Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Interaktif untuk Siswa Kelas VIII

Authors

  • Vinsensia Langa STKIP Citra Bakti
  • Ni Wayan Suparmi STKIP Citra Bakti
  • Maria Yuliana Kua STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41496

Keywords:

Bahan ajar, interaktif, pendekatan kontekstual

Abstract

Kurangnya buku-buku pembelajaran IPA, sehingga bahan ajar yang digunakan guru masih merupakan bahan ajar biasa atau bahan ajar pasif dan kurang menarik. Di samping itu, metode yang digunakan masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan menciptakan bahan ajar IPA berbasis kontekstual interaktif yang valid dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian dilakukan 2 uji ahli media, 2 uji ahli produk, uji kelompok kecil yakni kepada 5 orang siswa dan 2 orang guru mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan menggunakan lembar validasi serta angket respon. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Perolehan hasil rata-rata kevalidan bahan ajar yang dikembangkan dari validator sebesar 3,77 dengan kriteria valid dan hasil rekapitulasi angket respon siswa dan guru sebesar 3,74 dengan kriteria praktis. Maka, bahan ajar IPA berbasis kontekstual interaktif untuk siswa kelas VIII SMP layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini, yaitu dihasilkannya bahan ajar interaktif IPA berbasis kontekstual interaktif dapat digunakan oleh guru sebagai bahan ajar yang membantu belajar siswa.

Author Biographies

Vinsensia Langa, STKIP Citra Bakti

Pendidikan IPA

Ni Wayan Suparmi, STKIP Citra Bakti

Pendidikan IPA

Maria Yuliana Kua, STKIP Citra Bakti

Pendidikan IPA

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of COVID-19 to Indonesian Education and Its Relation to The Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9.

Amelia, R., Salamah, U., Abrar, M., Desnita, D., & Usmeldi, U. (2021). Improving Student Learning Outcomes through Physics Learning Media Using Macromedia Flash. Journal of Education Technology, 5(3), 491–500. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36203.

Andrianingrum, F., & Suparman. (2019). ). Design of Interactive Learning Media Based on Contextual Approach to Improve Problem-Solving Ability in Fourth Grade Students. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(11).

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in IPA Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity. International Journal of Instruction, 11(4), 409–424. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11426a.

Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666.

Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74 – 84. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950.

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923.

Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.

Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Sikap Ilmiah pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102.

Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7, 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969.

Diner, L., Zukhaira, Z., & Lensun, S. F. (2021). Meta-Analysis of the Influence of Instructional Media on Speaking Learning. Lingua Cultura, 15(1), 93–99. https://doi.org/10.21512/lc.v15i1.7298.

Durnali, M. (2020). The Effect of Self-Directed Learning on the Relationship Between Self-Leadership and Online Learning among University Students in Turkey. Tuning Journal for Higher Education, 8(1), 129–165. https://doi.org/10.18543/tjhe-8(1)-2020pp129-165.

Duwika, K., & Paramasila, K. W. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Model Hybrid Bernuansa Karakter Bali “Cupak-Gerantang” pada Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi. Journal of Education Technology, 3(4), 301. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22501.

Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia through Ispring on Indonesian Learning with The Insight Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Journal Pendidikan Guru MI, 6(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173.

Fitriani, S. A., & Nurchasanah. (2017). Keefektifan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X SMK. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1683–1691. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10333.

Gerhardt-Szép, S., Dreher, S., Rüttermann, S., & Weberschock, T. (2017). Konzeption und Implementierung Eines Neuartigen E-Learning-Moduls mit EbM-Lerninhalten im Fach Zahnerhaltungskunde. Zeitschrift Fur Evidenz, Fortbildung Und Qualitat Im Gesundheitswesen, 127–128, 72–78. https://doi.org/10.1016/j.zefq.2017.09.001.

Gitriani, Aisah, Hendriana, & Herdiman. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1). https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48.

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.

Illahi, T., Rahmah, Sukartiningsih, W., & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826.

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.25648.

Irwanto, Taufik, Hernawan, & Rizal. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif dan Mobile Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 4(1). https://doi.org/10.30870/jpks.v4i1.6845.

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480.

Kimianti, & Prasetyo. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91–103. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.

Komalasari. (2015). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. PT Refrika Aditama.

Kua, M. Y. (2020). Tabung Suntik untuk Hukum Boyle, Simulasi Pengukuran Tekanan Udara dengan Real World Problem sebagai Alternatif Pemecahan Masalah. Jurnal IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 4(2), 45–53. https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.225.

Kua, M. Y., Aryani, N. W. P., & Rewo, J. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Real World Problem. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(4), 169–176. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16545.

Laksana, D. N. L., Seso, M. A., & Riwu, I. U. (2019). Content and Flores Cultural Context Based Thematic Electronic Learning Materials: Teachers and Students’ Perception. European Journal of Education Studies, 5(9), 145–155. https://doi.org/10.5281/zenodo.2542946.

Lauc, T., Jagodić, G. K., & Bistrović, J. (2020). Effects of Multimedia Instructional Message on Motivation and Academic Performance of Elementary School Students in Croatia. International Journal of Instruction, 13(4), 491–508. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13431a.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Marnita, & Ernawati. (2017). The Use of Interactive Multimedia (Macromedia Flash) to Increase Creative Thinking Ability of Students in Basic Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 13(2), 71–78. https://doi.org/10.15294/jpfi.v13i2.10152.

Maryono, M., & Budiono, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca dan Menulis Berbasis Mobile Learning sebagai Alternatif Belajar Mandiri Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4281–4291. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1502.

Mawarni, & Muhtadi. (2017). Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10114.

Melianti, E. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director pada Materi Usaha dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10.

Molina-Vásquez, R. (2021). Conceptual Understanding in the Construction of a Technology Concept: A Case Study with Colombian Students. Journal of Technology Education, 32(2), 21–37. https://doi.org/10.21061/JTE.V32I2.A.2.

Mulyantini, N. L. D., Suranata, K., & Margunayasa. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17023.

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518.

Neppala, P., Sherer, M. V., Larson, G., Bryant, A. K., Panjwani, N., Murphy, J. D., & Gillespie, E. F. (2018). An Interactive Contouring Module Improves Engagement and Interest in Radiation Oncology Among Preclinical Medical Students: Results of A Randomized Trial. Practical Radiation Oncology, 8(4), e190–e198. https://doi.org/10.1016/j.prro.2018.01.001.

Ningsih, S., Sigit, D. V, & Lisanti, E. (2020). Development of Multimedia Based Teaching Materials to Increase Cognitive Learning Outcomes in Respiration Systems. International Journal of Engineering Technologies and Management Research, 6(7), 34–45. https://doi.org/10.29121/ijetmr.v6.i7.2019.413.

Nonggi, F., & Kua, M. Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 563–575. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/download/335/177.

Pribadi. (2009). Model desain sistem pembelajaran. Dian Rakyat.

Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426.

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.29406/524.

Putra, I. M. J. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Materi Sumber Energi pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 57–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32356.

Putra, S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan LKS terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11076.

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841.

Qondias, D., Winarta, & Siswanto. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 145–148. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17393.

Rahayuningsih, S. (2020). Animation Media of Animal Husbandry Thematic Science Learning to Stimulate Scientific Attitude in Early Childhood. International Journal of Scientific and Technology Research. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959.

Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 50. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.958.

Rahmawati, E., Irdamurni, I., & Amini, R. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual dengan Adobe Flash untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.29.

Ran, W., & Jinglu, L. (2020). The Design and Development of Digital Books for E-learning. 4th International Conference on Artificial Intelligence and Virtual Reality, 51–55. https://doi.org/10.1145/3439133.3439140.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student Perception Data on Online Learning using Heutagogy Approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407.

Saputri, D. Y., Rukayah, R. R., & Indriayu, M. I. (2018). Integrating Game-based Interactive Media as Instructional Media: Students’ Response. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 638–643. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8290.

Shoimin, A. (2014). Enam Puluh Delapan Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar – Ruzz.

Songkares, M. F., Kua, M. Y., & Aryani, N. W. P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Multi Reprensentase dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 576–586. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/338.

Sriyanti, I., Almafie, M. R., Marlina, L., & Jauhari, J. (2021). The Effect of Using Flipbook - Based E-modules on Student Learning Outcomes. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 3(2), 69–75. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i2.156.

Ule, L. M. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ), 1(4), 5–10. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/334.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Widari, N. L. P. E., Astawan, I. G., & Sumantri, M. (2021). Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Mimbar Ilmu, 26(3). https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37088.

Widnyana, I. G., Sujana, I. W., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995.

Widodo, U., Ngadat, N., & Subandi, A. (2021). Designing Interactive Audio-Visual Instructional Media Based on Value Clarification Technique (VCT). Journal of Education Technology, 5(4), 611. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.40412.

Wulandari, P., Abadi, I. B. G. S., & Ganing, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Penilaian Portofolio terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Kapten Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun 2017/2018. Mimbar PGSD, 6, 1–9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.15772.

Yasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa melalui Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 104–112. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32523.

Yusnindar, E. &. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Koloid untuk Mahasiswa Kimia Dasar II Prodi Pendidikan Kimia. Journal of The Inonesian Society of Intregated Chemistry, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.22437/jisic.v7i1.4831.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Langa, V., Suparmi, N. W., & Kua, M. Y. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Interaktif untuk Siswa Kelas VIII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 78–88. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41496

Issue

Section

Articles