Media Komik Digital pada Topik Sumber Energi

Authors

  • Ni Wayan Ranting Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47743

Keywords:

Media, Komik Digital, Sumber Energi

Abstract

Kurangnya penggunaan media digital dalam proses pembelajaran daring berdampak pada rendahnya minat serta motivasi belajar siswa. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah media yang dapat membantu proses belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital pada topik sumber energi kelas IV. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Hanya saja pada pelaksanaannya penelitian pengembangan hanya dapat dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan media, karena adanya keterbatasan waktu yang dimiliki oleh peneliti. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 1 orang praktisi. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Adapun instrument yang digunakan yakni instrument ahli media, ahli materi, dan instrument uji praktisi. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validitas media komik digital yang diperoleh dari ahli materi sebesar 4,6, ahli media sebesar 4,7 dan praktisi sebesar 4,8 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat dinyatakan media komik digital yang dikembangkan valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Impilkasi penelitian ini adalah dengan tersedianya media komik digital dapat membantu guru menyampaikan materi pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi bermakna.

References

Achadah, A. (2019). Evaluasi Dalam Pendidikan Sebagai Alat Ukur Hasil Belajar. An-Nuha : Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 6(1), 97–114. https://doi.org/10.36835/annuha.v6i1.296. DOI: https://doi.org/10.36835/annuha.v6i1.296

Adnyani, K. A. D., & Wibawa, I. M. C. (2021). Alternative Energy Sources on Digital Comic Media. International Journal of Elementary Education, 5(1), 60. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34333. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34333

Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education Series Journal, 01(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view /32685/pdf.

Aryani, D., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2019). Identifikasi Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 168–175. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1065. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1065

Astiningtyas, A. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 60. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5340

Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894.

Ayu, S., Pinatih, C., Kt, D. B., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46. https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804.

Hisbullah, & Firman. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Juornal of PrimaryEducation, 2(1), 100–113. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231

Ilmiyah, L., Khotimah, H., Aryani, N. R., & Kurnia, B. (2021). Problematika Pembelajaran PAI Di Daerah Terpencil: Studi Atas Keterbatasan Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 11(1). https://doi.org/10.18592/jtipai.v11i1.4386.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642

Kuncahyono, K., & Sudarmiatin, S. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 156–163. https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p156. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p156

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Lestari, E. A., & Nuryanti, N. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7204. DOI: https://doi.org/10.24127/att.v5i01.1503

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Megantari, K., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251

Meidawati, S., & Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd /article/view/214.

Ngazizah, N., Rahmawati, R., & Oktaviani, D. L. (2022). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 8(2), 147–154. https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187. DOI: https://doi.org/10.30738/st.vol8.no2.a13187

Ningsih, A., Endang, N. P. S. U., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Discovery Learning Berbantuan Media Kreatif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27277. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27277

Prananda, G., & Hadiyanto. (2019). Korelasi Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i3.181.

Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik Ipa Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa Mi/Sd. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 75. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-07. DOI: https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-07

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187. DOI: https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187

Sa’diyah, H. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(2), 101. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329. DOI: https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i2.329

Salahuddin, Erifa Syahnaz, Vanie Wijaya, & Sri Wahyuni. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Siswa SDN 02 KELAS III KAB. Sambas. Journal of Scientech Research and Development, 2(2), 061–070. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15. DOI: https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286

Siddiq, Y. I., Sudarma, I. K., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928

Subiyakto, B., & Mutiani, M. (2019). Internalisasi Nilai Pendidikan Melalui Aktivitas Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 17(1), 137. https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885. DOI: https://doi.org/10.18592/khazanah.v17i1.2885

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JIPD: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 160–171. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/266.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Wahyudin, A. Y., Jepri, D., Simamora, M. W., Pratiwi, I. W., & Rina, A. (2020). Penggunaan Komik Digital Toondoo Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Menengah. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(1), 1. https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673. DOI: https://doi.org/10.33365/jta.v1i1.673

Wati, E., Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5994–6004. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2953

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376

Wijaya, N., Sonya, Johari, A., & Wicaksana, E. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Karakter Hero Indonesia Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i2.2582.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yama, W. N. P. A., Kuswandi, D., & Dun, A. (2018). Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1423–1427. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i11.11751.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Ranting, N. W., & Citra Wibawa, I. M. (2022). Media Komik Digital pada Topik Sumber Energi. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47743

Issue

Section

Articles