Konten Digital Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV

Authors

  • Iztiqa Mud'haz Pratiwi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48173

Keywords:

Konten digital, pendekatan saintifik, IPA

Abstract

Kegiatan pembelajaran di kelas hanya mengandalkan media konvensional yaitu papan tulis dan buku pelajaran. Selain itu metode yang digunakan guru sebatas ceramah dan tanya jawab sehingga siswa cenderung merasa bosan dan kurang tertarik mengikuti pelajaran. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga perlu adanya pembelajaran inovatif, fleksibel, dan efektif yang dapat merangsang siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan konten digital berbasis pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian  terdiri dari 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain, dan 1 ahli media serta 9 siswa untuk uji coba produk. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner, dengan instrument penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan lembar kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten digital yang dikembangkan dinyatakan valid dengan masing-masing penilaian: (a) Hasil review ahli isi (96,00%), (b) Hasil review ahli desain (94,54%), (c) Hasil review ahli media (93,84%), (d) Hasil uji coba perorangan (87,03%), dan hasil uji coba kelompok kecil (90,55%). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan konten digital berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV.

References

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Anggraeni, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI. Jurnal Pendidikan Anak Cerdas Dan Pintar, 5(2). https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2.123.

Anike, A., & Ardi. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33931

Astra, I. M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Module Using Creative Problem-Solving Model Equipped with Hots Problems on The Kinetic Theory of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.21009/1.06205. DOI: https://doi.org/10.21009/1.06205

Ayu, S., Pinatih, C., & Semara, N. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 115–121. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32279.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Campen, C. A. N. K., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199

Coles, A. (2019). Facilitating the use of video with teachers of mathematics: learning from staying with the detail. International Journal of STEM Education, 6(5). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y. DOI: https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y

Darmaji, Kurniawan, D. A., & Astalini. (2019). Mobile Learning in Higher Education for The Industrial Revolution 4.0: Perception and Response of Physics Practicum. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(9), 4–20. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.10948. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.10948

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. Journal of Science Education, 2(2), 142–146. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.142-146. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.142-146

Fatmala, N. E., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/ article/view/ 13141.

Febriani. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.15294/IJCET.V9I1.35592.

Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), 786. https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2018.E00786. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786

Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320

Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a

Hapsari, A. S., & Hanif, M. (2019). Motion graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245

Ichsan, I. Z., Iriani, E., & Hermawati, F. M. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3(2). https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.175. DOI: https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.175

Kirkorian, H. L. (2018). When and How Do Interactive Digital Media Help Children Connect What They See On and Off the Screen? Child Development Perspectives, 12(3), 210–214. https://doi.org/10.1111/CDEP.12290. DOI: https://doi.org/10.1111/cdep.12290

Lawrence, J. E., & Tar, U. A. (2018). Factors that Influence Teachers’ adoption and Integration of ICT in Teaching/Learning Process. Educational Media International, 55(1), 79–105. https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712. DOI: https://doi.org/10.1080/09523987.2018.1439712

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. https://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/ article/view/2383.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning in Faculty of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Munirah, M., Rosdiana, & Hadmawati, N. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Poster Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 114–120. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a10.2022. DOI: https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a10.2022

Musthofa, U., & Murdani. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2). https://doi.org/10.15294/jptm.v18i2.18662.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221. DOI: https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Pamungkas, H., & Hapsari, S. A. (2019). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924. DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/JKF.1.1.48-55. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.48-55

Panjaitan, D. J., & Hasanah, D. N. (2019). Musik Mozart Sebagai Pengiring Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Belajar Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.32696/JMN.V3I1.109.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5002. DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5002

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Anisa, R. (2019). Pengembangan konten positif sebagai bagian dari gerakan literasi digital. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 31. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575. DOI: https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.20575

Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112. DOI: https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112

Rosnihayati, R. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Ii Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4110. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4110

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Ula, I. R., & Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 201. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63. DOI: https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Yip, J., Wong, S. H., Yick, K. L., Chan, K., & Wong, K. H. (2019). Improving quality of teaching and learning in classes by using augmented reality video. Computers & Education, 128, 88–101. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2018.09.014. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Iztiqa Mud’haz Pratiwi, & I Nyoman Jampel. (2022). Konten Digital Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 385–394. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.48173

Issue

Section

Articles