PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SDIT FAIDLURRAHMAN KECAMATAN DAWE KABUPATEN KUDUS

Nikmawati Nikmawati, Henry Suryo Bintoro, Santoso Santoso

Abstract


Gadget yaitu alat elektronik yang digunakan sebagai media informasi, media belajar dan sebagai hiburan. Hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri peserta didik secara pengetahuan, sikap dan keterampilan juga perubahan yang ada pada diri peserta didik akan menimbulkan peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dan hasil dari suatu interkasi dari Tindakan belajar dan tindak mengajar. Siswa akan memperoleh hasil belajar yang maksimal apabila siswa memiliki kesungguhan dalam belajarnya. Kegiatan belajar yang dilakukan baik disekolah maupun di rumah harus berdasarkan dari keinginan yang timbul dari dalam dirinya tertarik untuk belajar, ketertarikan yang dimaksud adalah minat. Anak yang memiliki minat terhadap suatu hal yaitu belajar maka anak akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan dari kegiatan belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa kelas 5 SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode non eksperimen. Sampel yang digunakan adalah Teknik Non Probabiliti Sampling dan menggunakan samplingl jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian 24 siswa dan guru kelas 5 SDIT Faidlurrahman. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Penggunaan gadget tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. 2. Penggunaan gadget berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas V SDIT Faidlurrahman Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

 




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38975

Article Metrics

Abstract view : 185 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: