian ini adalah penelitian survei subjek  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja. Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan siswa terhadap pelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan kuesioner. Data tingkat kemampuan siswa memahami keanekaragaman mahluk hidup dengan teknik analisis kuantitatif, sedangkan data kendala yang dihadapi oleh siswa dalam memahami keanekaragaman mahluk hidup dengan teknik analisis kualitatif.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja dalam memahami keanekaragaman mahluk hidup tergolong cukup sesuai dengan kreteria teoretis dan tergolong sedang jika menggunakan kreteria aplikatif di sekolah. Rata–rata skor hasil tes sebesar 75. Sementara itu, penguasaan materi memahami keanekaragaman mahluk hidup tergolong baik ditunjukkan dengan indeks prestasi kelompok sebesar 85. Kedua, kendala siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja adalah belum pernah diberikan  pembelajaran menggunakan media video animasi. Kendala terbanyak yang ditemui siswa adalah ketidakserasian antara gambar yang terdapat pada tampilan dan bentuk asli dari gambar tersebut. Kendala lain adalah siswa perlu diputarkan media video animasi lebih dari sekali agar mereka memahami materi dalam video.

 

Kata kunci: kemampuan siswa, media pembelajaran, video animasi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v1i1.360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by:

 Crossref