Pengembangan Media Flipbook Bertema Kesehatan di Era Pandemi untuk Siswa Sekolah Dasar

Myo Opidianto, Mei Fita Asri Untari, Ikha Listyarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Flipbook bertema kesehatan untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan  model Borg And Gall dengan penyesuaian tahapan pengembangan yaitu : (1) melakukan studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) validasi draf produk; (5) uji coba lapangan awal. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan orang tua untuk mendapatkan analisis kebutuhan dan respon terhadap media flipbook bertema kesehatan siswa sekolah dasar; validator memberikan masukan kelayakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dengan memberikan lembar angket kebutuhan, angket validasi, dan angket respon. Berdasarkan hasil angket kebutuhan didapatkan hasil bahwa media flipbook dibutuhkan oleh guru, siswa, dan orang tua dengan kriteria cover depan belakang serta halaman berwarna cerah dengan memilih teks yang lugas sederhana dan teks yang bervariasi. Berdasarkan hasil angket respon didapatkan hasil bahwa media flipbook bertema kesehatan sangat cocok untuk menunjang pembelajaran daring di masa pandemi ini. Untuk memperoleh media flipbook bertema kesehatan yang sesuai dengan hasil kebutuhan dan respon siswa, guru dan orang tua. Nilai rata-rata validitas media flipbook yang diperoleh adalah 4.90 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut maka media flipbook bertema kesehatan untuk siswa sekolah dasar dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas II sekolah dasar.


Keywords


Media Flipbook, Pendidikan, Sekolah Dasar

References


Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Andina, Elga. 2011. "Buku Digital dan Pengaturannya". Aspirasi, Volume 2, Nomor 1,halaman 85.

Ikha Listyarini, Henry Januar Saputra, dan Moh. Aniq Khairul Bahsyar. 2018 “Pengembangan Media Digital Book Berbasis Flipbook Maker Materi IPA Kelas V Di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian (JP). Semarang : Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Nafisah Durrotun, Henry Januar Saputra, dan Mei Fita Asri Untari. 2018 Pengembangan Media Black Box Pada Model Pembelajaraan CTL Mata Pelajaraan Matematika Kelas V Sekolah DASAR. Jurnal Sekolah (JS). Vol 2 (4). Semarang : Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).

Dewi, Wahyu. 2020. “Indonesia dalam Mengahadapi Pandemi Covid” dalam Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 (55-61). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Zuliria. 2020. “Penggunaan Teknologi dan Internet dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19”. Prosiding: Seminar Nasional Penelitian LPPM Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Munajim, Ahmad. 2020 “Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di masa darurat”. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4 (2) 285-291. Surakarta: Universitas Sebelah Maret.

Syarifudin, A.S. 2020. “Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak diterapkannya Social Distancing” dalam Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 5 (1). Bangkalan, Madura. Universitas Trunojoyo Madura

Handarini, Oktafia. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home(SFH) Selama Pandemi Covid 19”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP Volume 8 (3) . Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Praditya, Made dkk. 2017. “Pengembangan Buku Cerita Elektronik dengan Metode Story Telling pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di SD Negeri 4 Banyuning”. Dalam Jurnal EDUTECH Volume 5 (2) (152 – 159). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Rahadian Syah, Deby dkk. 2020. “Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaran Kegiatan Baca Tulis Al Quran pada Masa Pandemi Covid 19 di TPQ Masjid Awalulmu’minim Gamping”. Dalam Jurnal pengabdian Masyarakat Karya Husada Volume 2 (2). Yogyakarta. Politeknik Kesehatan Jogjakarta.

Wulandari, Anggun dkk. 2020. “Hubungan Karakteristik Individu dengan Pengetahuan tentang Pencegahan Coronavirus Disease 2019 pada Masyarakat di Kalimantan Selatan”. Dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia (The Indonesian Journal of Public Health) Volume 15 (1). Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i2.39143

Article Metrics

Abstract view : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: