Buku Cerita Berbasis Budaya Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Made Adi Nugraha Tristaningrat Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Komang Trisna Mahartini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.43220

Keywords:

Buku Cerita, Budaya local, Sekolah dasar

Abstract

Pendidikan pada kurikulum 2013 dilaksanakan dengan pembelajaran berbasis tematik dengan menggabungkan beberapa materi pelajaran kedalam satu sub tema. Hanya saja kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa buku pembelajaran yang disajikan belum dapat memenuhi konsep tematik dengan baik sehingga membutuhkan bahan ajar pendamping. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengembangan buku cerita anak berjudul “Impian Ayu” bernuansa budaya lokal yang mengintegrasikan muatan sikap dan muatan pembelajaran terhadap sikap siswa. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV, 2 orang ahli, dan 2 orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan penyebaran angket dengan instrument penelitian berupa pedoman observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mendeskripsikan hasil pengembangan produk media. Hasil penelitian ini yaitu media buku cerita berbasis budaya lokal sangat layak untuk dibelajarkan kepada siswa sekolah dasar khususnya sebagai bahan ajar pendamping. Penggunaan buku cerita anak bernuansa budaya lokal Bali berbasis muatan sikap dan pembelajaran subtema Aku dan Cita-citaku Kurikulum 2013 dapat membantu siswa dalam belajar.

References

Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170

Ananda, R., Fadhilaturrahmi, F., & Hanafi, I. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190

Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020–3026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066–4074. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1398. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1398

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3799–3813. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382

Laksana, D. N. L., Lawe, Y. U., Ripo, F., Bolo, M. O., & Dua, T. D. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Budaya Lokal Ngada Untuk Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 227–241. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13903. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13903

Lawe, Y. U., Noge, M. D., Wede, E., & Itu, I. M. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Elektronik Multimedia Berbasis Budaya Lokal Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 92–102. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.104. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.104

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928–3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94. DOI: https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, A. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 322. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12085

Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggungjawab dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808–817. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.825

Nurfitriani, M., Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tematik Terpadu Bagi Siswa Sekolah Dasar. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1110–1117. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1628. DOI: https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1628

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Ratnasari, A. D., Wahyudi, W., & Permana, I. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 261–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p261-266. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p261-266

Sapri, S., Muhaini, A., & Zunidar, Z. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4107–4116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2495. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2495

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968–1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Surachman, D. (2020). Media Buku Cerita: Efektifitasnya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Gema Wiralodra, 11(2), 180–189. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99. DOI: https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i2.99

Triaristinaa, A., Sumargono, S., Ekwandari, Y. S., & Rachmedita, V. (2022). Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis Karakter Bagi Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(3), 699–706. https://doi.org/10.47679/ib.2022284. DOI: https://doi.org/10.47679/ib.2022284

Tristanti, Z. A., & Hikmat, A. (2021). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar terhadap Minat Membaca Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(6), 6017–6024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1829. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1829

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Winangun, I. M. A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.529.

Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 10(2), 184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545

Zakaria. (2022). Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Tematik SD/MI. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.405.

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846–1851. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1187.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Tristaningrat, M. A. N., Putrayasa, I. B., & Mahartini, K. T. (2022). Buku Cerita Berbasis Budaya Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 225–232. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.43220

Issue

Section

Articles